Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mei 2020 17:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Lokasi dalam Lagu-Lagu Patah Hati Didi Kempot

Femi Diah
detikTravel
Mewabahnya COVID-19 berdampak kepada semua sektor, khususnya pariwisata. Seperti halnya di Yogyakarta, kawasan Malioboro yang biasanya ramai kini sepi.
Malioboro menjadi salah satu lagu Didi Kempot. (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

6. Pelabuhan Tanjung Mas

Pelabuhan Tanjung Emas merupakan pelabuhan di Semarang. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan tua yang berkembang sejak abad ke-16.

Kapal SPOB Salim bersandar di Pelabuhan Semarang, Kamis (1/2/2018).Kapal SPOB Salim bersandar di Pelabuhan Semarang (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)

Awalnya, kawasan di pelabuhan Tanjung Mas ini kurang menguntungkan karena memiliki pasir dan endapan lumpur yang tinggi. Tapi kemudian, setelah dibangun Kali Baru, pelabuhan ini menjadi mudah dijangkau.

Pelabuhan ini memiliki tinggalan zaman Belanda, yakni mercusuar Willem 3, yang merupakan satu-satunya mercusuar di Jawa Tengah.

7. Gunung Api Purba Nglanggeran

Obyek wisata Gunungapi Purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, (30/12/2018)Obyek wisata Gunungapi Purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Gunung Api Purba Nglanggeran muncul dalam lirik lagu Didi Kempot berjudul Banyu Langit. Lagu ini mengisahkan seseorang yang rindu kepada kekasihnya saat berada di Gunung Nglanggeran.

Gunung Api Purba Nglanggeran, merupakan gunung yang ada di wilayah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Biasanya, traveler mencapai puncak dengan berjalan kaki sejak dini hari. ITu agar mereka bisa mendapatkan sunrise.

Di dekat Gunung Api Purba Nglanggeran, terdapat beberapa tempat wisata. Di antaranya, Embung Nglanggeran, Kampung Pitu, dan Air Terjun Kedung Kandang.

8. Pantai Klayar

Pantai Klayar di PacitanPantai Klayar di Pacitan Foto: (aranty/d'Traveler)

Pantai Klayar yang di Pacitan, Jawa Timur menjadi tempat menumpahkan rindu Didi Kempot yang dikhianati oleh kekasihnya. Lag dengan judul yang sama, Pantai Klayar.

Pantai Klayar merupakan pantai pasir putih dengan ombak yang besar. Makanya, turis tak diizinkan untuk berenang di sana.

9. Teluk Penyu

Akibat angin kencang dan gelombang tinggi, sebuah kapal tongkang berikut kapal Akibat angin kencang dan gelombang tinggi, sebuah kapal tongkang berikut kapal "tugboat" penariknya terdampar di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah. (Arbi Anugrah)

Teluk Penyu merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lokasinya aman untuk berwisata karena tak terhubung langsung dengan samudera India karena terhalang Pulau Nusakambangan.

Selain deburan ombak dan pasirnya, Teluk Penyu menjadi salah satu tempat untuk wisata kuliner dan berburu oleh-oleh. Didi Kempot menitipkan patah hatinya lewat lagu dengan judul yang sama, Teluk Penyu.

10. Lampung

Wisata LampungWisata Lampung Foto: Risky Setiawan

Didi Kempot membuat dua lagu tentang Lampung, Kopi Lampung dan Lampung. Dua lagu itu sama-sama mengungkapkan cintanya kepada kekasih.

Di lagu Kopi Lampung, Didi Kempot menyebut naik kapal dari Merak ke Bakauheni, dua pelabuhan yang akrab dengan traveler kan? Ingat-ingatlah lirik selanjutnya bagi traveler yang sedang melakukan perjalanan untuk menemui kekekasihnya yang terpisah jarak.

Mumpung berada di Lampung, singgah sekalian di destinasi wisata Kebun Karet Trikora, Mata Air Way Sumpuk di Tanggamus, Bukit Kumbang Bakauheni, Goa Pantai Minang Rua, dan Pulau Tegal Mas.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA