Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Feb 2020 23:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

11 Tempat Wisata di Magelang Kekinian yang Wajib Didatangi

Niken Widya Yunita
detikTravel
MAGELANG, CENTRAL JAVA, INDONESIA - MAY 10: Tourists at Borobudur temple during celebrations for Vesak Day on May 10, 2017 in Magelang, Central Java, Indonesia. Buddhists in Indonesia celebrate Vesak at the Borobudur temple annually, which makes it the most visited tourist attraction in Indonesia. It is observed during the full moon in May or June, with the ceremony centered at three Buddhist temples by walking from Mendut to Pawon and ending at Borobudur. The stages of life of Buddhisms founder, Gautama Buddha, which are celebrated at Vesak are his birth, enlightenment to Nirvana, and his passing (Parinirvana). (Photo by Ulet Ifansasti/Getty Images)
Candi Borobudur, tempat wisata di Magelang/Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Magelang berlokasi dekat dengan Yogyakarta. Tempat wisata di Magelang juga tidak kalah menawan dengan Yogyakarta. Di sana ada bangunan bersejarah, gunung, dan telaga yang memesona. Jadi jangan melewatkan tempat-tempat cantik di Magelang.

Berikut tempat wisata di Magelang yang kekinian:

1. Candi Borobudur

Candi BorobudurCandi Borobudur Foto: (Getty Images)

Candi Borobudur merupakan tempat wisata di Magelang, Jawa Tengah yang pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia. Kalau berkunjung ke candi yang sudah tersohor di dunia ini, jangan lupa datang saat fajar menjelang. Karena pemandangannya sangat indah dan merupakan spot terbaik untuk mengambil foto.


2. Taman Bunga Garengpon

Taman Bunga Garengpon merupakan tempat wisata Magelang Muntilan. Lokasinya di Bringin Kulon, Bringin, Srumbung, Kabupaten Magelang. Di taman bunga ini kamu bisa berfoto dengan latar belakang bunga-bunga. Gunung ini berlokasi di Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

3. Gunung Andong

Gunung AndongGunung Andong Foto: (Ria Rahmawati/d'traveler)

Gunung Andong berada di ketinggian 1.726 meter di atas permukaan laut. Di sini kamu bisa melihat ladang bambu, hutan pinus yang hijau, merasakan semilir angin gunung yang sejuk, dan mendengar kicauan burung. Gunung ini berlokasi di Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.


4. Wanaprastha

Apa rasanya berteduh di kaki gunung sambil menyeruput kopi? Suasana itu bisa kamu rasakan di Wanaprastha. Lokasi tempat wisata kekinian di Magelang ini tidak jauh dari base camp pendakian Gunung Andong, yang dikelilingi persawahan. Jangan lupa foto di pelataran atas dan puncak menaranya ya.


5. Taman Wisata Kopeng (TWK)


Tempat wisata ini berada di antara Magelang dan Salatiga. Posisinya berada di kaki Gunung Merbabu dengan ketinggian mencapai 1.500 meter di atas permukaan laut. Karena itu tempat wisata ini cocok jadi destinasi berlibur untuk dikunjungi bersama rekan atau keluarga. Fasilitas yang tersedia antara lain fun billiard, taman bermain, serta wahana permainan outdoor seperti ATV dan paint ball.


6. Sendang Mundal


Sendal Mundal merupakan tempat wisata di Magelang yang kekinian berupa kolam dengan air jernih dan disebut sebening kristal. Hal ini karena kamu dapat melihat dasar kolam berpasir secara langsung dari luar. Kebersihkan air di kolam ini selalu terjaga lho.


7. Punthuk Setumbu


Punthuk Setumbu menjadi viral karena merupakan tempat shooting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC). Tempat wisata di Magelang yang berupa bukit ini berlokasi di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur.

Di sini kamu bisa menikmati sunrise Borobudur dan lautan kabut putih serta kerlap-kerlip lampu dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.


8. Bukit Rhema

Bukit Rhema juga menjadi viral karena film AADC. Di sini merupakan momen Nicholas Saputra alias Rangga yang membawa Dian Sastro alias Cinta ke sana. Di sini kamu bisa menyaksikan keajaiban alam di sekitar Candi Borobudur pada pagi hari.


9. Bukit Grenden

Di Bukit Grenden, kamu akan disuguhi rimbunnya hutan pinus yang berselimut kabut serta pemandangan puncak Merbabu yang memukau. Tempat wisata di Magelang yang kekinian ini juga dilengkapi banyak spot foto yang instagramable.


10. Ketep Pass

Ketep PassKetep Pass Foto: (Elvina Hardiani/d'Traveler)


Wisata ketep Pass terdapat di Puncak bukit Sawangan di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Ketep Pass berada di puncak sebuah bukit berdekatan dengan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Selain pemandangannya yang indah di tempat wisata ini kamu dapat menikmati berbagai kuliner seperti kupat tahu dan wedang kacang. Di tempat wisata Ketep Pass ini juga terdapat wisata petik stroberi.

11. Bukit Dagi Magelang

11 Tempat Wisata di Magelang Kekinian yang Wajib DidatangiFoto: Panorama Borobudur dari Bukit Dagi (Randy/detikTravel)

Bukit Dagi Magelang terdapat di daerah kompleks Candi Borobudur. Keindahan bukit di tempat wisata di Magelang (https://www.detik.com/tag/tempat-wisata-di-magelang) yang kekinian ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Pagi hari kamu dapat menikmati sunrise di ujung Candi Borobudur ini. Bukit Dagi juga dikelilingi pohon pinus yang membuah kamu betah di sini.

(nwy/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA