Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Mar 2020 23:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Jembatan Terindah di Indonesia, Megah nan Unik

Muhammad Rifqie Putra
detikTravel
Jembatan Youtefa (sebelumnya disebut Jembatan Holtekamp) akhirnya diresmikan oleh Presiden Jokowi. Jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia Timur.
Jembatan terindah di Indonesia (dok. Kementerian PUPR)
Jakarta -

Ada 10 jembatan terindah di Indonesia yang menjadi simbol kebanggaan di daerahnya. Kini, jembatan tak hanya berfungsi sebagai penghubung jalan yang terputus oleh rintangan, seperti: sungai atau lembah. Dalam perkembangannya konstruksi dan desain jembatan sering diandalkan sebagai simbol atau landmark bagi suatu daerah.

Tak heran jika kemudian banyak negara-negara di dunia juga sejumlah kota di Indonesia membuat jembatan yang tak hanya berfungsi sebagai penghubung, tapi juga simbol keindahan. Dihimpun dari sejumlah sumber, jembatan-jembatan itu didesain menawan, indah, menakjubkan, dan megah.

10 jembatan terindah di Indonesia

1. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu di Indonesia.Jembatan Suramadu. Foto: Kementerian PUPR

Jembatan yang menjadi Landmark kota Surabaya ini menghubungkan dua pulau yakni Jawa dan Madura. Panjangan jembatan 5.438 meter dengan lebar 30 meter. Ada 2 jalur untuk motor dan 2 jalur untuk mobil. Di malam hari jembatan kian terlihat mempesona oleh warna warni lampu yang menyala sepanjang jalur.

2. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera.Jembatan Ampera. Foto: (Afif Farhan/detikTravel)

Jembatan ini terletak di Palembang, Sumatera Selatan dan sekaligus menjadi ikon kota empek-empek. Jembatan Ampera difungsikan agar akses dari Sebrang Ulu dan Sebrang Ilir menjadi mudah.

Dulunya bagian tengah jembatan ini bisa diangkat agar akses kapal yang melintas di sungai Musi menjadi mudah. Namun sejak 1970, hal tersebut tidak dilakukan lagi karena menganggu lalu lintas kendaraan di atas jembatan.

3. Jembatan Kelok 9

Jembatan Kelok 9.Jembatan Kelok 9. Foto: Dok. Kementerian PUPR

Jembatan Kelok 9 berada di Payakumbuh, Sumatera Barat. Memiliki ruas berkelok sepanjang 300 meter, ada dua cagar alam terdekat dari jembatan ini yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

Jembatan ini juga dikenal dengan tikungannya yang tajam karena hanya memiliki lebar 5 meter dan berbatasan dengan jurang. Setiap tahun Jembatan Kelok 9 menjadi lokasi balap sepeda Tour De Singkarak.

4. Jembatan Martadipura

Jembatan MartapuraJembatan Martadipura. Foto: Istimewa

Jembatan Martadipura terletak di Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jembatan ini menggunakan konstruksi pipe slabe (jalan layang), dibangun di atas lahan rawa.

5. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang.Jembatan Barelang. Foto: Dok. Kementerian PUPR

Barelang adalah singkatan, diambil dari Batam - Rempang - Galang. Jembatan ini menghubungkan antara Pulau Batam, Tonton, Rempang, Galang, dan Galang Baru. Barelang sendiri merupakan 6 jembatan antara lain Jembatan Tengku Fisabilillah, Jembatan Nara Singa, Jembatan Raja Ali Haji, Jembatan Sultan Zainal Abidin, Jembatan Tuanku Tambusai, dan Jembatan Raja Kecik. Jembatan Barelang telah menjadi ikon dan salah satu tempat wisata popular di Batam.

6. Jembatan Cikubang

Jembatan Cikubang.Jembatan Cikubang. Foto: Istimewa

Jembatan ini dibuat dengan melewati sawah, jurang, dan perbukitan. Jembatan Cikubang sendiri difungsikan sebagai jembatan kereta dan menjadi yang terpanjang dengan panjang 300 meter. Jembatan ini digunakan sejak 1906 dan hingga kini masih kokoh berdiri.

7. Jembatan Siak

Jembatan Siak.Jembatan Siak. Foto: jembatan siak IV (Chaidir-detik)

Jembatan megah dengan dua Menara yang tingginya 80 meter ini terletak di Riau. Hal unik dan menjadi daya tarik jembatan ini adalah ada dua restoran di atas jembatan yang bisa dikunjungi. Untuk bisa mendapatkan pengalaman tersebut, pengunjung akan diangkut oleh lift khusus dan memesan menu dari restoran tersebut.

8. Jembatan Pasupati

Jembatan Pasupati.Jembatan Pasupati. Foto: Tya Eka Yulianti

Difungsikan sebagai penghubung utara dan timur kota Bandung, dibuat melewati lembah Cikapundung. Pada malam hari, bagian tengah jembatan ini akan diterangi lampu sorot warna-warni yang indah.

9. Jembatan Barito

Jembatan Barito.Jembatan Barito. Foto: Istimewa

Terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, jembatan ini dibuat untuk melintasi sungai Barito serta merupakan akses jalan trans Kalimantan dari Banjarmasin ke Palangkaraya dan sebaliknya. Pada sekitaran jembatan ini terdapat pemandangan pulau-pulau kecil di bawah jembatan.

10. Jembatan Youtefa

Jembatan Youtefa.Jembatan Youtefa. Foto: Lamhot Aritonang

Dibuat di atas Teluk Youtefa, Papua, jembatan menghubungkan Holtekamp dengan Hamadi. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 732 meter, jembatan ini memangkas waktu yang sebelumnya 1 jam dari Distik Muara Tami ke Pos Lintas Batas Negara Skouw menjadi hanya 15 menit. MURI memberikan 2 penghargaan kepada salah satu jembatan terindah Indonesia ini,pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.



Simak Video "Pemudik Bermotor Padati Jembatan Suramadu, Polisi Buka Jalur Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA