Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jul 2020 15:56 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Oh, Indahnya Gili Kondo Lombok Timur!

Evi Susanti
detikTravel
Gili Kondo Lombok Timur
Foto: (evi susanti/d'traveler) Gili Kondo Lombok Timur
Sumbawa -

Lombok punya segudang pantai cantik. Tapi yang satu ini sungguhlah mirip pantai pribadi!

Rejeki musim ini, diajak teman menepi ke Gili Kondo di akhir minggu ke 2 Bulan Juli. Senang tidak terbantah. Perjalanan ke Gili Kondo yang terletak di Lombok Timur memerlukan waktu 2,5 jam dari tempat tinggalku di Lombok Barat.

Dilanjutkan dengan naek kapal dengan waktu tempuh 1,5 jam menyeberang dari Pelabuhan Sambelia Lombok Timur, kapal milik temannya temanku itu menggunakan 3 mesin yang lumayan menggetarkan gendang telinga.

Hamparan pasir putih, birunya air laut dengan gradasi warna yang keren dengan sendu menyambut kapal yang menyandar, mungkin rindu karena pasti sepi saat pandemi sampai-sampai papan namanya roboh tertiup angin.

Gili Kondo Lombok TimurGili Kondo Lombok Timur Foto: (evi susanti/d'traveler)

Gili Kondo Lombok Timur ini sangat indah, dan tentu saja sangat sepi, bayangkan saja di sini kita tidak perlu sibuk menyiapkan segala keribetan administrasi.

Kita bisa menjadi apa saja, seperti aku saat itu ingin menjadi ikan, maka snorkeling adalah hal yang harus dilakukan. Pemandangan bawah lautnya luar biasa, gugusan karangnya bahkan dengan mudah terlihat dari atas kapal, ikan-ikannya rakus berebut remahan roti yang kita bawa. Arus bawah lautnya sangat keras, baiknya meminta bantuan mas-mas penjaga kapal kalau memang belum terbiasa menjadi ikan.

Untuk yang tidak terlalu suka basah atau bahkan sangat takut dengan dalamnya air laut, menjadi puteri yang jatuh dari khayangan dan berlonggok cantik di pasir putih cukup menantang, otomatis langsung menjadi cantik, percayalah kita akan menjadi apa yang kita pikirkan. Apapun bisa kita lakukan disini tanpa ada yang mengganggu.

Gili Kondo Lombok TimurGili Kondo Lombok Timur Foto: (evi susanti/d'traveler)

Menurut sejarahnya nama Gili Kondo berasal dari burung Kondo yang konon membuat sarang di pulau kecil ini. Tetapi saat berkunjung kemarin tidak menemukan satupun burung tersebut.

Di Pulau kecil ini ada pasutri yang menjaga kebersihannya sembari berjualan aneka makanan ringan dan minuman. Pasutri ini sangat ramah, saking ramahnya siapapun boleh masuk rumah-rumah ini memang punya pintu, tapi pintu ini hanya untuk menahan angin bukan untuk menahan tamu yang akan masuk, begitu kelakarnya. Mengenai definisi rumah sesungguhnya tidak persis seperti yang ada di KBLI tapi lebih menyerupai gubuk.

Ada fasilitas mushola di Gili Kondo, tetapi tidak tersedia air tawar, ada juga tempat untuk tempat berteduh dan menyimpan barang bawaan kala kita main air.



Simak Video "Rasa Pedas Nikmat Ikan Bakar Bumbu Plecing Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA