Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Jul 2020 11:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Kuliner Hitam Manis dari Purworejo

Fachri Dhimas N
detikTravel
Es Dawet Ireng Jembut Kecabut
Foto: Fachri Dhimas N
Purworejo -

Kuliner hitam, dawet ireng di Purworejo sempat viral karena namanya yang unik. Selain itu rasanya juga manis dan menyegarkan.

Purworejo punya kuliner dengan nama unik yaitu Dawet Ireng Jembut Kecabut. Kuliner ini viral karena singkatan 'Jembut Kecabut' yang terdengar jorok di telinga orang awam.

Dalam bahasa Jawa, jembut memiliki arti rambut pada kemaluan sedangkan kecabut adalah tercabut. Dawet ini dinamakan Jembut Kecabut karena lokasinya yang berada dekat dengan Jembatan Butuh (Jembut) yang berada di Kecamatan Butuh. Lokasi tepatnya adalah di Jalan Kutoarjo-Kebumen, tepat berada di sebelah timur dari Jembatan Butuh.

Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 5.000/porsi, traveler dapat menikmati segarnya dawet ireng yang legendaris ini. Jika dirasa kurang, bisa tambah dengan tape dan kacang yang disediakan dan tentu ada biaya tambahan lagi.

Dengan harganya yang terjangkau, dawet ini dengan mudahnya menarik perhatian, tak hanya orang Purworejo sendiri, tapi juga orang dari luar kota pun banyak yang berdatangan untuk mencicipi rasa dari dawet legendaris yang memiliki nama yang unik ini.

Saat musim mudik dawet ireng ini selalu ramai dikunjungi terlebih karena kendaraan luar kota yang berdatangan dan berlalu-lalang di Jalan Raya Kutoarjo-Kebumen ini. Pada hari-hari biasa pun dawet ireng ini selalu ramai dikunjungi. Jika kalian ke Purworejo sempatkan mampir ke dawet ireng ini, mencicipi segarnya es dawet secara langsung.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Fachri Dhimas N dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Es Dawet Durian, Segar Legit ala Bagelen Purworejo"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA