Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Mei 2020 22:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Wisata Tutup Saat Lebaran, Anak-anak Bermain di Saluran Irigasi

Dadang Hermansyah
detikTravel
Saluran Irigasi di Linggasari, Ciamis
Saluran irigasi di Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Banyak cara dilakukan dalam mengisi libur lebaran di tengah pandemi Corona. Anak-anak di Blok Tegalpanjang, RW 9, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, berenang bersama memanfaatkan saluran irigasi yang dibendung.

Pantauan detikcom, terlihat sejumlah anak-anak sedang naik turun saluran irigasi dengan melompat. Sesekali mereka memperagakan gerakan renang. Mereka, Agil (9), Radlfa (7), Rijal (8), Lutfi (8), Faiz (6), dan kawan-kawan terlihat senang meski rekreasi di tempat sederhana ini.

Virus Corona ini membuat sejumlah obyek wisata di Ciamis, Jawa Barat, ditutup sementara. Saluran irigasi ini cukup aman bagi anak-anak berenang karena dibendung menggunakan bambu yang cukup rapat. Sehingga tak khawatir akan terbawa hanyut.

"Senang berenang di sini, bersama teman-teman. Tidak takut karena salurannya ditutup jadi aman," ujar Rijal (8), salah seorang anak saat ditemui ketika berenang di irigasi, Selasa (26/5/2020).

Menurut Rijal, mengaku berada di rumah saat sekolah diliburkan cukup membosankan. Rijal mengaku ingin kembali bersekolah bertemu bersama teman-temannya.

Saluran Irigasi di Linggasari, CiamisSaluran Irigasi di Linggasari, Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

"Bosan di rumah terus, sekarang bermain di luar berenang di saluran air. Sangat menyenangkan. Tidak bisa liburan kemana-mana, tempat wisata ditutup," jelasnya.

Irigasi tersebut memang sengaja dibendung oleh warga setempat, karena sebelumnya juga telah digelar lomba Mancing Mania berhadiah. Acara mancing ini digelar oleh pemuda setempat secara terbatas dalam rangka perayaan hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Memancing saluran Irigasi di Linggasari, CiamisMemancing saluran Irigasi di Linggasari, Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Dalam lomba mancing ini hanya diikuti oleh warga setempat, peserta harus memakai masker dan jaga jarak. Ikan yang ditanam di saluran tersebut sekitar 50 kilogram terdiri dari ikan mas dan lele. Peserta yang berhak mendapat hadiah apabila mendapat ikan berwarna merah.

"Memang untuk perayaan setelah lebaran tahun ini berbeda dari sebelumnya. Sekarang lebih sederhana hanya mancing saja itu juga terbatas karena pandemi Corona. Ini sebagai bentuk syukuran. Mudah-mudahan wabah ini segera berakhir," ujar Tatang Basir, warga setempat.



Simak Video "Curug Kembar Binuang, Obyek Wisata Baru di Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA