Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Feb 2020 19:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Perpustakaan Anak, Alternatif Liburan yang Bukan ke Mal Terus

Niken Widya Yunita
detikTravel
Perpustakaan DKI di Cikini
Foto: beritajakarta/Perpustakaan Anak, Alternatif Liburan yang Bukan ke Mal Terus
Jakarta -

Saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua untuk mengenalkan minat baca pada anak akibat adanya ponsel. Namun salah satu caranya bisa dengan mengajak ke perpustakan anak weekend nanti.


Ya wisata ke perpustakaan anak bisa jadi ide baru. Anak-anak bisa mengenal buku dan membaca di perpustakaan. Di perpustakaan, anak-anak bisa membaca koleksi buku yang bervariasi.


Berikut daftar perpustakaan anak:


1. Perpustakaan DKI Jakarta di TIM


Perpustakaan anak ini berada di lantai 2. Perpustakaan ini milik pemerintah, bangunannya berlantai tiga, dan terletak di sebelah Planetarium, satu kompleks dengan Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.


Masuk ke perpustakaan ini gratis dan tidak hanya menampilkan koleksi buku. Area membaca dan bermain luas. Kaca jendela besar-besar dan terang. Namun, untuk menghindari ruangan terasa panas saat matahari bersinar terik, ajak anak datang pagi atau sore hari.


Selain membaca, anak-anak dapat menemukan permainan edukatif hingga permainan indoor seperti perosotan hingga mobil-mobilan listrik. Perpustakaan anak ini beroperasi Senin sampai Minggu, pukul 09.00-20.00 dan akan tutup pada hari libur nasional.


2. Rimba Baca


Rimba Baca terletak di Jl RSPP No 21B, Cilandak, Jakarta Selatan. Tempat ini bersuasana rumahan dan beroperasi Senin-Jumat pukul 10.00-17.00 dan Sabtu-Minggu pukul 10.00-19.00.


Buku-buku terkumpul di rak yang dikelompokkan sesuai umur yakni 0-3 tahun, 4-8 tahun, 9-12 tahun. Karena berkonsep rumahan, di sini tersedia sofa-sofa kecil dan bantal. Ada juga fasilitas pendukung seperti komputer, wi-fi, dan sudut snack.


Untuk ke perpustakaan anak ini, kamu harus membayar biaya keanggotaan per tahun untuk 1 anak dan ayah serta ibu. Namun jika belum mendaftar menjadi anggota, kamu tetap bisa masuk dengan membayar sekitar Rp 30.000. Dengan biaya itu, kamu hanya boleh membaca di tempat dan tidak boleh meminjam buku.


3. The Open Book


The Open Book berlokasi di Dharmawangsa Square, The City Walk lantai 2 unit 36-37, Jl. Darmawangsa VI & IX, Jakarta Selatan. Jam operasionalnya yakni Selasa-Jumat pukul 10.00-18.00, Sabtu pukul 10.00-20.00, Minggu pukul 11.00-18.00, dan Senin tutup.


Perpustakaan anak ini menyediakan sekitar 1.000 lebih koleksi buku dalam dan luar negeri. Rak bukunya ada yang berbentuk lingkaran dengan kamar tersembunyi di bagian tengahnya untuk membaca.


Di sini, anak-anak didorong untuk mandiri selama menikmati buku-buku di sini. Orangtua tidak disarankan nungguin anak yang lagi asyik membaca.


4. Rumah Kerinci


Perpustakaan anak Rumah Kerinci berada di Jalan Kerinci III, No.9 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di perpustakaan ini, memiliki cara yang unik untuk membuat anak suka membaca yakni keselarasan fungsi pendengaran, penglihatan, dan kemampuan bicara. Karena itu di deretan buku bacaan diletakkan berdampingan dengan properti khas dongeng, seperti kostum-kostum.


5. Rabbit Hole


Perpustakaan ini terletak di Jl. Bangka Raya No. 53B, Kemang dengan jam operasional 10.00-18.00. Koleksi buku di Rabbit Hole menampilkan buku terbitan mereka sendiri. Namun buku tersebut dirancang sesuai dengan kebutuhan anak yang berkaitan dengan aspek emosi dan sosial.


Perpustakaan anak Rabbit Hole juga menyediakan sebidang tembok bercat hitam yang bisa digunakan anak-anak untuk mencorat-coret dengan kapur. Seru bukan?



Simak Video "dYouthizen: A New Basecamp for YOU!"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA