Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Mar 2020 06:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Masjid di Indonesia yang Indah dan Penuh Sejarah

Puti Yasmin
detikTravel
Istiqlal
10 Masjid di Indonesia yang Indah dan Penuh Sejarah/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ada banyak masjid di Indonesia yang memiliki arsitektur indah. Walaupun berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid-masjid itu juga memiliki nilai sejarah yang penting.

Ada banyak ibadah yang bisa dilakukan di masjid, misalnya salat wajib, sunnah, hingga membaca Al-Quran. Terlebih, ketika nyaman dan indah rasanya tentu ingin berlama-lama di dalam masjid.

10 Masjid di Indonesia:

1. Masjid Istiqlal - Jakarta

Masjid IstiqlalMasjid Istiqlal Foto: Darren Whiteside/Reuters

Masjid Istiqlal merupakan masjid nasional di Indonesia. Masjid ini memiliki sejarah yang penting karena dibangun oleh Presiden Sukarno pasca kemerdekaan Indonesia.

Walaupun masjid merupakan tempat ibadah umat Islam, arsitektur masjid Istiqlal dirancang oleh Frederich, seorang penganut Kristen Protestan.

2. Masjid Agung Semarang - Semarang

Masjid Agung SemarangMasjid Agung Semarang Foto: (Nfadils/d'Traveler)

Masjid ini memiliki arsitektur yang hampir mirip dengan Masjid Nabawi, khususnya payung yang terdapat di beranda Masjid. Masjid ini diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dibangun di lahan seluas 10 hektar, pembangunan Masjid Agung Semarang memakan waktu selama lima tahun dan menjadi masjid Provinsi untuk Jawa Tengah.

3. Masjid Sunda Kelapa - Jakarta

Masjid Sunda KelapaMasjid Sunda Kelapa Foto: Fathurahman/detikcom

Masjid Sunda Kelapa memiliki arsitektur yang sangat unik. Berbeda dengan masjid kebanyakan, tempat ibadah ini justru memiliki menara menyerupai sebuah perahu.

4. Masjid Raya Baiturrahman - Aceh

Masjid Raya BaiturahmanMasjid Raya Baiturahman Foto: shutterstock

Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga merupakan simbol untuk kota Banda Aceh. Bahkan pada bencana tsunami pada tahun 2004 silam, masjid ini menjadi saksi bisu yang selamat dari amukan ombak.

5. Masjid Agung Demak - Demak

Masjid Agung DemakMasjid Agung Demak Foto: (Kurnia/detikTravel)

Masjid Agung Demak dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para ulama atau walisongo. Masjid yang terletak di Kelurahan Bintoro, Demak, Jawa Tengah ini memiliki bentuk yang megah.

6. Masjid Menara Kudus - Kudus

Masjid Menara KudusMasjid Menara Kudus Foto: Akrom Hazami/detikcom

Terdapat akulturasi budaya dalam pembangunan Masjid Menara Kudus. Masjid ini memiliki konsep budaya Hindu-Buddha dengan menara berbentuk candi berwarna oranye kecokelatan.

7. Kubah Mas - Depok

Masjid Kubah MasMasjid Kubah Mas Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom

Walaupun lebih dikenal sebagai Masjid Kubah Mas, masjid ini memiliki nama asli, Masjid Dian Al Mahri. Masjid ini terletak di Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat.

Nama kubah mas sendiri diambil dari kubah masjid yang berwarna keemasan. Kubah tersebut memang dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal.

8. Masjid Agung Al-Azhar - Jakarta

Masjid Agung Al-AzharMasjid Agung Al-Azhar Foto: Ari Saputra

Masjid indah lainnya adalah Masjid Agung Al-Azhar. Nama masjid ini diambil dari prestasi ulama bernama Abdul Malik Karim Amrullah yang dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Universitas Al-Azhar, Mesir.

9. Masjid Agung Banten - Banten

Masjid Agung BantenMasjid Agung Banten Foto: Fitraya Ramadhanny

Masjid Agung Banten memiliki menara yang berbentuk seperti mercusuar dan dibangun oleh seorang sultan pertama di Banten. Masjid ini terletak di Desa Banten Lama atau sekitar 10 km dari kota Serang.

10. Masjid Cheng Ho - Surabaya

Masjid Cheng hoMasjid Cheng ho Foto: raja

Masjid di Indonesia yang terakhir adalah Masjid Cheng Ho. Masjid ini memiliki arsitektur China sehingga sering dikira sebagai klenteng atau rumah ibadah umat Tri Dharma.



Simak Video "Masjid Istiqlal Direnovasi, Jokowi Minta Semua Kelar Sebelum Puasa!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA