Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Jun 2020 20:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bandung Punya Hutan Bambu Cantik ala di Kyoto Jepang

Wisma Putra
detikTravel
Hutan Bambu di Kawasan Bukit Mbah Garut yang ada di Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.
Hutan Bambu Foto: Dinas PU Kota Bandung
Bandung -

Bila melihat pemandangan hutan bambu, pasti yang akan terbayang sedang ada di salah satu kota di Jepang yaitu Kota Kyoto. Di sana memang ada hutan bambu Sagano yang terkenal. Tapi, pemandangan hutan bambu ini bukan ada di Negeri Sakura melainkan di kota kembang alias Kota Bandung.

Hutan bambu ini, tumbuh secara alami di Kawasan Bukit Mbah Garut yang ada di Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Agar enak dipandang, dan dijadikan spot foto yang menarik hutan bambu itu ditata dengan rapi oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung dan dijadikan sebagai obyek wisata baru di Kawasan Bandung Timur.

Hutan Bambu di Kawasan Bukit Mbah Garut yang ada di Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.Hutan Bambu di Kawasan Bukit Mbah Garut yang ada di Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Foto: Dinas PU Kota Bandung

"Bisa menjadi obyek wisata baru, malah yang sekarang kelihatannya menarik ada kebun bambu, kita tata dipagar, seperti di Kyoto Jepang," kata Kepala Dinas PU Kota Bandung Didi Ruswandi di Pemkot Bandung, Rabu (10/6/2020).

Didi mengungkapkan, ribuan pohon ditanam di kawasan Mbah Garut dan Mbah Celeng agar kawasan tersebut rimbun pepohonan.

"Kemudian, penanaman sudah relatif beres, untuk tanaman tinggi kemarin ada sekitar 3 ribu di kawasan Mbah Garut," ungkapnya.

Selain sebagai obyek wisata, penamaan pohon yang dilakukan di lokasi tersebut berfungsi sebagai wilayah resapan air. "Kawasan itu juga multifungsi, sebagai pengendalian banjir, supaya daya resap tinggi tidak mengalir ke bawah," tuturnya.

Tak hanya itu, penanaman pohon di lokasi tersebut juga akan menjadikan cuaca Bandung tetap sejuk. "Untuk iklim mikro Bandung lebih sejuk, kemudian itu juga di bawahnya kawasan tersebut digunakan petani penggarap sebagai lahan pertanian atau disebut agro foresty," ujarnya.

Ada kolam renangnya....

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kawah Putih dan Glamping Lakeside Bersiap untuk Uji Coba Pembukaan"
[Gambas:Video 20detik]

BERITA TERKAIT
BACA JUGA