Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jul 2020 13:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Panduan Liburan 3 Hari di Malang yang Penuh Kenangan

Rizna Feramerina
detikTravel
wisata Malang
Bromo (Foto: Rizna Feramerina/d'Traveler)
Malang -

Malang memang menghadirkan kenangan manis bagi traveler yang pernah liburan ke sana. Mari kita simak panduan lengkap liburan 3 hari di Malang.

Hampir sebagian masyarakat Indonesia mungkin pernah berkunjung ke Kota Apel ini. Malang menjadi destinasi yang banyak digemari karena wisata-wisatanya mudah dijangkau dan cocok untuk berbagai macam kalangan. Tidak terkecuali saya, yang memiliki kesempatan untuk menjejakkan kaki di kota tersebut.

Perjalanan ke Malang bisa ditempuh melalui berbagai macam transportasi, dan saya memilih menggunakan kereta dari Yogyakarta. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 8 jam. Untuk pilihan kelasnya, tergantung masing-masing orang. Saya memilih kelas ekonomi karena memang harganya lebih terjangkau.

Hari pertama

Di kota Malang, saya langsung menuju Air Terjun Coban Talun yang terletak di Kota Batu. Akses untuk menuju ke sana pun sangat mudah. Harga tiket masuk ke tempat ini hanya Rp 10.000/orang dan belum termasuk biaya parkir.

wisata Malangwisata Malang Foto: Rizna Feramerina/d'Traveler

Setelah sampai di sana, kita masih harus berjalan kurang lebih 15 menit untuk sampai ke air terjunnya, karena memang letak air terjun ini berada di tengah hutan. Namun tidak perlu khawatir, walaupun terletak di tengah hutan, akses jalannya terbilang cukup aman untuk semua kalangan.

Disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan jangan lupa membawa minum sendiri agar tidak kehausan ditengah perjalanan. Setelah puas melihat air terjun, saya berpindah tempat menuju Taman Selecta. Taman Selecta masih terletak di Kota Batu.

Taman ini terkenal dengan hamparan bunga berwarna-warni yang indah dan cocok untuk dijadikan sebagai spot berfoto. Harga tiket masuknya pun masih cukup terjangkau, hanya dengan Rp 30.000/orang sudah bisa menikmati keindahan tanaman-tanaman tersebut.

Selain bunga, Taman Selecta juga menyediakan wahana bermain dan kolam renang yang cocok untuk anak-anak. Untuk wahananya sendiri, kita perlu merogoh kocek lagi agar bisa menikmati wahana yang disediakan.

Hari Kedua

Tujuan berikutnya adalah Gunung Bromo. Bromo terkenal dengan keindahan matahari terbit dan hawa dinginnya. Menurut saya, Bromo menjadi destinasi wajib bagi siapapun yang sedang berkunjung ke Malang. Cara menuju ke Bromo pun makin mudah, sudah banyak agen-agen travel yang menawarkan paket wisata ke Bromo.

Dengan kisaran harga Rp 300.000-500.000/orang, pengunjung sudah bisa melihat matahari terbit sambil mendengar kicauan-kicauan burung. Paket yang ditawarkan pun ada berbagai macam, mulai dari paket Sunrise, hingga paket 2 hari 1 malam.

Sedangkan saya sendiri memilih paket sunrise dengan harga Rp 300.000/orang. Perjalanan saya dimulai dari penjemputan di wilayah Kota Malang sekitar pukul 00.00 menggunakan jeep. Untuk menuju ke Bromo, dibutuhkan perjalan kurang lebih 3 jam lamanya.

Jika tidak ada kendala, maka waktunya akan pas untuk melihat matahari terbit. Agar pemandangan yang dilihat lebih indah, maka kita harus berjalan menanjak sedikit ke spot-spot yang sudah tersedia. Kurang lebih pada pukul 05.00 matahari sudah menampakkan dirinya di bagian timur.

Cahayanya yang menyinari Gunung Bromo pun mampu membius siapapun. Setelah puas melihat matahari terbit, kita akan diarahkan menuju kawah Bromo. Untuk dapat mencapai puncaknya, pengunjung harus menempuh ratusan anak tangga.

Setelah Kawah Bromo, selanjutnya pengunjung bisa melihat hamparan pasir hitam yang biasa disebut Pasir Berbisik. Dinamakan demikian karena hamparan pasir tersebut mengeluarkan suara ketika angin berhembus.

Selanjutnya ada Bukit Teletubbies. Ini merupakan spot favorit saya, karena disini kita bisa menikmati padang ilalang hijau yang sangat indah. Dan jangan lupa untuk mengambil foto di Bukit Teletubbies ya!

Hari Ketiga

Masih di sekitar Kota Batu, pada hari ketiga saya berkunjung ke Omah Kayu yang terletak di atas bukit. Dengan rimbunnya pepohonan membuat suasana menjadi tenang dan asri. Akses menuju tempat ini pun terbilang mudah.

wisata Malangwisata Malang Foto: Rizna Feramerina/d'Traveler

Untuk harga tiket masuknya, pengunjung hanya harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000/orang untuk memasuki wilayah wisata Gunung Banyak, dan 10.000/orang untuk Omah Kayu. Karena terletak di wilayah wisata Gunung Banyak, maka pengunjung harus membayar biaya masuk wisata Gunung Banyak terlebih dahulu.

Setelah puas di Omah Kayu, selanjutnya saya mengunjungi Museum Angkut. Museum ini menjadi destinasi wajib juga sedang berada di Malang. Museum ini berisi berbagai macam benda-benda, alat transportasi dan masih banyak lagi. Untuk harga tiket masuknya sendiri sebesar Rp 100.000/orang pada saat weekend.

---


Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Rizna Feramerina dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Wisata Sambil Belajar Mengenai Fosil Purba di Museum Satwa"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA