Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Jun 2020 06:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Tempat Wisata di Rote yang Aduhai!

Tim Detikcom
detikTravel
Mulut Seribu
Pulau Rote Foto: (Abdul Haris/detikcom)
Rote -

Rote, Nusa Tenggara Timur, mendadak menjadi pembicaraan di internet karena kelakuan penyu di sana. Tahukah kamu, banyak tempat wisata menarik yang dimiliki Rote lho.

Dirangkum detikcom, pulau paling selatan Indonesia, Pulau Rote punya segudang tempat wisata yang tak kalah menarik dibandingkan wisata populer di Indonesia lho. Pantai-pantai di sana sangat indah.



1. Pantai Batu Pintu

Pantai Batu PintuPantai Batu Pintu Foto: (Afif Farhan/detikcom)


Kecamatan Rote Barat Daya punya deretan pantai eksotis. Salah satunya adalah Pantai Batu Pintu. Dinamakan 'Batu Pintu' karena terdapat batu karang besar dengan lubang di tengahnya. Semacam pintu untuk masuk ke pantainya.

Pasir pantainya begitu halus. Meski ada bebatuan karang, tapi justru menambah indah pemandangan di sini. Begitu indah dipandang. Bebatuan karangnya yang besar-besar pun memberikan kesan gahar. Rasa-rasanya seperti berada di film-film fiksi saja.

2. Pulau Ndana

Danau Merah di Pulau Ndana, RoteDanau Merah di Pulau Ndana, Rote Foto: (Afif Farhan/detikcom)


Pulau Ndana termasuk salah satu pulau di Kabupaten Rote Ndao. Asal tahu saja, inilah pulau paling ujung selatan Indonesia!

Pulau Ndana hanya dihuni oleh Satgas (Satuan Tugas) Pengamanan Pulau Terluar dari kesatuan TNI. Sekitar 34 personil, mereka bertugas untuk menjaga titik terdepan selatan Ibu Pertiwi.

Di dalam hutannya terdapat Danau Merah. Pinggiran danaunya berupa gumpalan garam yang padat. Warna merah dari permukaannya terlihat jelas, apalagi memantulkan bayangan awan di atasnya.



3. Pantai Tiang Bendera

Pantai Tiang BenderaPantai Tiang Bendera Foto: (Afif Farhan/detikcom)


Sesuai namanya, disebut Pantai Tiang Bendera karena terdapat suatu tiang bendera di pantai ini. Pantai Tiang Bendera berada di Kota Ba'a, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, NTT.

Tiang benderanya berada di atas batu karang yang besar. Terlihat, bendera Merah Putih berkibar di sana menghadap ke Laut Sawu. Untuk menuju ke tiang benderanya, pengunjung dapat berjalan kaki menyeberangi perairan yang dangkal kemudian naik ke atas batunya.

Hanya saja harap memakai alas kaki yang memadai, sebab tekstur karangnya cukup tajam. Bentangan bebatuan karang terhampar di Pantai Tiang Bendera. Itu menjadi objek menarik untuk berfoto-foto.



4. Pantai Nemberala

Pantai Nembrala di Pulau Rote NTTPantai Nembrala di Pulau Rote NTT Foto: Melisa Mailoa


Paling populer di Pulau Rote adalah Pantai Nemberala. Berada di Kecamatan Rote Barat, pantai ini sudah memiliki fasilitas penunjang pariwisata yang memadai. Ada resort, homestay, kios hingga penyewaan sepeda motor.


5. Pantai Boa'a


Tak jauh dari Pantai Nemberala, bergeser ke arah selatan terdapat Pantai Lifulada dan Pantai Boa'a. Hamparan pasir putih di pantai-pantainya begitu halus nan memesona.

Beberapa pantai di Pulau Rote sulit dijangkau karena akses menuju ke sana sulit. Namun percayalah, pantai-pantai d sana sangat eksotis.

6. Mulut Seribu

Mulut SeribuMulut Seribu Foto: (Abdul Haris/detikcom)


Mulut Seribu disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Rote.

Desa Daiama di Kecamatan Landuleko memiliki salah satu tempat wisata yang menawan, namanya Pantai Lokonamon atau lebih dikenal dengan nama Mulut Seribu. Meski jaraknya cukup jauh dari Kota Ba'a (kota terbesar di Pulau Rote) sekitar 2 jam naik mobil, namun rasa lelah akan sirna begitu tiba di sini.

Begitu tiba di Mulut Seribu, kamu akan dibuat terkagum-kagum. Lautan bergradasi, jernih dan gugusan kepulauan karang terlihat di kejauhan. Oh Indahnya!

Butuh waktu sekitar 1-2 jam untuk mengelilingi Mulut Seribu. Mungkin bisa dibilang, Mulut Seribu bagai suatu kawasan tanjung yang memiliki banyak gugusan pulau karang.

Di pulau-pulau karangnya dihuni satwa seperti burung hingga kawanan monyet. Kalau mau berenang di Mulut Seribu, bisa kok. Tapi kalau mau snorkeling dan butuh Google Snorkling Mask atau jaket pelampung, belum tersedia di nelayan-nelayannya.



7. Batu Termanu

Batu TermanuBatu Termanu Foto: (Abdul Haris/detikcom)



Batu Termanu merupaakn salah satu tempat wisata yang populer di Rote. Lanskap savana terlihat sejauh mata memandang. Pepohonan lebat berada di beberapa titik bersama semak belukar. Tak ketinggalan, bentangan pantai berkontur landai.

Yang harus kamu ketahui, Batu Termanu masih merupakan objek wisata yang alami. Belum ada fasilitas penunjang pariwisata seperti tempat makan, toilet dan sebagainya. Untuk itu, ada baiknya kamu menyediakan bekal makanan dan menjaga kebersihan.

Baiknya, datang ke Batu Termanu pada siang menjelang sore. Saat itulah cahaya senja bersinar keemasan dan matahari terbenam begitu indah.

Batu Termanu memiliki 2 batu besar, yakni disebut Batu Hun dan Batu Suelai. Batu-batu tersebut memiliki banyak cerita dan mitos, yang konon dulunya berpindah-pindah.


Itulah sederetan kecil keindahan dari Pulau Rote. Percayalah, kapan-kapan kamu harus datang ke sini!






































Simak Video "Pantai Hunumua, Ambon"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA