Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Mar 2020 21:29 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengintip Wisata Unggulan Tegal yang Mau Isolasi Wilayah

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pantai Muarareja di Tegal
Pantai Muarareja di Kota Tegal (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Jakarta -

Selamat datang di Tegal, daerah yang memiliki administrasi kota dan kabupaten. Kota dan kabupaten ini memiliki sederet destinasi wisata.

Apa saja destinasi wisata yang ada di sekitar Kota Tegal? Diketahui bahwa kota ini ditutup bagi warga luar dari tanggal 30 Maret-30 Juli 2020 untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Hari ini isolasi wilayah itu belum sepenuhnya bisa dilakukan karena masih ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono yakin rencana itu akan bisa mulai berjalan besok.

"Jadi mulai besok sudah mulai berjalan. Petugas yang jaga 24 jam sudah siap di tiap pintu masuk. Besok setiap pendatang sudah bisa diperiksa di masing masing pintu masuk," ujar Dedy kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

Meski akan mulai ditutup, Tegal sebenarnya memiliki beberapa potensi wisata yang cukup keren. Beberapa diantaranya:

1. Guci

Pemandian air panas Guci, TegalPemandian air panas Guci, Tegal (Foto: danielliamanda/d'Traveler)

Guci merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Desa ini jadi rujukan traveler yang berlibur di Tegal.

Di sana kamu bisa berendam sambil menikmati udara yang sejuk. Ya, di kawasan ini memang terdapat lokasi wisata terkenal berupa sumber air panas yang lokasinya menjadi satu air terjun berair dingin.

Sehingga jika kita berkunjung ke tempat ini kita bisa merasakan sensasi mandi di air dingin dan di air hangat pada satu lokasi.

2. Pendakian ke Gunung Slamet via Guci

Jalur pendakian Gunung Slamet via GuciJalur pendakian Gunung Slamet via Guci (Foto: Muhammad Idris/detikcom)

Traveler bisa mendaki Gunung Slamet lewat Jalur Guci. Meski terkenal dengan pemandian air panasnya, jalur ini juga diminati pendaki selain Jalur Bambangan di Kabupaten Purbalingga.

Dengan ketinggian 3.428 mdpl, Gunung Slamet bisa dikatakan cukup berat untuk pendaki pemula. Treknya memang sebagian besar landai dan mudah dilewati, dengan sedikit tanjakan dari pos pertama pendakian hingga kawasan hutan berlumut di pos empat. Namun lautan pasir, bakal jadi tantangan tersulit bagi pendaki.

Yang perlu diperhatikan di jalur ini adalah begitu banyak jalan-jalan kecil yang kecil yang dibuat para pemburu burung dan pencari kayu di jalur pendakian sepanjang pos pertama hingga pos empat. Jika tak jeli memperhatikan tanda di beberapa persimpangan, seringkali pendaki tersesat di Gunung Slamet.

3. Curug Sigeong

Curug Sigeong di TegalCurug Sigeong di Tegal (Foto: Diana Sabilla/d'Traveler)

Kabupaten Tegal memiliki banyak wisata alam yang indah dan menakjubkan. Sebagian besar adalah curug atau air terjun. Tersebar di Kecamatan Bumijawa tepatnya.

Air terjun ini kurang begitu terkenal tapi dekat pintu gerbang area Guci, hanya tiga menit. Karena terletak di bawah jembatan, Curug Sigeong tidak terlalu diperhatikan.

Dengan tinggi kurang lebih 6 meter dan berair hangat. Curug Sigeong memang terbilang mungil untuk jajaran curug lainnya yang tersebar di daerah Bumijawa. Uniknya curug ini dikelilingi balok-balok tebing yang rapi.

4. SPBU Tegal berlabel MURI

Mengintip Wisata Unggulan Tegal yang Kini LockdownSPBU MURI Tegal (Foto: Nfadils/d'Traveler)

Tegal punya SPBU peraih rekor MURI yang memiliki berbagai fasilitas yang memanjakan traveler. Jika lelah menerpa, Anda bisa singgah ke sini.

SPBU MURI ini beralamat di Jl Raya Dampyak No 134, Tegal. SPBU ini buka 24 jam, jadi traveler bisa mampir setiap saat. SPBU ini mendapat penghargaan dari MURI karena banyaknya toilet yang terdapat di SPBU ini, tepatnya 107 bilik toilet yang merupakan gabungan dari toilet wanita, toilet pria dan urinoir pria.

Hal istimewa lain yang ada di SPBU ini, di bagian belakang areal SPBU, terdapat kolam renang yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Sambil melepas lelah, bisa sambil mengajak anak-anak bermain sambil berenang. Dan, masih banyak keistimewaan lainnya.

5. Rodjo Tater

Mengintip Wisata Unggulan Tegal yang Kini LockdownRodjo Tater Tegal (Foto: Nurul Huda/d'Traveler)

Kalau lagi melintasi Tegal, coba mampir ke Rodjo Tater. Ini tempat wisata murah meriah, cuma Rp 15 ribu bisa melakukan berbagai aktivitas.

Terletak di desa Bugares, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Rodjo Tater berdiri di area seluas 75 hektar dengan lokasinya yang menyatu dengan perkebunan warga, sehingga kesan asri, teduh dan suasana pedesaan masih melekat di objek wisata ini.

Rodjo Tater menawarkan aneka wahana yang ramah anak, dari mulai berenang di mini waterpark, terapi ikan, menangkap ikan, berinteraksi dengan aneka satwa, dan mengajari pengalaman berkebun.

6. Pantai Muarareja

Pantai Muarareja di TegalPantai Muarareja di Tegal (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Pantai jadi destinasi wisata unggulan Kota Tegal. Kawasan Pantai Muarareja, Kota Tegal, Jawa Tengah, dulu merupakan kawasan kumuh. Kini pantai ini berubah total dan menjadi destinasi wisata penuh warna.

Sepanjang pantai dihiasi pohon cemara rindang yang menyejukan. Fasilitas umum mulai dari toilet, musala dan ruang ganti pakaian tertata apik. Cat warna-warni juga menghiasi kawasan wisata pantai, demikian pula perahu perahu wisata aneka warna, siap membawa wisatawan menyusuri pantai ini.

Pantai Muarareja kini sedang berbenah. Program revitalisasi ini dijalankan dengan memberikan cat warna warni pada seluruh fasilitas yang ada. Tujuannya, agar menjadi destinasi wisata yang ikonik, instagramable dengan fasilitas pendukung yang mumpuni.

Pantai-pantai lain yang bisa traveler kunjungi saat di Kota Tegal yakni Pantai Pulo Kodok, Pantai Batam Sari hingga Pantai Alam Indah.

7. Taman Rohani Jati Segara Wening

Taman Rohani Jati Segara WeningTaman Rohani Jati Segara Wening (Foto: Graece Tanus/d'Traveler)

Destinasi religi di Tegal ini terbilang unik. Taman Rohani Jati Segara Wening di Tegal, Jawa Tengah berlokasi di tengah kebun jati.

Taman Rohani ini terletak 3 km dari Stasiun Kereta Api atau dari Alun-Alun Tegal. Taman Rohani Jati Segara Wening itu berada di kompleks Gereja Katolik St Yosef Mejasem, Keuskupan Purwokerto.

Area Taman Rohani Jati Segara Wening, suasana teduh dan sejuk terasa di tengah terik matahari yang membakar kulit. Maklum, daerah Pantura mempunyai udara panas.

Semoga isolasi wilayah Tegal ini tidak berlama-lama ya, detikers.



Simak Video "Tak Bermasker, Puluhan Warga Tegal Dihukum Push-up dan Nyanyi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA