Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jun 2020 16:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Makam Warna-warni di Kota Madiun, Jadi Tempat Selfie

Sugeng Harianto
detikTravel
Demi bisa tampil modis, mahasiswi ini nekat menjadi pembobol ATM. Ia berkomplot dengan dua pria lainnya yang kini juga sudah diringkus.
Makam warna-warni di Madiun (Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun -

Ada makam warna-warni di Kota Madiun. Kesan seram dari makam itu hilang seketika dan kini malah menjadi tempat berfoto ria.

Makam itu berada di Dukuh Nguwot, Kelurahan Tawangrejo Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Warga menyulap pemakaman itu sehingga lebih sedap dipandang.

"Alhamdulillah ini dulunya memang terkesan seram, gelap dan langganan banjir. Kini berubah indah dengan warna-warni makamnya," terang Gunawan (66), Penasihat Pengurus Makam Kelurahan Tawangrejo kepada detikcom di pemakaman, Sabtu (27/6/2020).

Menurut Gunawan, ada sekitar 200an batu nisan berwarna- warni di makam tersebut. Mulai dari warna merah, kuning, hijau serta ungu.

"Kalau makamnya sih banyak ya sejak nenek moyang. Namun yang tampak ini ada sekitar 200an batu nisan yang dicat warna-warni," katanya.

Sang Juru Kunci Makam Kelurahan Tawangrejo, Nyono (75), yang setiap hari membersihkan lokasi pemakaman. Bahkan menurut Nyono, saat malam hari makan itu juga penuh warna-warni. Lampu lampion tergantung di pohon kamboja.

Demi bisa tampil modis, mahasiswi ini nekat menjadi pembobol ATM. Ia berkomplot dengan dua pria lainnya yang kini juga sudah diringkus.Lokasinya ada di Makam Umum Kelurahan Tawangrejo (Sugeng Harianto/detikcom)

"Niki dalu njih sae lampu werna-werni boten serem (Ini kalau malam hari bagus ada lampu warna-warni jadi tidak seram," papar Nyono.

Sambil menyirami tanaman hias di sepanjang jalan masuk makam, Ngono melanjutkan, sudah seminggu ini makam itu banyak dikunjungi warga yang berfoto. "Sampun seminggu menawi katah ingkang foto-foto mriki (sudah seminggu ini kira-kira banyak yang foto di sini," imbuhnya.

Nyono menambahkan, luas makam warna-warni ini sekitar 1.500 meter persegi. Yang terletak di pinggir desa, perbatasan dengan Kelurahan Patihan.

"Luasnya 1.500 meter persegi," sambungnya.

Demi bisa tampil modis, mahasiswi ini nekat menjadi pembobol ATM. Ia berkomplot dengan dua pria lainnya yang kini juga sudah diringkus.Kesan seram pun hilang (Sugeng Harianto/detikcom)

Pantauan detikcom, gapura permanen makam terletak sekitar 50 meter dari Jalan Dukuh. Sedangkan di pintu masuk menuju gerbang tampak gerbang non-permanen dari poster bertuliskan RT 5 Kelurahan Tawangrejo.

Dari Jalan Dukuh masuk ke gerbang utama tampak jalan paving dengan lebar sekitar tiga meter. Jalan paving itu juga bercat warna merah dengan pemandangan kanan kiri tanaman hias hingga menuju gerbang utama.

Pada gerbang utama itu bertuliskan Makan Umum Kelurahan Tawangrejo. Makam itu dipagar tembok setinggi sekitar dua meter. Dinding tembok juga tampak dihias gambar aneka bunga.

Di pinggir kiri dari gerbang utama juga ada jalan paving dengan lebar sekitar dua meter berwarna merah. Di tengah makam ada gazebo yang tampak warna merah gentingnya.



Simak Video "Warga Madiun Sembelih Kambing, Ritual Tolak Bala-Usir Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA