Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jul 2020 11:14 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kulon Progo, Sisi Lain dari Yogyakarta

Taufiqurrahman
detikTravel
Kalibiru
Kalibiru (Taufiqurrahman/d'traveler)
Jakarta -

Yogyakarta tak cuma sekedar gudeg dan Taman Sari. Ada Kulon Progo yang jadi andalan.

Nah sebenarnya Yogyakarta itu luas sekali dan memiliki ciri khas yang banyak selain Tugu Jogjakarta, Malioboro, titik nol kilometer dan gudegnya. Salah satu tempat yang harus kamu kunjungi ketika pergi ke Yogyakarta adalah kabupaten Kulon Progo.

Kulon Progo terletak di kurang lebih 30 KM sebelah barat Yogyakarta dan memakan waktu perjalanan sekitar satu hingga satu jam setengah untuk sampai ke kabupaten yang memiliki luas sekitar 586 KM persegi ini.

Berbeda dengan Yogyakarta yang sangat padat bangunan dan rumah rumahnya, Kulon Progo masih memiliki pemandangan yang cukup asri, dengan sawah di pinggir jalan yang sangat sering kamu temui di perjalanan menuju Kulon Progo ini.

Dengan daerah yang cukup luas, Kulon Progo juga memiliki tempat wisata dan makanan khas yang wajib kamu coba ketika berkunjung kesana. Mulai dari makanan khasnya yaitu Gebleg dan Tempe benguk.

Gebleg sendiri memiliki tekstur yang cukup kenyal dan memiliki tektsur seperti cireng, akan tetapi yang menjadi perbedaan adalah gebleg terbuat dari tepung singkong yang memiliki rasa asin dan gurih. Sedangkan tempe benguk terbuat dari biji benguk, kedua makanan ini akan terasa lebih nikmat ketika dimakan secara bersamaan.

Nah untuk destinasi tempat wisata juga cukup banyak tersebar di Kulon Progo seperti Kalibiru, air terjun Kedung Pedut, Pantai Glagah, taman sungai Mudal, desa wisata Nglingo, puncak Suroloyo, goa Kiskendo, Waduk Sermo, dan masih banyak tempat wisata lainnya yang wajib kamu kunjungi ketika pergi ke Kulon Progo.

Nah khusus perlu kamu ketahui terdapat hal menarik pada tempat wisata Waduk Sermo, waduk ini diresmikan oleh presiden kita Soeharto pada tahun 1898. Kemudian waduk sermo disebut juga seperti Ranukumbolo nya Kulon Progo. Kamu juga bisa melakukan kegiatan camping loh di pinggir waduk sermo dan hanya membayar tiket masuk sekitar Rp 6.000 rupiah saja.



Simak Video "Ruang Operasi RS Bethesda Yogyakarta Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA