Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Feb 2020 07:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Bahasa Bali Sehari-hari yang Perlu Kamu Tahu

Puti Yasmin
detikTravel
Upacara Melaspas Patung GWK
Bahasa Bali yang Bisa Dicoba/Foto: (Nandhang Astika/detikTravel)
Jakarta -

Ada berbagai bahasa daerah di Indonesia yang bisa dipelajari, misalnya bahasa Bali. Apalagi jika kamu sedang berwisata, bahasa Bali bisa memudahkan komunikasi.

Mempelajari bahasa sehari-hari bisa menjadi cara cepat belajar bahasa Bali. Dengan begitu, kamu bisa semakin mencintai berbagai budaya di Indonesia kan?

Bahasa Bali yang Bisa DicobaBahasa Bali yang Bisa Dicoba Foto: (Muhammad Zaky Fauzi Azhar/detikTravel)

Berikut contoh percakapan bahasa Bali:

1. Rahajeng Semeng

Rahajeng Semeng merupakan sapaan dalam bahasa Bali. Artinya 'Selamat Pagi'. Untuk siang hari tinggal diganti menjadi 'Rahajeng Siang' atau malam dan sore, 'Rahajeng Malam' dan 'Rahajeng Sore'.

2. Kenken Kabare

Kalimat ini memiliki arti 'Apa Kabarnya?". Ketika mendapatkan pertanyaan seperti ini, kamu bisa jawab 'becik-becik' yang dalam bahasa Indonesia "baik-baik".

3. Matur Suksma

Dalam bahasa Bali 'Matur Suksma' artinya 'Terima Kasih'. Kamu juga bisa menyingkat jadi 'Suksma'. Jangan lupa bilang ini ya setelah mendapat bantuan di Bali!

4. Tiang Tresna Ajak Adi

Nah, kalau kamu jatuh cinta sama perempuan di Bali bisa coba kalimat ini. Ini merupakan kata-kata bahasa bali buat pacar, artinya "Aku cinta sama kamu (adik)".

5. Aji Kuda Niki

Bahasa Bali ini sangat berguna saat tengah berbelanja. 'Aji Kuda Niki' artinya 'Berapa harganya ini' atau kamu bisa menyingkat menjadi 'Kuda niki?'

Bahasa Bali yang Bisa DicobaBahasa Bali yang Bisa Dicoba Foto: Dikhy Sasra

6. Ngudiang

Jika ingin sedikit basa-basi dengan teman, kamu bisa menanyakan 'Lagi ngapain?' atau dalam bahasa Bali 'Ngudiang'. Bila teman sedang jalan-jalan pasti ia akan menjawab 'melali' yang artinya 'jalan-jalan'.

7. Dija

Ingin menanyakan lokasi teman kamu dalam bahasa Bali? Coba tanya dengan kata 'Dija?' yang artinya 'Di mana'. Dijamin ia akan menjawab lokasinya saat itu juga.

Selamat mencoba!



Simak Video "dYouthizen: A New Basecamp for YOU!"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA