Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jul 2020 22:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Pantai Indah Tersembunyi di Pacitan Jawa Timur

Rizka Elfira
detikTravel
Pantai Klayar di Pacitan
Pantai Klayar di Pacitan.Foto: (Riastri Herliana/d'Traveler)
Pacitan -

Pacitan merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Jarang terdengar tentang keindahannya, Pacitan juga memiliki banyak pantai yang tidak kalah dari pantai-pantai lain.

Memiliki luas 1.390 kilometer persegi membuat tempat ini memiliki banyak pantai dan tempat-tempat wisata yang dapat dimasukkan ke dalam daftar wisata kamu! Inilah beberapa pantai yang cantik dan indah di Pacitan yang masih belum banyak orang ketahui

1. Pantai Srau

Pantai SrauPantai Srau. Foto: (Syamsul Arifin/d'Traveler)

Pantai Srau menjadi pantai yang cukup diminati oleh banyak wisatawan. Mengapa? Memiliki ombak yang cukup besar, memberikan daya tarik tersendiri untuk para peselancar dari dalam maupun luar negeri. Selain bermain dan berselancar, kalian juga dapat melakukan camping di sekitar pantai. Tempat yang indah nan sejuk menjadi alasan bagi para wisatawan yang ingin bersenang-senang dan menikmati indahnya sunset di pantai ini.

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar PacitanPantai Klayar Pacitan Foto: Purwoto Sumodiharjo

Berada di Kendal, Sendang, Kecamatan Donorojo Pantai Klayar termasuk pantai yang wajib untuk dikunjungi. Di pantai ini, kalian dapat menemukan seruling laut yang jarang ada di pantai-pantai lainnya. Seruling laut adalah batu karang yang berukuran besar dan memiliki celah.

Putihnya pasir dan suara ombak yang cukup besar menambah ketenangan yang kalian inginkan bila berkunjung kesini. Namun, karena ombak yang cukup besar, itu menyebabkan dilarangnya pengunjung untuk berenang di pantai tersebut.

Namun jangan sedih, karena kalian bisa menikmati Pantai Klayar dengan melihat tebing-tebing yang tinggi dan juga air mancur alami setinggi 10 meter. Tak lupa, fasilitas yang memadai seperti mushola, gazebo dan penginapan juga mempermudah kalian dalam berwisata ke pantai ini.

3. Pantai Soge

Pantai SogePantai Soge. Foto: (Muhammad Idris/d'Traveler)

Sama dengan Pantai Klayar, Pantai Soge juga tidak memperbolehkan pengunjungnya untuk berenang di sekitar pantai. Pantai yang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo/lorok ini juga memiliki ombak yang cukup besar.

Bila hendak sampai ke pantai ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan tebing batu yang dihiasi oleh pepohonan yang asri dan rindang. Pasir yang putih dan air laut yang biru mempesona, memberikan kesenangan dan ketenangan bagi para pengunjung.

Bibir pantai yang cukup panjang bisa menjadi salah satu cara pengunjung dalam menghabiskan waktu untuk menelusuri sambil menikmati keindahan Pantai Soge. Kalian juga dapat camping di pantai ini, lho!

4. Pantai Taman

800 tukik atau anak penyu dilepas di Pantai Taman Pelepasan tukik dilakukan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) Unit Bisnis Jasa Operasi dan Maintence (UBJOM) Pacitan.Pantai Taman. Foto: Istimewa

Berbeda dengan yang lain, Pantai Taman yang berada di Desa Hadiwarno ini menjadi kawasan yang sering digunakan penyu untuk bertelur. Macam-macam spesies penyu yang sering bertelur di kawasan ini adalah penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing dan juga penyu abu-abu.

Setelah bertelur di Pantai Taman ini, telur-telur akan dipindahkan ke lokasi penetasan. Membutuhkan waktu sekitar 54 hari hingga telur tersebut menetas. Anak penyu atau Tukik kemudian akan dipelihara terlebih dahulu sebelum akhirnya dilepaskan ke laut.

Selain itu, di sebelah barat terdapat tebing tinggi yang di atasnya merupakan start jalur Flying Fox terpanjang di Indonesia. Sepanjang 415 meter dengan ketinggian mencapai 74 meter, Flying Fox ini mampu menambah kenikmatan dan keindahan kalian saat berada di puncak tebing tinggi tersebut.

5. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale PacitanPantai Watu Bale Pacitan. Foto: Purwoto Sumodiharjo

Terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan Pantai Watu Bale ini terbilang masih baru. Belum banyak dibangunnya akses jalan, menambah daya tarik bagi wisatawan yang hendak datang kesini. Kealamian dan keasliannya yang masih mendominasi, menjadikan pantai ini belum banyak diketahui.

Suara deburan ombak yang menghantam batu karang menambah syahdunya saat berada di pantai ini. Pantai di Pacitan ini cocok juga untuk kalian yang ingin menikmati sunset dan melakukan aktifitas memancing bila air sedang surut.



Simak Video "Seruling Samudera, Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA