Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Jul 2020 10:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata di Sentra Industri Bambu Yogyakarta

Laras Kurnia Sari
detikTravel
Industri bambu di Yogyakarta.
Foto: (laraskurnia99/d'Traveler)
Yogyakarta -

Selain punya kerajinan gerabah dan kayu, Yogyakarta juga punya yang bertema bambu. Lokasinya ada di Desa Sendari.

Anda rindu dengan suasana Kota Jogja dan berencana berlibur setelah keadaan membaik? Banyak sekali destinasi wisata yang ada di kota Yogyakarta dan bisa sahabat traveler kunjungi. Mulai dari wisata alam, kuliner hingga sejarah.

Tempat wisata seperti Malioboro, Kraton Yogyakarta, Tugu Jogja, dan Alun - Alun mungkin sudah sangat sering terdengar di telinga kita. Jika Anda bosan dengan tempat wisata tersebut dan ingin suasana baru di Yogyakarta, mungkin rekomendasi saya ini bisa menjadi salah satu opsi jika Anda berkenjung suatu hari nanti.

Sentra industri bambu Sendari mungkin asing di kalangan wisatawan lokal, tapi jangan salah, kerajinan - kerajinan yang dihasilkan sudah di-eksport ke luar negeri loh. Di antaranya seperti Italia, Singapura, Arab Saudi dan Belanda.

Sentra industri bambu Sendari terletak di Sendon, Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih 45 menit untuk sampai dari pusat kota Yogyakarta.

Industri bambu di Yogyakarta.Industri bambu di Yogyakarta (laraskurnia99/d'Traveler)

Desa Sendari ini merupakan desa pengrajin bambu selain Desa Cebongan. Sejarah berdirinya sentra ini didirikan secara turun temurun. Dahulu mayoritas warganya berprofesi sebagai pengrajin bambu, namun sayangnya semakin bertambahnya tahun, hanya segelintir saja yang bisa melanjutkan profesi ini. Dikarenakan terkendala modal dan bahan baku.

Ketika berkunjung ke sana, saya menyempatkan untuk berbincang - bincang dengan salah satu produsen bambu. Saya bertemu dengan Ibu Parman, beliau bercerita bahwa sentra industri bambu ini merupakan usaha milik keluarga nya.

Industri bambu di Yogyakarta.Lokasinya ada di Desa Sendari (laraskurnia99/d'Traveler)

Beliau juga menuturkan bahwa bahan baku bambu kebanyakan didatangkan dari daerah Kulon Progo. Sentra ini telah mendapat dukungan dari pemerintah daerah, banyak kegiatan seminar - seminar dan pengarahan yang ditujukan kepada pengrajin supaya sentra ini dapat terus berkembang dan berkreativitas.

Ada berbagai bentuk kerajinan yang ditawarkan, mulai dari barang kebutuhan rumah tangga seperti piring anyaman, meja, kursi dan pembatas ruangan berbahan bambu. Hingga aneka aksesoris seperti kentongan, hiasan lampu, kaligrafi dari bambu dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan juga masih masuk akal sesuai dengan kualitas dan kerumitan pembuatannya. Ketika itu saya membeli sebuah hiasan lampu dengan harga 30 ribu rupiah. Dan menurut saya sesuai dengan harga yang ditawarkan dan barang yang dijual.

Bukan itu saja, di sana kita bisa melihat proses pengolahan bambu dari awal hingga akhir. Mulai dari bambu datang dicuci agar bulu yang melekat hilang, kemudian dikeringkan agar tidak mudah lapuk dan seterusnya.

Sayangnya proses pengeringan masih dilakukan secara tradisional dengan menfaatkan sinar matahari, belum menggunakan metode modern menggunakan oven. Namun tidak menjadi penghalang para pengrajin untuk terus berkembang.

Menarik bukan ? Ayo tunggu apalagi, mari berkunjung dan dukung usaha warga lokal agar sentra industri bambu Sendari di Yogyakarta ini terus berkembang.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Laras Kurnia Sari dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "5 Pegawai Positif Corona, KUA Danurejan Yogyakarta Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA