Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jun 2020 08:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Destinasi Pas untuk Pendaki dan Penggemar Sepeda, Nih

Femi Diah
detikTravel
Ratusan peserta marathon sepeda Grand Fondo New York dimanjakan dengan pemandangan alam yang khas di Bali.
Ilustrasi bersepeda di Bali (David Saut)
Jakarta -

Bersepeda menjadi primadona traveler saat pandemi virus Corona. Ini deretan destinasi wisata yang pas buat penggemar sepeda yang juga hobi hiking.

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang digemari traveler setelah diterapkan sejumlah aturan untuk memutus rantai makanan. Aktivitas itu menjadi alternatif untuk tetap menjaga kebugaran, sekaligus menyiasati ketiadaan kendaraan umum yang jumlah dan jam operasionalnya dipangkas selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Booking.com, hampir 83 persen wisatawan Indonesia menginginkan area pegunungan sebagai tempat liburan di masa normal baru COVID-19. Sisanya, ke tempat lain.

Kemudian, dari poin lain menunjukkan sebanyak 79 persen traveler menyatakan ingin tetap aktif bergerak selama berlibur. Sementara itu, dari aspek tujuan wisata, 68 persen lainnya menginginkan tempat pendakian dan 59 persen menginginkan destinasi wisata untuk jalur sepeda.

Indonesia memiliki cukup banyak destinasi wisata yang bisa digunakan untuk menikmati pegunungan ataupun bersepeda. Di mana saja?

Berikut daftar destinasi wisata Indonesia untuk bersepeda dan mendaki sekaligus:


Gunung Kelimutu, Flores

Gunung Kelimutu Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) menawarkan kombinasi komplet dambaan traveler yang gemar bangun pagi dan mau langsung beraktivitas di pagi buta. Jalurnya yang berupa tanjakan, menawarkan matahari terbit, juga pemandangan indah saat sampai di puncak betul-betul tak bisa diabaikan.

Etape IV Tour de Flores 2017Ilustrasi sepeda di Flores Foto: Tim Media Tour de Flores 2017


Traveler akan disambut oleh megahnya danau tiga warna yang terletak di antara tiga kawah gunung berapi tergantung pada musimnya. Untuk mengejar matahari terbit, traveler bisa memulai petualangan pada pukul 04.30 waktu setempat dan pulang dengan menikmati panorama pegunungan.

Nah, untuk menuju pintu gerbang Danau Kelimutu jalanan mulus pas banget untuk para pehobi sepeda. Siapkan tenaga ya sebelum dihajar jalur tanjakan.


Gunung Batur, Bali


Bagi mereka yang gemar memacu adrenalin seperti mendaki dan bersepeda, tempat ini tidak boleh terlewatkan. Area Gunung Batur di Pulau Dewata, Bali, akan tertutup kabut tebal pada dini hari sehingga memberi kesan melayang di atas awan.

Gunung BaturGunung Batur Foto: Ni Putu Dian Antalina/d'Traveler


Setelah itu, sinar matahari pagi yang hangat menambah menjadi pemompa semangat untuk menjelajahi kawah gunung berapi di pegunungan. Gunung Batur cocok betul untuk pendaki, baik pemula atau yang sudah berpengalaman. Di sinilah sunrise terbaik di Pulau Bali. Bisa juga menikmati kaldera dan Danau Batur. View-nya Gunung Abang dan Gunung Rinjani.

Untuk bersepeda ke Gunung Batur, traveler bisa berangkat dari Kintamani. Siap-siap, traveler bakal langsung disuguhi trek naik turun di perbukitan. Di sana terdapat jalur yang disebut dengan 'Secret Track' yang merupakan trek Penulisan - Tianyar. Jalur ini termasuk khusus untuk para pesepeda berpengalaman.


Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara


Tidak hanya memiliki pantai-pantai yang indah, Lombok juga memiliki gunung tinggi, Gunung Rinjani. Gunung Rinjani memiliki ketinggian di 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Jalur pendakiannya ramah untuk pendaki dari berbagai kalangan. Hanya saja, traveler butuh tenaga ekstra untuk melalui jalur pasir menuju puncak Gunung Rinjani.

[Gambas:Instagram]



Selain puncak, tempat favorit di Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak.

Bagi para pesepeda gunung (MTB), Rinjani memiliki trek yang menantang. Sementara itu, bagi para penggemar road bike, jalur di desa terakhir pendakian, di Sembalun, pas untuk dijajal.


Borobudur, Magelang


Menjelajahi Yogyakarta dengan sepeda adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Bablas saja ke Magelang di Jawa Tengah hingga ke Candi Borobudur.

Bersepeda di Desa Borobudur cukup mengasyikkan karena traveler akan disuguhi pemandangan yang serba hijau, berupa sawah dan kebun. Jalurnya juga relatif landai dengan aspal mulus.

Sunrise Candi BorobudurSunrise Candi Borobudur Foto: (Teguh Tofik Hidayat/d'Traveler)

Masih berada di kawasan Borobudur, traveler bisa hiking untuk menyongsong matahari terbit. Lokasi favorit ada di Stumbu dan kompleks Borobudur. Slain itu, traveler bisa hiking di Pos Mati ini berlokasi di Dusun Kali Tengah, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur.

Borobudur mudah dijangkau dari Yogyakarta. Jadi, bagi para pendaki bisa sekaligus mendaki Gunung Merapi. Tapi, tunggu gunung Merapi tidak sedang menunjukkan aktivitas volkano yang membahayakan ya.


Bukittinggi, Sumatra Barat


Kota Bukittinggi yang berbukit memiliki banyak pemandangan indah untuk dijelajahi. Yang wajib dikunjungi bagi penggemar bersepeda adalah Ngarai Sianok yang menakjubkan, sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh tebing dan aliran air.

Suasana kawasan Jam Gadang yang sepi di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (17/4/2020). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra.Suasana kawasan Jam Gadang yang sepi di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (17/4/2020). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra. Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Diseling dengan bersepeda, traveler bisa mendaki dua gunung di Bukttinggi, Gunung Singgalang dan Marapi. Malah saat mendaki Gunung Marapi, bisa dijumpai mereka yang bersepeda. Tapi, pastikan dulu ya apakah ijinkan untuk mencoba trek di jalur pendakian Gunung Marapi dengan bersepeda atau tidak. Sementara itu, Gunung Singgalang jalur pendakiannya tidak pas untuk bersepeda.



Simak Video "Menikmati Keindahan Candi Borobudur Sambil Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA