Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Mar 2020 14:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Wisata di Probolinggo yang Eksotis dan Bikin Penasaran

Lusiana Mustinda
detikTravel
Air Terjun Madakaripura Probolinggo
Wisata di Probolinggo. Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Probolinggo, Jawa Timur ternyata memiliki beberapa destinasi wisata yang keren. Kolaborasi antara keindahan alam dengan kuliner yang enak membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

Banyak tempat-tempat menarik yang harus masuk ke dalam itinerary kamu kala berkunjung ke Probolinggo. Hamparan hijau dengan suasana sejuk bisa kamu dapatkan di tempat wisata Gunung Bromo. Namun jika suka mendengar deburan ombak, kamu bisa melipir ke pantai.

Lalu wisata di Probolinggo mana yang paling kamu suka?

1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Wisata di Probolinggo.Wisata di Probolinggo. Foto: Ari Saputra

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di Gunung Bromo jadi salah satu destinasi kebanggaan warga Jawa Timur. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur yang berlokasi di empat wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang.

Dengan ketinggian yang mencapai 2.392 Mdpl, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini terdapat hamparan padang pasir seluas lebih 10 kilometer persegi. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki beberapa tanaman dan satwa langka. Sambil jalan-jalan, jangan lupa berfoto di beberapa spot menarik dan Instagramable.

2. Puncak Seruni Point

Wisata di Probolinggo.Wisata di Probolinggo. Foto: M Rofiq/detikTravel

Plaza Puncak Seruni Point atau The Great Wall Seruni terdapat di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Di sini kamu bisa menikmati panorama Bromo, lautan pasir, sunset serta sunrise yang indah di kawasan Gunung Bromo.

Seruni Point merupakan destinasi wisata yang terbilang baru di kawasan Bromo yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo. Diresmikan sejak akhir 2019, jumlah wisatawan yang mampir ke sini semakin bertambah.

Puncak Seruni Point ini dibangun melalui dana APBD melalui Direktorat Bina Penataan Bangunan dan Lingkungan Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR senilai Rp 5 miliar. Letaknya 2.400 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki hamparan pemandangan yang indah dan bisa jadi tujuan spot foto menarik.

3. Bukit Teletubbies Bromo

Wisata di Probolinggo.Wisata di Probolinggo. Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Masuk musim penghujan, hamparan Sabana Bromo kian menghijau. Dan areal Bukit Teletubbies di Gunung Bromo pun dipadati turis lokal hingga mancanegara. Bukit ini dinamakan dengan Bukit Teletubbies karena memang penampakannya mirip seperti bukit di film kartun Teletubbies bak permadani hijau.

Pemandangan hijau yang terlihat kontras dengan keadaan alam di sekelilingnya yang dominan abu-abu gelap. Selain memanjakan mata, Bukit Teletubbies juga jadi spot foto para wisatawan.

Di dekat Bukit Teletubbies juga terdapat pedagang yang menjajakan makanan dan minuman untuk kamu yang lapar setelah puas bermain.

4. Gunung Argopuro

Wisata di Probolinggo.Wisata di Probolinggo. Foto: (Akbar Priyono/d'Traveler)

Wisata Probolinggo terbagus lainnya ada di Gunung Argopuro di Probolinggo, Jawa Timur. Tak hanya pemandangan hijau serta padang savana indah yang jadi incaran para pendaki. Akan tetapi ternyata di dalam gunung ini terdapat Danau Taman Hidup yang keindahannya sangat memesona.

Danau Taman Hidup ini masuk di Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. Meski dikenal mistis, namun hutan lebatnya memiliki keindahan tersendiri. Memiliki jalur pendakian yang ekstrem, hanya beberapa pendaki profesional yang pernah menjajaki Gunung Argopuro.

5. Gili Ketapang

Wisata di Probolinggo.Wisata di Probolinggo. Foto: (Aulia Anugrah Intani/d'traveler)

Mencari spot snorkeling di Probolinggo? Mampir saja ke Gili Ketapang. Lokasinya berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Gili Ketapang memiliki luas kurang lebih 68 Ha. Area ini cukup luas untuk pulau yang memiliki penghuni karang bawah laut lebih dari 7.600.

Gili Ketapang juga bisa dicapai dari pelabuhan lama Probolinggo dengan menggunakan kapal tradisional nelayan setempat. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Sesampainya di Gili Ketapang, kamu akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih, bersantai, snorkeling hingga menikmati ikan bakar.

6. Pantai Bentar

Wisata di Probolinggo.Wisata di Probolinggo. Foto: M Rofiq

Wisata Probolinggo punya pantai indah. Namanya Pantai Bentar yang berlokasi di jalan Pantura, Mayangan, Karanganyar, Curahsawo, Gending, Probolinggo Jawa Timur. Pantai Bentar juga memiliki spot foto menarik yakni jembatan panjang yang terbentang di pinggir pantai sepanjang 50 meter.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset yang indah sambil berburu foto cantik.

7. BJBR

Wisata di Probolinggo.Wisata di Probolinggo. Foto: M Rofiq/detikTravel

Mengeksplor wisata Probolinggo dan sekitarnya, kamu bisa mampir ke Beejay Bakau Resort (BJBR). BJBR ada di atas lahan seluas lima hektar dan letaknya di Pelabuhan PPP Mayangan, Probolinggo, Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, BJBR ini dilengkapi dengan resort yang bisa disewa sembari kamu berkeliling melihat kawasan hutan mangrove dengan pemandangan hijau. Tiket masuk ke BJBR sekitar Rp 30.000 untuk hari biasa dan Rp 50.000 untuk hari libur.

8. Air Terjun Madakaripura

Wistaa di Probolinggo.Wisata di Probolinggo. Foto: iStock

Air Terjun Madakaripura berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini berada di Desa Sapih, Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Meskipun sudah banyak wisatawan yang tahu, namun kondisi air dan alam di sekitar air terjunnya masih sangat asri dan bersih.

9. Arung Jeram Sungai Pekalen

Wisata di Probolinggo.Wisata di Probolinggo. Foto: (Basri Bachtiar/d'Traveler)

Rafting di Sungai Pekalen jadi salah satu tujuan wisata banyak orang. Berpetualang mengarungi jeram-jeram Sungai Pekalen di Desa Rabu Gedang, Probolinggo, Jawa Timur. Tak hanya bisa melihat air terjun, saat berarung jeram kamu juga melihat gua yang cantik. Setelah puas bermain arung jeram, pastikan isi perut dengan aneka camilan dan nikmati susu telur madu jahe (STMJ) yang disediakan operator di tempat peristirahatan.

10. Air Terjun Guyangan

Wisata di Probolinggo.Wisata di Probolinggo. Foto: (M Rofiq/detikcom)

Air Terjun Guyangan yang berada di Lereng Pegunungan Hyang atau Argopuro di Kabupaten Probolinggo bisa kamu singgahi. Lokasinya ada di Desa Guyangan, Kecamatan Krucil.

Perjalanan menuju lokasi Air Terjun Guyangan cukup mudah. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat dan berjarak 35 KM dari pusat Kota Kraksaan. Eksotika Air Terjun Guyangan ini membuat pengunjung sangat menikmati keindahan alam dan suara air yang khas.

Selain berfoto, kamu juga bisa mandi di 2 kolam yang sudah disediakan pengelola. Kolam ini berada di bawah aliran air terjun. Pengelola melarang pengunjung mandi langsung di bawah air terjun karena arusnya deras.

Yuk, mencoba keseruan berwisata di Probolinggo, Jawa Timur!



Simak Video "Perampok di Probolinggo Tewas Ditabrak Mobil Korbannya"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA