Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jun 2020 14:14 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Leuwi Seeng, Tempat Basah-basahan Asyik di Sumedang

Muhamad Rizal
detikTravel
Tempat main air di Sumedang
Foto: Leuwi Seeng di Sumedang (Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Setelah sekian lama masyarakat terisolasi akibat pandemi Corona, main air di Leuwi Seeng jadi hiburan tersendiri. Inilah tempat basah-basahan asyik di wisata Sumedang.

Salah satu tempat yang tepat untuk dikunjungi saat ini adalah wisata alam. Pasalnya wisata alam ini memberikan manfaat yang besar dan cukup baik untuk kesehatan.

Selain itu juga, wisata alam juga dinilai positif karena dapat membuat kita merasa lebih nyaman terhadap akal dan pikiran yang terlalu lama berdiam diri.

Seperti halnya obyek wisata Leuwi Seeng yang mengambil filosofi 'Dewa Siwa' alias Desa Wisata Sisi Walungan, yang memanfaatkan potensi alam sekitar dan aliran Sungai Cicapar.

Tempat main air di SumedangTempat main air di Sumedang Foto: Muhamad Rizal/detikcom



Obyek wisata Leuwi Seeng yang berada tepat di Desa Kaduwulung, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat merupakan tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga.

Setelah sekian lama ditutup akibat pandemi COVID-19, tempat wisata Leuwi Seeng ini kembali dibuka untuk umum. Bahkan belum lama ini Pemerintah Kabupaten Sumedang menata ulang kawasan wisata ini menjadi semakin indah dan nyaman.


Leuwi Seeng yang juga memiliki sebutan lain sebagai Dewa Siwa ini merupakan singkatan dari Desa Wisata Sisi Walungan, yang artinya tempat ini berada tepat di pinggir sungai Cicapar yang di rubah menjadi wisata alam yang sangat menarik.

Dengan di kelilingi pegunungan dan air yang jernih menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk disinggahi terutama bersama keluarga. Di tempat ini juga kita bisa menikmati sejumlah wahana yang ada seperti tenda indian berserta pakaiannya, Flying fox, ngaliwet (tradisi makan bersama dengan khas sunda) dan juga menikmati alunan musik sunda.

Ditambah air sungai yang jernih serta panorama alamnya yang masih sangat asri menjadi nilai tambah untuk obyek wisata di Leuwi Seeng ini. Bahkan nyaris tidak ada wisatawan yang menikmati keindahan wisata alam ini, sudah bisa dipastikan wisatawan yang datang akan nyaman ketika datang ke lokasi ini karena kejernihan airnya.

Tempat main air di SumedangTempat main air di Sumedang Foto: Muhamad Rizal/detikcom



Dengan bermodalkan Rp 5.000 rupiah wisatawan dapat masuk dan menikmati keindahan alam dan sungai yang jernih sampai sepuasnya tanpa ada rasa bosan.

Untuk lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang yang kurang lebih 20 kilometer. perjalanan menuju lokasi wisata Leuwi Seeng bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dengan waktu kurang lebih 36 menit dari pusat kota Sumedang.

Namun jika menggunakan roda empat atau mobil memerlukan waktu sedikit lebih lama dikarenakan akses menuju lokasi hanya dapat dilalui dua mobil ketika sudah dekat dan ketika sudah sampai di dekat lokasi kita bisa melanjutkannya dengan berjalan kaki untuk sampai ke tempat tujuan.

Bahkan dari lokasi wisata Leuwi Seeng ini tidak jauh dari lokasi Wisata Jatigede, sehingga ketika wisatawan merasa belum puasa dapat melanjutkannya ke kawasan wisata Jatigede.


Kadispora Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa mengapresiasi warga sekitar untuk bersama membantu pemerintah dalam membangun kawasan wisata alam.

"Saya apresiasi Kompepar, BPD, pihak desa, dan masyarakat sekitar yang sudah secara gotong royong meningkatkan potensi wisata yang ada di desa," kata Hari saat ditemui dilokasi, Minggu (21/6/2020).

"Sebab tanpa kebersamaan potensi wisata tidak akan bisa tergali," tambah Hari.

Untuk itu, Hari meminta masyarakat dan pihak pengelola agar dapat menjaga lingkungan dan ekosistem sekitar. Sebab, menurutnya wisatawan saat ini lebih menikmati wisata alam.

"Ini kan tempat belajar mengenal alam, jadi jangan rusak tatanan wisata ini," ujarnya.

Tempat main air di SumedangTempat main air di Sumedang Foto: Muhamad Rizal/detikcom



Salah seorang pengujung, Melawati (24) mengatakan dirinya sangat senang bisa datang dan menikmati wisata alam ini. Untuk itu dirinya berharap desa yang lain dapat mengikuti dan membuat wisata alam seperti Leuwi Seeng ini.

"Dateng ke sini pengen tau aja penasaran sama temen, seneng lah jadi bisa tau langsung," ujarnya.

Melawati berharap, adanya kawasan wisata Leuwi Seeng ini dapat menjadi contoh bagi desa lainnya dalam mengembangkan kawasan wisata, apalagi dengan memanfaatkan alam yang dapat menarik perhatian wisatawan.

"Harapannya ya buat desa-desa lain bisa meningkatkan lagi wisata-wisatanya, karena ini berpotensi untuk memajukan wisata Sumedang juga," kata Melawati.



Simak Video "Dibuka Kembali, Alun-alun Sumedang Buat Jadwal Operasional Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA