Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Mar 2020 08:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berfoto dengan Ikon Tanjungpinang yang Sayang Dilewatkan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Gedung Gonggong dan Taman Laman Boenda
Ikonnya Kota Tanjungpinang (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)
Tanjungpinang -

Tanjungpinang punya ikon yang bisa buat foto-foto traveler. Bentuknya berupa gedung yang mirip Gonggong, sejenis keong laut khas Kepulauan Riau. Keren!

Sekilas melihat, gedung ikonik Kota Tanjungpinang ini mirip seperti Gedung Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah. Tapi sebenarnya bukan, gedung ini berbentuk seperti hewan Gonggong, sejenis keong laut yang banyak dikunsumsi warga Riau.

Gedung Gonggong ini pun jadi gedung paling ikonik di Kota Tanjungpinang. Banyak wisatawan yang datang ke sini buat foto-foto dengan latar belakang Gedung Gonggong yang unik.



detikTravel bersama rombongan Hotel Aston Tanjungpinang berkunjung ke Gedung Gonggong pekan lalu. Di pagi hari, suasana di sekitar gedung ini asyik sekali. Tenang dan cocok buat jogging pagi.

Berfoto dengan Ikon Tanjungpinang yang Sayang DilewatkanFoto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom



Gedung Gonggong ini diresmikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Oktober 2016 silam. Di dalamnya terdapat seperti Information Centre buat para turis.

Bentuk gedung ini memang cukup unik dan menarik. Gedungnya berbentuk lingkaran, menyerupai bentuk gonggong yang berwarna emas. Rencananya gedung tersebut akan jadi tempat untuk memamerkan kebudayaan asli Tanjungpinang.

Bahkan sempat ada rencana ambisius untuk menjadikan Gedung Gonggong sebagai Gedung Sydney Opera House di Australia. Tapi saat detikTravel berkunjung ke sini, belum ada tanda-tanda rencana tersebut akan terlaksana.

Berfoto dengan Ikon Tanjungpinang yang Sayang DilewatkanFoto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom



Tak jauh dari Gedung Gonggong, ada Taman Laman Boenda yang asyik buat nongkrong-nongkrong. Di taman ini, traveler bisa menikmati hembusan angin laut sambil menikmati pemandangan Pulau Penyengat yang berada di depannya.



Banyak warga Tanjungpinang yang ke sini buat menghabiskan waktu sore. Mereka suka duduk-duduk sambil melihat lalu lintas kapal yang lalu lalang. Melihat matahari terbenam di taman ini juga asyik untuk dilakukan.

Banyak juga wisatawan yang asyik foto-foto dengan latar belakang tulisan I Love Tanjungpinang di kawasan ini. Sayang untuk dilewatkan kalau berkunjung ke Tanjungpinang!



Simak Video "Acara Meriah untuk Melestarikan Budaya Tionghoa, Tanjungpinang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA