Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jul 2020 10:23 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Air Terjun Kedung Gender yang Sejuk dan Asri di Kudus

Dian Utoro Aji
detikTravel
Air terjun di Kudus
Foto: Air Terjun Kedung Gender (Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Selain dikenal sebagai Kota Kretek, Kudus ternyata punya pesona lain berupa Air Terjun Kedung Gender yang masih sejuk dan asri. Cocok buat main air nih!

Di Desa Dukuhwaringin Kecamatan Dawe, Kudus ternyata menyimpan pesona wisata alam yang mempesona. Namanya adalah air terjun Kedung Gender.

Air terjun yang memiliki ketinggian 20 meter ini menyimpan keindahan alam bagi wisatawan. Tak hanya itu, keasrian keindahan alam memanjakan wisatawan yang datang.

Untuk menempuh menuju air terjun, dari lokasi parkir harus berjalan kaki menempuh jarak 600 meter. Saat berjalan kaki wisatawan dimanjakan dengan keindahan tebing dan sungai yang masih alami.

Air terjun di KudusAir terjun di Kudus Foto: Dian Utoro Aji/detikcom



Sesampainya di sana, wisatawan dimanjakan dengan keindahan air terjun. Kondisi airnya pun terlihat jernih. Wisatawan tidak hanya bisa berfoto saja, melainkan bisa langsung menikmati jernihnya air terjun Kedung Gender.

"Wisata air terjun Kedung Gender memiliki ketinggian 20 meter. Untuk sampai di sini harus menempuh jarak 600 meter jalan kaki dari lokasi tempat parkir," kata Kades Dukuhwaringin Aris Istiyanto kepada wartawan di lokasi air terjun Kedung Gender di Desa Dukuhwaringin, Kudus, Sabtu (4/7/2020).


Aris menjelaskan, wisata air terjun ini baru dibuka sejak tahun 2017 lalu. Sehingga saat ini wisata air terjun masih menjadi favorit warga mengisi akhir pekan. Namun semenjak ada pandemi Corona, wisata air terjun ditutup sementara.

"Sementara wabah Corona di Indonesia kita mengikuti petunjuk untuk dilakukan penutupan sementara. Tapi ini mendapatkan gambar bisa untuk dibuka kembali, sebagai mana mengikuti protokol kesehatan," kata Aris.

Senada diungkapkan, Hasanudin ketua Pokdarwis Mutiara Hijau Desa Dukuhwaringin, menjelaskan pihaknya menyediakan paket wisata. Paket wisata itu terdiri dari objek wisata air terjun, kemudian menuju kampung lebah, dan melihat UMKM di Dukuhwaringin.

"Masuknya kita juga menyediakan paket wisata Rp 30 ribu, bisa menikmati air terjun Kedung Gender, kampung lebah, dan UMKM," kata Udin begitu sapaan akrabnya.

Air terjun di KudusAir terjun di Kudus Foto: Dian Utoro Aji/detikcom



Namun wisata itu hingga ini belum dibuka. Rencananya akan mulai dilakukan simulasi pada Rabu (8/7) mendatang.

"Belum dibuka. Rabu depan rencananya akan baru dilakukan simulasi," jelasnya.

Udin menjelaskan, sebelum ada Corona wisata air terjun biasanya ramai pengunjung. Apalagi saat akhir pekan. Wisatawan datang dari beberapa daerah seperti dari Kudus, Juwana, Pati, hingga Semarang. "Sebelum ada Corona Sabtu dan Minggu pasti ramai. Ada dari Juwana, Jepara, hingga ada dari Semarang," tandas Udin.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA