Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jun 2020 18:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Surga Wisata, 6 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi di Belitung

Berry Aldika
detikTravel
Destinasi di Belitung.
Foto: (berryaldka26/d'Traveler)
Belitung -

Negeri Laskar Pelangi di Belitung punya banyak destinasi memukai. Ini 6 yang wajib jadi rekomendasi saat berkunjung nanti.

Kalian suka traveling? Tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pulau Belitung. Jika kalian berbicara tentang Pulau Belitung, hal utama yang terbesit di pikiran pastilah film Laskar Pelangi. Film karya Andrea Hirata ini berhasil menceritakan kisah pertemanan dan kisah mengejar impian anak sekolah sekaligus menunjukan indahnya alam Belitung. Tak heran jika Pulau Belitung menjadi salah satu tempat yang wajib masuk ke daftar list destinasi wisata kalian.

Belitung adalah sebuah pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatera Indonesia, yang diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau Belitung terkenal dengan rempah lada putih (sahang), bahan tambang timah putih, tanah liat (kaolin), dan batu satam.

Buat kalian yang suka beriwisata dengan menikmati nuansa pemandangan lautan dan perbukitan, Pulau Belitung cocok banget nih jadi pilihannya. Tetapi sebelum ke Pulau Belitung, pastikan kalian sudah mencari informasi dan lokasi mana saja yang akan dikunjungi, lalu pastikan pula kalian sudah mempersiapkan transportasi, hotel, dan lokasi wisata yang akan kalian explore.

Berikut ini rekomendasi destinasi surga wisata Pulau Belitung:

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi memiliki arti nama Tanjung yang berarti semenanjung daerah yang tepi laut dan sedangkan Tinggi karena bebatuan granit di sekitarnya yang tinggi-tinggi. Pemandangan indah dengan pantai berbatu granit besar, demburan ombak yang tenang, pasir putih bersih yang membuat wisatawan asing maupun lokal menikmati waktu berlibur. Untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi terletak tidak jauh dari kota Tanjung Pandan yang hanya memakan waktu 30 menit di perjalanan.

Destinasi di Belitung.Pantai Tanjung Tinggi (berryaldka26/d'Traveler)

Di sekitar pantai ini juga ada sejumlah orang berjualan. Mulai dari makanan, souvenir khas Belitung dan penyewaan pelampung/floaties jika kalian ingin berenang. Lebih asyik lagi jika menikmati pantai sambil minum yang segar seperti es kelapa muda. Harganya pun terjangkau, hanya 15 ribu saja untuk satu kelapa.

Tidak hanya itu, pantai Tanjung Tinggi pun juga terkenal dengan beberapa ikonik lokasi syuting film anak muda Laskar Pelangi.

Berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi, tidak ada biaya yang harus dibayar alias gratis, cukup saja dengan menjaga kebersihan pantai. Dan waktu yang paling pas berkunjung ke sini, siang menjelang sore hari.

Selanjutnya berkunjung ke beberapa Pulau yang ada di Belitung. Objek wisata yang paling banyak dikunjungi adalah pulau lengkuas, pulau pasir, pulau burung. Pulau tersebut memiliki keindahan masing-masing seperti:

2. Pulau Lengkuas

Pulau lengkuas ini memiliki keindahan mercusuar di tengah laut yang dirancang oleh Enthoven and Co, dari Den Haag yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1882. Hingga sampai sekarang mercusuar tersebut masih berdiri kokoh. Di sekitar pulau lengkuas ini, kalian bisa berfoto-foto, bakar-bakar ikan dan berenang bersama ikan laut (snorkling).

3. Pulau Pasir

Lalu ada pulau pasir yang sangat menarik untuk dikunjungi, pulau ini sesungguhnya adalah tumpukan daratan yang hanya berupa pasir, untuk melihat keindahan pulau pasir kalian harus datang pada saat air laut sedang surut. Jika air laut pasang, maka pulau tersebut tenggelam atau tidak akan terlihat. Di pulau pasir ini sangat rekomendasi untuk kalian berfoto-foto bersama bintang laut (Patrick).

4. Pulau Burung

Dan yang banyak dikunjungi selanjutnya adalah pulau burung, di namakan pulau burung karena batu yang terlihat dari pulau ini menyerupai seperti burung dan bagus juga untuk menjadi spot foto kalian agar terlihat cantik.

Berkunjung ke beberapa pulau tersebut memakan biaya 500 ribu sampai 900 ribu rupiah . Biaya tersebut hanya untuk sewa boat dan alat snorkling, lalu sampainya di pulau tidak ada lagi memakan biaya alias gratis. Kecuali kalian ingin membeli barang atau makanan.

5. Danau Kaolin

Danau Kaolin adalah bekas tempat penggalian tambang seperti pasir kaolin dan timah di pulau Belitung. Sebelumnya tempat ini bukan tempat wisata umum, danau ini hanya dijadikan tempat fotografer mencari spot foto dan hunting prewedding.

Keindahan dari Danau Kaolin adanya perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih (tanah liat). Namun semakin terkenalnnya Danau Kaolin, banyak masyarakat lokal yang berkunjung ke sini untuk berfoto-foto dan akhirnya tempat ini menjadi bagian paket wisata di pulau Belitung. Akan tetapi di Danau Kaolin tidak di anjurkan wisatawan untuk berenang, di tempat ini hanya bisa untuk berfoto-foto saja.

Sekitar Danau Kaolin juga, jika kalian ingin membeli oleh-oleh ikon khas pulau Belitung terdapat beberapa pedagang yang berjualan batu satam khas pulau Belitung yang dijadikan cincin, kalung, dan gelang. Untuk harga batu satam bisa terbilang mahal dari mulai 100 ribu sampai jutaan rupiah, namun sangat berharga jika wisatawan membeli sebagai oleh-oleh.

Jika kalian berkunjung ke Danau Kaolin ini, tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.Sekitar Danau Kaolin juga, jika kalian ingin membeli oleh-oleh ikon khas pulau Belitung terdapat beberapa pedagang yang berjualan batu satam khas pulau Belitung yang dijadikan cincin, kalung, dan gelang. Untuk harga batu satam bisa terbilang mahal dari mulai 100 ribu sampai jutaan rupiah, namun sangat berharga jika wisatawan membeli sebagai oleh-oleh.

6. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam yang terletak di Tanjung Pandan pusat kota Belitung. Tempat ini menjadi sasaran kunjungan warga Belitung yang ingin bersantai, berolahraga, dan menikmati senja di pinggir pantai. Selain menikmati suasana pantai dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, pengunjung juga dapat menikmati suasana taman hiburan yang ada di sekitar pantai.

Untuk para wisatawan yang berlibur ke pulau Belitung biasanya akan menghabiskan hari akhir liburannya di pantai Tanjung Pendam ini.

Harga masuk Tanjung Pendam sangat terjangkau. Dari mulai 3000 ribu untuk kendaraan bermotor dan 5000 ribu untuk kendaraan mobil.

Gimana gaes, menarik bukan? pastinya berkunjung ke Pulau Belitung dengan harga yang cukup terjangkau dan tidak terlalu banyak memakan biaya.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Berry Aldika dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Pesona Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA