Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Jun 2020 21:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ingin Seperti Rangga dan Cinta, Kunjungi Gereja Ayam di Magelang

Eko Susanto
detikTravel
Gereja Ayam & Bukit Rhema 2019
Gereja Ayam Bukit Rhema Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang -

Tak jauh dari Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, terdapat kawasan wisata Bukit Rhema. Publik mengenal Bukit Rhema dengan sebutan Gereja Ayam.

Lokasi destinasi wisata ini menjadi booming setelah film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2). Dalam film tersebut Rangga dan Cinta sempat berada di Gereja Ayam untuk melihat keindahannya.

Untuk mencapai Bukit Rhema dari Candi Borobudur, jaraknya kurang lebih sekitar 4 km. Gereja ayam ini tepatnya berada di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Bagi traveler maupun turis yang belum pernah ke sana, lokasinya dengan mudah ditemukan.

Sekalipun bangunan ini sebenarnya berupa Burung Merpati, namun lebih dikenal dengan sebutan Gereja Ayam. Di dalam bangunan ini dilengkapi rumah doa segala bangsa.

gereja ayam yogya Foto: Bekti Yusti/d'Traveler


Bagi turis yang datang menggunakan mobil pribadi maupun kendaraan, bisa memakirkan kendaraan maupun mobilnya di lokasi parkir yang tersedia. Kemudian, untuk sampai lokasi ini bisa berjalan kaki melewati tanjakan maupun naik jeep yang khusus disediakan pengelola.

Saat memasuki bangunan ini khusus di ruang bawah, nantinya turis akan menemukan sekitar 26 tempat doa pribadi. Nantinya saat naik melewati tangga menuju mahkota yang dikenal dengan sebutan jengger itu, turis bisa melihat lukisan pakaian adat dari berbagai provinsi. Selain itu, ada pesan ajakan untuk menjauhi dari bahaya narkoba.

Nantinya dari mahkota tersebut, pengunjung bisa melihat keindahan kawasan pegunungan Menoreh dan Candi Borobudur dari kejauhan. Kemudian, di bangunan bagian ekor dilengkapi dengan kafe. Di lokasi ini bisa mencicipi menu kuliner maupun nyeruput kopi dengan melihat pemandangan keindahan alam yang ada.



Tiket masuk menuju Gereja Ayam ini bagi turis domestik sebesar Rp 20.000 dan mancanegara Rp50.000. Nantinya, pengunjung juga mendapatkan voucher free untuk ditukarkan dengan singkong goreng.

"Tiket masuk domestik Rp 20.000, untuk turis mancanegara Rp 50.000. Pengunjung mendapatkan free singkong goreng," kata Supervisor Marketing dan Humas Bukit Rhema, Edward Nugroho dalam pesan singkatnya, Senin (29/6/2020).

Edward Nugroho yang biasa disapa Edo menambahkan, untuk dibuka kembali sekarang masih menunggu izin dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Magelang. Simulasi telah dilakukan dan nantinya pengunjung yang datang wajib menerapkan protokol kesehatan yang ada.

"Untuk buka kembali, kami masih menunggu izin beroperasi. Kami sedang mengajukan izin beroperasi kembali ke Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Magelang. Kalau izin turun, kami buka," katanya.




Simak Video "Unik Menarik Gereja Ayam Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA