Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jul 2020 17:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Terhipnotis Pulau Pahawang Lampung, Ini Alasannya

Nayla Wulan Sari
detikTravel
Pulau Pahawang
Pulau Pahawang (Foto: Nayla Wulan Sari/d'Traveler)
Jakarta -

Pulau Pahawang Lampung adalah tempat wisata yang sangat indah. Siapapun yang datang ke pulau tersebut pasti akan terhipnotis dengan keindahannya.

Apa alasannya?

Pulau Pahawang salah satu pulau yang memang belum banyak dikenal oleh masyarakat seperti halnya Pulau Bali. Namun tahukah Anda bahwa pulau Pahawang ini juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan pulau-pulau lainnya dan dapat membuat anda terpesona serta terhipnotis dengan keindahan yang dimilikinya.

Pemandangan di sekitarnya masih alami. Sejuknya angin semilir pasti membuat Anda semakin merasa betah.

Kota Lampung merupakan salah satu kota yang berada di pulau Sumatera yang memiliki keistimewaan garis pantai yang panjang nan indah. Hal ini yang menyebabkan banyak sekali destinasi wisata alam berupa pantai dan pulau yang sangat indah di kota Lampung ini.

Untuk fasilitas wisata di kota Lampung memanglah belum selengkap tempat wisata di pulau Jawa. Pulau-pulau di Sumatera khususnya pulau Pahawang memang masih kurang dikenal banyak orang.

Akan tetapi, pulau ini memiliki daya tarik utama yang sangat menawan nan indah yaitu keindahan saat snorkeling menikmati jernihnya air, indahnya biota laut, dan terumbu-terumbu karangnya.

Tak hanya keindahan bawah laut yang dapat membuat pengunjung terkesan. Anda juga dapat menikmati suasana alam yang tenang, udara yang segar.

Pahawang juga memilik pemandangan sunrise dan sunset serta yang indah. Hutan mangrove serta flora dan fauna yang ada disekitar pulau Pahawang juga jadi nilai tambah sendiri.

Pulau Pahawang berada di kecamatan Punduh Pidada, kabupaten Pesawaran, Lampung. Rute perjalanan menuju ke pulau Pahawang ini membutuhkan waktu kira-kira 2 jam dari pusat kota Bandar Lampung.

Pulau PahawangPulau Pahawang (Foto: Nayla Wulan Sari/d'Traveler)

Sebenarnya, pulau Pahawang terdiri dari 2 pulau yang berdekatan, yaitu:

1. Pulau Pahawang Besar

Pulau Pahawang Besar yang memiliki luas 1.000 hektar dengan penghuni sekitar 1.000 kepala keluarga dan terdapat fasilitas umum seperti sekolah dan puskesmas. Pulau ini lah yang biasa dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan dari luar kota maupun dalam kota.

Di dalam pulau ini terdapat spot terbaik untuk melakukan snorkeling dengan keindahan laut yang sangat indah dan alami. Anda dapat menemui koloni ikan nemo yang hidup di terumbu karang dan banyak sekali jenisnya. Tempat penyelaman ini bernama Wisata Taman Nemo Lampung.

2. Pulau Pahawang Kecil

Pulau Pahawang Kecil yang memiliki luas 13 hektar. Menurut informasi pulau ini dimiliki oleh warga negara asing, sehingga pulau yang ini tidak dapat dikunjungi wisatawan secara bebas.

Untuk memasuki pulau pahawang Lampung Anda harus membayar Rp 30.000 untuk naik perahu ke pulau Pahawang. Sewa snorkeling sekitar Rp 50.000 dan menyewa penginapan di pulau Pahawang sekitar Rp 500.000 yang dapat digunakan hingga 9 orang.

Tetapi, bagi Anda seorang traveler backpacker dapat ke lokasi pulau Pahawang Lampung ini dengan harga sekitar Rp 200.000 (tanpa makan, minum, dan keperluan lain). Anda juga dapat menggunakan jasa paket wisata pulau Pahawang yang telah disediakan yang berharga sekitar Rp 450.000.

Nah selain mencoba snorkeling di pulau Pahawang, Anda juga bisa mencoba snorkeling di pantai Sari Ringgung. Lokasinya sebelum pulau pahawang jika dari arah Bandar Lampung.

Selain Pulau Pahawang, banyak sekali destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi di sekitar pulau ini. Wisata tersebut antara lain, pulau Kelagian Besar, pulau Kelagian Kecil, wisata Taman Nemo, tanjung Putus.

Pulau Pahawang Lampung memang salah satu pulau yang istimewa untuk dikunjungi. Pastikan untuk tidak merusaknya dengan sampah atau hal lain, apabila Anda mempunyai kesempatan untuk mampir ke sana ya.

Pastikan untuk menjaga kesehatan fisik sebelum melakukan traveling ke pulau Pahawang. Selain itu, bawalah perlengkapan yang lengkap dan sesuai keperluan agar liburan tidak terganggu.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Nayla Wulan Sari, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Budidaya Nemo si Ikan Badut di Pesawaran Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA