Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jun 2020 10:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

16 Destinasi Menyelam Dunia Paling Menakjubkan (Bagian I)

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Destinasi menyelam terbaik
Ikan-ikan di Raja Ampat (Foto: CNN)
Jakarta -

Berenang di permukaan atau snorkeling saja sudah membuat sebagian orang senang dan betah berlama-lama di atas air. Bila ada kesempatan scuba diving (self contained underwater breathing apparus) pastilah nggak bakal dilewatkan.

Semua pecinta laut dan isinya sedang menahan diri untuk menjelajah destinasi ini karena pandemi Corona. Kata psikolog klinis dan instruktur scuba diving PADI, Laura Walton, menyelam membuat traveler jauh dari rasa khawatir, tekanan dan tuntutan sehari-hari.

Ketika kita menyelam di bawah air, kata dia, perhatian tertuju pada pengalaman memasuki dunia lain. Begitu banyak spot menyelam di dunia dan pasti pengalaman yang akan ditemui di bawahnya pun berbeda.

Berikut 16 destinasi menyelam atau scuba diving terbaik di dunia menurut CNN, dimulai dari Indonesia:

1. Raja Ampat, Indonesia

Bali memang magnet massa turis bepergian ke Indonesia. Tapi penyelam scuba pemberani tahu tempat yang tepat untuk melompat ke laut, yakni ke terbang ke timur di kepulauan ke Papua Barat, Raja Ampat.

Penyelam terbaik dunia pasti pernah menyelaminya. Punya empat pulau utama dengan lebih dari 1.500 pulau kecil, destinasi ini ada di Segitiga Terumbu Karang.

Keanekaragaman hayatinya tak perlu diragukan lagi, kebun karang yang sehat, dan beragam habitat mikroorganisme yang luar biasa bisa dijelajahi oleh penyelam. Penyelam dapat tinggal Misool Eco Resort atau tinggal di atas laut dengan tinggal di kapal pesiar Damai II atau Aqua Blu.

Raja Ampat adalah perairan hangat yang jernih yang dijadikan rumah bagi lebih dari 1.300 spesies ikan karang. Terumbu karangnya merupakan salah satu yang paling murni di dunia.

Destinasi menyelam terbaikTuamotu Atolls (Foto: CNN)

2. Tuamotu Atolls, Polinesia Prancis

Tinggalkan Bora Bora dan naiklah penerbangan ke arah timur laut untuk sampai ke Tuamotu Atolls. Rangkaian 80 pulau dan atol yang terlihat dari udara seperti cincin karang pelampung yang dilemparkan ke atas air.

Ketika masuk ke air dan menyelam melalui lorong-lorong di atol seperti Rangiroa dan Fakarava (cagar Biosfer UNESCO), Anda melihat begitu banyak hiu di jarak dekat.

Puluhan meter di atas karang akan ada ratusan hiu karang kelabu mengelilingi Anda. Mereka akan mengabaikan para penyelam di sekitarnya dan bila mengikuti arus maka Anda akan bisa melihat manta ray.

Destinasi menyelam terbaikPalau (Foto: CNN)

3. Palau, Mikronesia

Kepulauan Palau yang terdiri dari pulau-pulau kapur karst kecil sangat populer hingga sering dijadikan wallpaper gadget. Danau Ubur-ubur yang baru dibuka kembali adalah pemikat lain dari sana.

Palau sekitar 500 kilometer dari Filipina. Anda harus menyelam dan melihat negeri ajaib, pun belum, Anda belum melihat seperti apa keaslian Palau.

Situs menyelam Palau yang paling terkenal yakni, Blue Corner. Adalah terumbu karang yang menjorok ke laut terbuka dan di sini ada ikan pelagis hingga hiu karang.

Penyelam harus menggunakan kait karang di situs Blue Corner untuk menonton hiu-hiu berburu. Kenapa demikian, karena arus di situs ini sangatlah kuat.

Anda bisa menyewa jasa Sam's Tours dan Paddling Palau yang menawarkan berbagai ekspedisi di atas dan di bawah permukaan air.

Destinasi menyelam terbaikFiji (Foto: CNN)

4. Fiji

Dunia bawah air di sini adalah surga dari terumbu karang warna-warni. Fiji, 333 pulau di Pasifik Selatan yang dikenal di kalangan penyelam karena menjadi ibu kota karang lunak dunia.

Situs-situs menyelam terkenal seperti Beqa Lagoon di Viti Levu, pulau utama Fiji. Hiu harimau dan banteng akan sangat mudah Anda temui di sini.

Tapi, jangan lewatkan waktu di Fiji untuk menjelajahi terumbu karang di Cagar Alam Namena, antara Viti Levu dan Vanua Levu. Terumbu karang yang berwarna-warni benar-benar seperti tempat lain di Bumi.

Resor Jean-Michel Cousteau bisa jadi pilihan Anda menginap di sana.

Destinasi menyelam terbaikChuuk Lagoon (Foto: CNN)

5. Laguna Chuuk, Mikronesia

Salah satu tujuan utama dunia untuk penyelam bangkai kapal adalah Chuuk Lagoon (sebelumnya bernama Truk Lagoon) di Mikronesia. Di sana adalah kuburan lebih dari 60 kapal perang Jepang yang ditenggelamkan selama Perang Dunia II oleh Angkatan Laut AS dalam Operasi Hailstone tahun 1944.

Bangkai kapal itu ada di area Chuuk Lagoon yang memiliki luasan 56 km persegi. Tak hanya bangkai kapal, ada pula tank, torpedo, kapal Zero Japanese.

Ketika menjelajah, Anda harus ditemani pemandu lokal yang mengetahui seluk beluknya. Kengerian di masa lalu masih ada dan terekam di sini.

Jika Anda hanya menyelami satu bangkai kapal, jadikan kapal Shinkoku Maru yang memiliki panjang 152 meter sebagai lokasinya. Bekas kapal suplai bahan bakar Jepang ini sudah dipenuhi spons, karang lunak dan anemon.

Destinasi menyelam terbaikKey Largo (Foto: CNN)

6. Key Largo, Florida Keys

Bangkai kapal Spiegel Grove sepanjang 155 meter dan terumbu karang dangkal di sini sering dikunjungi penyu. Perairannya hangat dan tergolong jernih dan itu ada di dekat Miami.

Key Largo salah satu destinasi menyelam terbaik dan paling mudah diakses di Amerika Serikat. Bergabunglah wisata edukasi bersama Coral Restoration Foundation dan menjadi bagian dari kelompok restorasi terumbu karang terbesar di dunia.

Anda akan belajar cara memanen karang dari pembibitan karang. Lalu, ikutlah menanamnya di tempat baru. Pembibitan karang terbesar di organisasi ini meliputi 1,5 hektar dasar laut dan memiliki lebih dari 500 koral yang masing-masing menampung 60 hingga 100 karang.

Destinasi menyelam terbaikGurita pasifik raksasa di Pulau Vancouver (Foto: CNN)

7. Pulau Vancouver, British Columbia

Salah satu pengalaman menyelam air dingin terbaik di dunia dapat Anda temukan di perairan Pulau Vancouver. Suhu airnya cukup dingin meski suasana menyerupai perairan tropis yakni, antara 7-10 derajat celsius.

Lokasi penyelaman terbaik berada di sisi timur pulau sepanjang 482 km di barat Kota Vancouver. Terbuka akses sepanjang tahun ke bangkai kapal terkenal di Nanaimo, termasuk HMCS Saskatchewan, tempat menyelam terlindung di lepas Port Hardy di Selat Queen Charlotte.

Dua makhluk air dingin yang biasa dilihat penyelam yang datang ke sini yakni belut serigala dan gurita pasifik raksasa. Gurita terbesar di dunia dengan rata-rata berat sekitar 49 kg dan panjang 4,8 meter.

Destinasi menyelam terbaikPari manta di Laut Cortez (Foto: CNN)

8. Laut Cortez, Baja, Meksiko

Laut Cortez juga dikenal sebagai Teluk California. Seorang penyelam, Jacques Cousteau menyebutnya sebagai akuarium dunia.

Di sini, singa laut California muda sangat bersahabat dengan penyelam (memiliki kecenderungan untuk bermain-main dengan sirip penyelam). Ada lebih dari 800 spesies ikan di sini, termasuk pari manta, hiu paus hingga lumba-lumba.

Pergilah ke Taman Laut Nasional Cabo Pulmo, Pulau Isla Espiritu Santo dan La Paz, ibu kota Baja California Sur untuk merasakan penyelaman terbaik di daerah ini.



Simak Video "Pariwisata Raja Ampat Siap Sambut 'New Normal'"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA