Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Jun 2020 20:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Viral, Wisata Dadakan Sumedang Ramai Dikunjungi Warga

Muhamad Rizal
detikTravel
Objek wisata dadakan di Sumedang.
Cihonje Water Park di Sumedang (Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Sebuah aliran sungai di Dusun Sembir, Desa Gunasari, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat, mendadak viral di media sosial. Ini penampakannya.

Objek wisata tersebut saat ini dinamakan menjadi Objek Wisata Air Cihonje atau warga setempat menyebutnya Cihonje Water Park, sebab aliran sungai yang jernih ini memang aliran Sungai Cihonje.

Meski terbilang dadakan, objek wisata ini sudah banyak menarik wisatawan dari luar desa yang ingin berwisata ke tempat tersebut karena ingin melihat secara langsung keindahan air Sungai Cihonje ini.

"Kalau awal-awal kebanyakan dari warga sekitar sini, cuma karena mungkin banyak di upload lewat Facebook, media sosial lainnya banyak yang dari luar desa penasaran ingin melihat ke sini," kata Burhanudin selaku ketua RW setempat pada detikcom, Minggu (14/6/2020).

Burhanuding menceritakan, awalnya Sungai Cihonje ini hanya dipakai mandi dan tempat mencuci pakaian oleh warga setempat. Tidak di sengaja, akhirnya Sungai Cihonje ini menjadi tempat wisata dadakan setelah di posting ke media sosial yang akhirnya menjadi viral.

"Wahana wisata ini awalnya warga di sini yang biasa cuci baju, mandi dan terkadang kalau airnya lagi kecil mereka itu kan main-main di air, berfoto lalu di upload ke Facebook, WA, alhmadulillah jadi menyebar," tutur Burhanudin.

Objek wisata dadakan di Sumedang.Objek wisata dadakan di Sumedang (Muhamad Rizal/detikcom)

Untuk pengunjung yang ingin berwisata tersebut tidak dikenakan tiket masuk, hanya saja pengunjung dikenakan tiket untuk parkir kendaraan yang dikelola karang taruna.

"Untuk saat ini belum dipungut tiket masuk, jadi siapa saja yang masuk ke sini gratis," katanya.

Selain itu, di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), pihak desa setempat menerjunkan petugasnya untuk mengawasi setiap pengunjung yang datang agar tetap diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Salah seorang pengunjung, Yunit Lara (30) mengaku penasaran melihat air Sungai Cihonje, sebab saat ini aliran Sungai Cihonje sedang menjadi perbincangan banyak orang.

"Mau lihat yang viral. Sama keluarga baru pertama kali, soalnya saya orang pada suka asli," ucap Yunit.

Pengunjung lain bernama Nunung Nurhayati mengatakan, untuk wisata yang dinilai masih baru ini enak untuk dinikmati bersama keluarga. Hanya saja akses menuju Objek Wisata Air Cihonje ini perlu diperbaiki agar wisatawan yang datang semakin banyak.

"Bagus, seru, rame. Harapannya ya jalannya diperbaiki saja," kata Nunung.



Simak Video "Tertutup Longsor, Akses Dua Desa di Sumedang Terputus"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA