Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Apr 2020 21:33 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rapi Jali, Pedagang Pasar Salatiga Terapkan Physical Distancing

pasar di salatiga
Pedagang Pasar Pagi Salatiga Terapkan Physical Distancing. (Foto: Dok. Rachmad Wahjoe)
Salatiga -

Pemandangan pasar di Salatiga tengah viral. Para pedagang menjajakan aneka jenis sayuran dengan menjaga jarak di saat Pandemi COVID-19 atau Corona.

Salah satu warga dekat Pasar Pagi Salatiga, Rachmad Wahjoe mengatakan penerapan physical distancing itu mulai hari Senin (27/4) kemarin. Menurutnya kini pasar yang biasa mulai sibuk sejak tengah malam dan bubar pukul 06.00 WIB itu makin rapi.

"Persiapan itu sudah dari jam 12 malam. Sekarang setiap alarm bunyi berkemasnya lebih cepat, ini jadi lebih rajin dan karena ini menerapkan social distancing ya," kata Wahjoe saat dihubungi detikcom.


Pasar tersebut berada di Jalan Jenderal Sudirman Salatiga. Para pedagangnya berjualan di badan jalan dan jika alarm berbunyi maka sudah saatnya berkemas. Melihat pasar di dekat rumahnya tidak seperti biasa, Wahjoe mengabadikannya lewat foto drone. Foto tersebut ternyata sudah viral hari ini.

"Saya tadi ambil sekitar 06.30 WIB, ini bubarnya lebih siang karena mungkin diberi waktu lebih soalnya tadi pagi sempat hujan," ujarnya.

Penampakan Pasar Pagi Salatiga Terapkan Physical DistancingPenampakan Pasar Pagi Salatiga Terapkan Physical Distancing (Foto: Dok. Rachmad Wahjoe)


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga sempat mem-posting foto Pasar Salatiga di akun instagramnya. Menurutnya penerapan physical distancing di pasar tersebut bagus dan patut dicontoh.

"Sebenarnya sudah lama saya usul penataan pasar itu kepada bupati dan wali kota. Idenya saya lihat di Myanmar, lalu saya share ke mereka para bupati wali kota, bisa tidak dilakukan. Ternyata Salatiga yang melakukan, hari ini saya tag di Instagram saya karena memang sangat menginspirasi," kata Ganjar di temui di ruang kerjanya.

"Semoga daerah lain bisa mengikuti. Itu ide sudah saya lontarkan sejak lama, bagaimana pasar kita harus diatur agar semuanya aman. Yang sudah komunikasi adalah Kota Semarang, wali kota sedang menyiapkan itu. Nanti kami support dan saya minta masyarakat mendukung," imbuhnya.



Simak Video "Keren! Ada Bus Physical Distancing ala Jawa Tengah"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA