Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Jun 2020 14:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Bukit Mantong, Tempat Camping Asyik Selain Gunung Rinjani

Agus Salim
detikTravel
Bukit Mantong
Foto: Agus Salim/d'traveler
Lombok -

Selain Gunung Rinjani, di Sembalun, Lombok terdapat beberapa bukit termasuk Bukit Mantong yang populer sebagai lokasi berkemah.

Terletak 1.600 meter di atas permukaan laut, Bukit Mantong menjadi lokasi favorit pendaki untuk berkemah. Bukit ini masih terbilang baru dibandingkan ketiga pendahulunya yakni Bukit Pergasingan, Bukit Nanggi, dan Bukit Anak Dara.

Bukit Mantong merupakan perpanjangan dari Bukit Pergasingan karena kalau dilihat dari kejauhan, seolah-olah bukit ini kepanjangan dari Bukit Pergasingan tetapi dengan tinggi yang setengah dari Bukit Pergasingan.

Realtif lebih mudah untuk mendaki Bukit Mantong. Rute yang tidak terlalu jauh. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Pemandangan yang indah disuguhkan selama perjalanan. Ilalang-ilalang setinggi setengah badan, mengapit setapak yang di lalui. Beberapa bunga edelweis yang mulai bermekaran menyapa para pendaki.

Landskap Sembalun sepanjang perjalanan di sajikan indah dari Bukit Mantong. Petak-petak sawah dan perkebunan, warna-warni yang di hasilkan oleh sayuran dan berbagai tanaman yang hidup subur di tanah Sembalun, menambah keindahan landskap yang memanjakan mata dari Bukit Mantong.

Sesampai di puncak Bukit Mantong terdapat camping ground yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Dari puncak Bukit Mantong lanskap sangat cantik disajikan. Sebelah barat ke utara, Bukit Mantong di suguhkan dengan Bukit Pergasingan yang menjadi latar sangat cantik dan seolah menjadi pagar camping ground di puncak Bukit Mantong.

Nun jauh di sana, Gunung Rinjani berdiri dengan cantik. Menikmatinya dari Bukit Mantong dapat mengobati kerinduan untuk mendaki Rinjani. Camping ground di puncak Bukit Mantong ditumbuhi banyak pepohonan yang besar. Karena itu bukit mantong lumayan teduh. Jadi setelah selesai berkemah, jangan terburu-buru untuk turun karena alasan cuaca yang panas.

Oh iya, jangan lupa bawa hammock kalau ke Bukit Mantong. Pohon-pohon yang tumbuh itu sangat pas dan cocok untuk dipasangkan hammock apalagi ditambah dengan pemandangan Gunung Rinjani yang mempesona.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Agus Salim dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Viral! Video Pendaki Gunung Dugem Massal Diduga di Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA