Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Feb 2020 15:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jangan Kuper, Lembah Panyaweuyan Lagi Ngehit, Ini Penampakannya

Wisata Terasering Panyaweuyan, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Lembah Panyaweuyan difoto dari puncak Foto: Dadan Kuswaraharja

Lembah Panyaweuyan sebenarnya sudah 'ditemukan' sejak 1980-an, namun kembali ngehit setelah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memposting video Lembah Panyaweuyan di akun Instagram-nya. Video itu meraih jutaan viewer.

Penasaran dengan kondisi Lembah Panyaweuyan sekarang, detikTravel pun langsung menyalakan mesin mobil MPV Toyota Venturer dan bergegas menuju Panyaweuyan. Jalanan di Kota Majalengka sih sudah lumayan bagus, namun begitu belok di daerah Sukasari menuju Lembah Panyaweuyan, keandalan pengemudi mulai diuji.

Jalanan di Sukasari ini tergolong sempit. Beberapa kali mobil yang kami gunakan harus menepi untuk memberi ruang pada kendaraan yang lewat, apalagi kiri-kanan jalan kadang ada tebing yang curam. "Kalau sudah lewat sini, sudah berhasil di Majalengka," ujar seorang warga. Beberapa kali mobil kami juga harus jalan pelan karena bertemu dengan rombongan pesepeda yang tengah menuju puncak.

Tapi segala kesulitan itu seakan terbayar lunas saat mobil berhenti di parkiran Lembah Panyaweuyan. Begitu keluar mobil, udara sejuk langsung terasa, mirip di Puncak, Bogor. Ya wajar saja, karena Lembah Panyaweuyan ini memang berada di kaki Gunung Ciremai. Ketinggian Lembah Panyaweuyan sekitar 900 meter di atas permukaan laut sedangkan Gunung Ciremai sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut.

Pemandangan Lembah PanyaweuyanPemandangan Lembah Panyaweuyan Foto: Dadan Kuswaraharja

Lembah Panyaweuyan merupakan kawasan wisata terasering yang mayoritas adalah tanaman bawang putih dan bawang merah. Terasering di Panyaweuyan berbeda dengan terasering di daerah lain di Indonesia yang biasanya sebuah sawah. Di Lembah Panyaweuyan tidak ada sawah padi. Untuk menaiki sampai puncak Lembah Panyaweuyan, Pemkab Majalengka sudah membangun tangga dan bangunan permanen.

Tangga menuju puncak, pakai sepatu yang nyaman yaTangga menuju puncak, pakai sepatu yang nyaman ya Foto: Dadan Kuswaraharja

Lembah Panyaweuyan Foto: Dadan Kuswaraharja

Di bagian puncak Lembah Panyaweuyan, Traveler bisa menikmati pemandangan terasering lebih asyik. Beberapa anak muda terlihat sibuk mengabadikan momen di puncak.

Traveler bisa berfoto asyik di puncak Lembah PanyaweuyanTraveler bisa berfoto asyik di puncak Lembah Panyaweuyan Foto: Dadan Kuswaraharja

Sementara itu di puncak lainnya, ada bangunan kayu yang bisa menguji adrenaline pengunjung, karena kita langsung menghadap ke lembah. Wah, bikin keringat dingin.

Lembah Panyaweuyan Foto: Dadan Kuswaraharja

Ada lagi spot foto menarik di Lawang Saketeng, mirip sebuah panggung raksasa di atas yang sangat Instagramable.

Lembah Panyaweuyan Foto: Dadan Kuswaraharja

Karena tempat wisata ini tengah ngehit, siap-siap kalau ada kemacetan di jalan menuju puncak terasering, terutama saat di akhir pekan atau hari libur. "Dulu pas Lebaran, kendaraan di bawah hampir tidak bergerak," ujar pengunjung lainnya.

Simak video penjelajahan Terasering Lembah Panyaweuyan di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Genjrang-genjreng Bermain Gitar, Serunya Bernyanyi di Tengah Sungai, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA