Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Feb 2020 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi ala Bintan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pantai Trikora Bintan
Foto: Pantai Trikora di Bintan (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)
Tanjungpinang -

Negeri Laskar Pelangi memang ada di Belitung. Tapi di Pulau Bintan, ada pantai yang cantiknya serupa, plus dihiasi batu-batuan raksasa. Inilah Pantai Trikora!

Belitung selama ini dikenal dengan pantai-pantai berpasir putih dengan hiasan batu-batu granit raksasa. Jangan salah, tak cuma di Belitung saja, pantai dengan pemandangan serupa juga ada lho di Pulau Bintan, tepatnya di Kota Tanjungpinang.

Pantai yang dimaksud adalah Pantai Trikora. Pantai ini membentang hampir sepanjang 25 kilometer dari ujung ke ujung, menjadikan pantai ini sebagai pantai terpanjang di Pulau Bintan.



Jaraknya dari pusat Kota Tanjungpinang hanya sekitar 45 kilometer saja, bisa ditempuh selama 30 menit saja naik mobil. detikTravel berkunjung ke sini bersama dengan rombongan Hotel Aston Tanjungpinang.

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi Ala BintanPenampakan Pantai Trikora (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)


Dari Hotel Aston Tanjungpinang, perjalanan menuju ke Pantai Trikora sangat lancar. Nyaris tidak ada kemacetan sepanjang perjalanan menuju ke pantai ini. Sebuah nilai tambah untuk traveler yang ingin menyepi dari padatnya kehidupan kota besar.

Saking panjangnya, Pantai Trikora sendiri terbagi menjadi 4 bagian. Masing-masing dinamai dengan Pantai Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, hingga Trikora 4.


Entah kenapa dinamakan seperti itu, mungkin untuk memudahkan traveler untuk membedakan pantai-pantai tersebut. Tapi yang jelas, penampakan pantai-pantai ini sungguh cantik jelita.

Sore itu, kami menyambangi Pantai Tergok Indah, tepatnya di kawasan Pantai Trikora 3. Begitu sampai di tepi pantai, hembusan angin sepoi-sepoi langsung membelai kami. Sejuk dan bikin ngantuk, sangat cocok untuk tempat bersantai dan melepas lelah.

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi Ala BintanGazebo di tepi pantai (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)



Di pinggir pantai, sudah disediakan gazebo-gazebo dimana traveler bisa duduk sambil menikmati keindahan Pantai Trikora. Di sekitarnya, ada warung-warung makan dimana traveler bisa memesan semangkuk Indomie sambil bersantai sore di pantai.

Pantai Trikora sendiri memiliki penampakan yang mirip dengan pantai-pantai di Negeri Laskar Pelangi Belitung. Pantainya berpasir putih, dengan batu-batu raksasa saling bertumpukan terserak begitu saja di pinggir pantai.


Kontur pantainya landai dan tenang. Air lautnya sendiri berwarna biru jernih. Warnanya yang sangat cerah seakan menggoda traveler untuk terjun dan berenang ke dalamnya.

Sayang saat itu, saya sedang tidak membawa baju ganti. Kalau saja bawa, saya pasti sudah berbasah-basah ria di pantai cantik ini. Sayang kalau sudah jauh-jauh ke sini, tapi tidak berenang di dalam birunya air Pantai Trikora.

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi Ala BintanAsyik selfie di Pantai Trikora (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)



Sore itu, selain saya dan rombongan dari Hotel Aston Tanjungpinang, ada juga beberapa warga lokal yang sedang liburan di Pantai Trikora. Dari umurnya sih, terlihat masih muda-muda. Mereka asyik selfie dengan latar belakang Pantai Trikora yang cantik.

Akhirnya, pesanan Indomie saya datang. Ah, sungguh nikmat memang bersantai sore di pantai sambil menyeruput kuah hangat mie instan. Kenikmatan ini jadi makin mahal karena di depan mata, terpampang keindahan Pantai Trikora.

Traveler rasanya wajib coba liburan ke sini! Rasanya keindahan Pantai Trikora tidak kalah dengan keindahan Negeri Laskar Pelangi di Belitung.

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi Ala BintanPantai Trikora, seperti di Negeri Laskar Pelangi (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)


Simak Video "Acara Meriah untuk Melestarikan Budaya Tionghoa, Tanjungpinang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA