Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Jul 2020 15:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengulik Indahnya Kabupaten Wonogiri

Muhamad Eko Hapsoro
detikTravel
Wonogiri
Kabupaten Wonogiri. (Foto: Muhamad Eko Hapsoro/d'traveler)
Wonogiri -

Wonogiri merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang punya sejumlah pesona wisata. Simak ulasannya berikut ini.

Kabupaten Wonogiri terletak di sebelah tenggara Jawa Tengah. Di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar, bagian selatan berbatasan dengan bibir Pantai Selatan, bagian barat berbatasan dengan Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta sedangkana di bagian timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Magetan Jawa Timur.

Asal dari nama Wonogiri sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti 'Hutan dan Gunung'. Nama tersebut memang sangat cocok dengan lokasi dan kondisi dari wilayah Kabupaten Wonogiri yang sebagian besar berupa sawah, hutan dan gunung.

Walaupun dikelilingi hutan dan gunung, wisata di Kabupaten Wonogiri bisa dikatakan sangat banyak, mulai dari wisata alam, wisata spiritual maupun wisata kulinernya. Panorama yang indah dan udara yang sejuk akan memanjakan para wisatawan yang datang ke Kabupaten Wonogiri.

Wisata yang terkenal dan menjadi icon dari Kabupaten Wonogiri yaitu Waduk Gajah Mungkur. Tujuan di buatnya waduk tersebut adalah untuk membendung sungai terpanjang di Pulau Jawa yaitu Sungai Bengawan Solo.

Selain sebagai tempat wisata, Waduk Gajah Mungkur juga dijadikan sebagai tempat wisata kuliner seperti makanan khas Kabupaten Wonogiri yaitu nasi tiwul, mie ayam, bakso dan masih banyak lagi kuliner di area Waduk Gajah Mungkur yang tak kalah enak dengan kota-kota lainnya.

Selain Waduk Gajah Mungkur, wisata yang tak kalah keren yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Nampu. Pantai dengan sejuta keindahan pasir putihnya.

Terletak di selatan Pulau Jawa tepatnya di Dusun Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Pranggupito, Kabupaten Wonogiri yang berbatasan dengan Gunung Kidul menjadikan Pantai Nampu sebagai tepat strategis untuk liburan. Deburan ombak dan pasir putihnya akan membuat anda terkesima dengan keindahan panoramanya.

Tak hanya wisata alam dan kulinernya, Wonogiri juga menyimpan wisata spiritual yang tak kalah menarik seperti 'khayangan' yang terletak di Dusun Dlepih, Tirtomoyo.

Menurut sejarah dan cerita yang beredar, gua yang terletak di atas Kedung Khayangan merupakan tempat bersemedinya Danang Suto Wijoyo, atau yang dikenal dengan Panembahan Senopati, raja pertama Kerajaan Mataram.

Selain gua di atas kedung, terdapat pula air terjun yang terletak di Puncak Khayangan yang dipercaya sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Ratu Pantai Selatan.

Keindahan dan keanekaragaman inilah yang menjadikan Kabupaten Wonogiri menjadi tempat yang cocok untuk berlibur dan memanjakan diri. Suasana yang aman dan nyaman, masyarakat yang ramah, udara yang bersih serta tempat wisata yang tidak kalah keren dengan kota-kota besar lainnya membuat Wonogiri menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Muhammad Eko Hapsoro dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Tradisi Berebut Ketupat Waduk Gajah Mungkur Wonogiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA