Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Feb 2020 14:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kemolekan Pantai Pasir Putih Bintan yang Menggoda

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pantai beralas pasir di Tanjungpinang
White Sands Island yang menggoda (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)
Tanjungpinang -

Terletak di Pulau Bintan, Tanjungpinang dianugerahi pantai-pantai cantik yang bisa dikunjungi traveler. Salah satunya, White Sands Island yang menggoda.

Tak lengkap rasanya liburan ke Pulau Bintan tanpa berkunjung ke pantai-pantainya yang cantik. Salah satunya yang wajib traveler kunjungi adalah White Sands Island yang tak jauh dari lepas Pantai Trikora.

Sesuai dengan namanya, White Sands Island punya pantai dengan pasir putih yang sangat menggoda. Pasirnya sangat halus dan bersih. Asyik banget untuk sekadar jalan-jalan dan bermain air di tepiannya. Berjemur terik sinar mentari beralaskan pasir pantai ini rasanya asyik juga.



Untuk menuju ke White Sands Island, disediakan dermaga kapal khusus. Lokasinya berada di sekitar Pantai Trikora 2. Pulau ini bisa dikunjungi naik kapal penyeberangan dengan waktu tempuh hanya 15 menit saja.

Kemolekan Pantai Pasir Putih Bintan yang MenggodaSelamat datang di White Sands Island (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)


Bersama dengan rombongan Hotel Aston Tanjungpinang, kami tiba di pulau ini sekitar pukul 13.45 WIB. Matahari sedang bersinar terik-teriknya. Kedatangan kami disambut oleh Amrizal, pengelola pantai ini.

"Selamat datang di White Sands Island, atau orang sini menyebutnya Pantai Beralas Pasir," sambut Amrizal.

White Sands Island ini sudah mulai terbuka untuk publik 2015 silam. Kemudian baru 1 tahun belakangan ini, mulai ditambah beberapa fasilitas penginapan dan spot-spot foto Instagramable buat wisatawan.

Kemolekan Pantai Pasir Putih Bintan yang MenggodaBersantai di pantai (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)


Yang unik dari pantai ini adalah, bentuknya bisa berubah-ubah. Setiap tahun, bentuknya bisa tidak sama dengan bentuk tahun sebelumnya. Semua tergantung angin dan cuaca yang membentuk pulau tersebut.

"Bentuk pulaunya bisa berubah, tergantung cuaca dan angin. Tahun ini bisa bagian utaranya yang memanjang. Tahun depan bisa beda lagi, berubah-ubah setiap tahunnya. Garis pasirnya bisa memanjang sampai 500 meter ke depan. Ini kita sampai pindahkan ayunan, tadinya ada di sebelah sana," kisah Amrizal.

Kemolekan Pantai Pasir Putih Bintan yang MenggodaFoto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom


Wisatawan yang paling banyak datang ke White Sands Island berasal dari Singapura. Banyak juga turis bule yang bertandang ke sini. Biasanya mereka one day trip, lalu balik lagi ke Singapura. Ada juga yang menginap karena di pulau ini memang tersedia penginapan.

Ada 2 tipe penginapan yang tersedia, yaitu villa dan glamping. Total ada 10 villa dan 10 glamping. Buat yang mau mendirikan tenda, juga tersedia camping ground yang bisa disewa.

Jangan takut kelaparan selama di pulau, karena tersedia restoran dan bar yang asyik buat nongkrong. Di sepanjang pantai tersedia gazebo, kursi pantai hingga hammock yang bisa buat bersantai traveler.

Kemolekan Pantai Pasir Putih Bintan yang MenggodaTuris bebas berbikini di pantai ini (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)


Saat detikTravel datang ke White Sands Island, kebetulan sedang ada rombongan turis dari Prancis yang berwisata ke pulau cantik ini. Anak-anak kuliahan ini asyik berbikini sambil sunbathing.

"Di sini memang bebas pakai bikini. Turis bule biasa pakai bikini. Karena mereka biasa, kita juga biasa melihatnya. Mungkin kalau turis lokal yang pakai bikini kita yang agak gimana gitu," kata Amrizal.

Banyak juga turis lokal dari Tanjungpinang hingga Batam yang datang ke White Sands Island untuk liburan. Jumlahnya berimbang antara anak-anak muda dan juga yang sudah berkeluarga.

Kemolekan Pantai Pasir Putih Bintan yang MenggodaBanyak spot foto Instagramable (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)


Beragam aktivitas water sports juga bisa dilakukan di White Sands Island. Contohnya seperti snorkeling, diving, hingga main kayak pun bisa di sini.

Untuk bisa berwisata selama satu hari (one day trip) traveler cukup membayar Rp 150.000++. Paket ini sudah termasuk penjemputan dan pengantaran dengan speed-boat. Selain itu, traveler boleh menggunakan seluruh fasilitas yang ada di pulau tersebut.



Simak Video "White Sand Island, Pesona Pasir Putih yang Memukau"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA