Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jul 2020 13:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bisakah Menikmati Milky Way dari Gunung Prau?

Milky way di gunung Prau
Milky way di gunung Prau (Foto: Rio Akbar Jalu Pandita/d'Traveler)
Jakarta -

Gunung Prahu atau yang biasa dieja gunung Prau adalah gunung yang terletak di kabupaten Wonosobo, di kawasan dataran tinggi Dieng, provinsi Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.565 mdpl.

Berada di dekat gunung Sindoro dan Sumbing membuat keindahan yang diberikan di atas puncak gunung Prau ini lebih luar biasa. Belum lagi ditambah dengan samudera awan yang akan kalian lihat setiap paginya.

Bagaimana perasaan kalian jika kalian berada di atas puncak gunung Prau dan melihat semua keindahan yang ada di sana? Hmmm... pasti kalian tidak mampu berkata-kata lagi dan hanya diam untuk menikmatinya.

Pernahkah kalian mendengar kata milky way. Nah biasanya kita hanya bisa melihat foto milky way dari internet saja, tapi ternyata di gunung Prau kalian juga bisa mendapatkan foto-foto tersebut.

Ahhh... masa?

Ya tentu saja bisa, saya akan menceritakan sedikit tentang foto milky way yang saya dapatkan dari atas puncak gunung Prau. Saya memulai perjalanan menuju puncak gunung Prau mulai pukul 19.00 WIB melalui jalur Kalilembu.

Kami berangkat bersama rombongan ada sekitar belasan orang. Kami berangkat bersama-sama dan kami masih pemula jadi perjalanan yang kami tempuh sedikit agak lama karena kami belum terbiasa naik gunung. Lalu kami sampai di puncak sekitar pukul 03.00 WIB.

Setelah kami sampai di puncak, lalu kami juga sudah mendirikan tenda, dan karena beberapa dari kami juga sudah lelah maka mereka beristirahat terlebih dahulu, kecuali saya dan dua orang teman saya. Kami memberanikan diri untuk keluar tenda mencari spot foto milky way yang baik.

Kami harus menerjang dinginya udara di atas puncak gunung Prau. Suhu pada saat itu mencapai 11 derajat celcius.

Singkat cerita kami mencoba untuk foto dengan background langit yang besar karena tujuan kami adalah mendapatkan foto milky way, dan benar kami berhasil mendapatkanya.

Kami memotret beberapa kali dan kami bergantian untuk mengambil fotonya, karena udara semakin dingin maka kami bertiga memutuskan untuk segera masuk ke tenda dan beristirahat, karena kami sudah puas dengan foto yang kami dapatkan.

Milky way di gunung PrauMilky way di gunung Prau (Foto: Rio Akbar Jalu Pandita/d'Traveler)

Sedikit tips untuk kalian yang ingin foto milky way di puncak gunung Prau, yakni:

Pertama, pastikan cuaca saat itu benar-benar bagus, tidak mendung atau langit tidak tertutupi oleh awan.
Kedua, carilah spot yang benar benar menunjukkan langit yang lebih banyak kosong dari pada objek.
Ketiga, gunakanlah tripod agar kalian bisa stabil saat mengambil foto dan atur kamera kalian dengan benar, di mana ISO kalian diatur ke angka yang lebih besar (maksimalkan), lalu shutter speed kalian diatur ke mode BULB atau kalian bisa rubah menjadi 15, atau 25, terakhir atur aperture kalian ke angka paling kecil misal, F/2.8 atau F/3.5 semakin kecil angka kalian maka lensa akan membuka dan menangkap cahaya semakin besar. Jika kalian kurang paham di Youtube sudah banyak video yang menjelaskan metode untuk memotret foto milky way.

Perjalanan ke puncak gunung Prau adalah perjalanan pertama saya mendaki gunung. Saya sangat terkesan dengan perjalanan ke puncak gunung Prau.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, , dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Kuliner Timur Tengah, Roti Maryam Ala Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA