Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Jul 2020 06:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sudah Pernah Berwisata ke Kotagede? Ini Spot Instagramablenya

Kristina
detikTravel
Spot Instagramable Kotagede
Foto: Kampung Ndalem, Kotagede (Kristina/detikcom)
Kotagede -

Kotagede sebagai salah satu destinasi wisata Yogyakarta memiliki spot instagramable. Tempat-tempat tersebut tak jauh dari kompleks Masjid Gedhe Mataram.

Berdasarkan data yang dilansir dari We Are Social Hootsuite, pengguna Instagram didominasi remaja usia 18-29 tahun. Platform yang dirancang untuk berbagi foto dan video ini memicu para penggunanya untuk berburu tempat-tempat yang instagramable. Terlebih bagi para remaja yang selalu mencari spot-spot foto menarik untuk dijadikan konten.

Nah, salah satu destinasi favorit para ABG (Anak Baru Gede) itu adalah Kotagede. Kawasan ini memiliki surga tersembunyi bagi traveler remaja untuk mendapatkan spot foto yang beragam.

Di bagian manakah dari Kotagede area yang amat Instagramable itu?

Traveler wajib memasuki kawasan kampung wisata budaya Kotagede yang letaknya berada di sekitar kompleks Masjid Gedhe Mataram. Perkampungan tersebut masih kental dengan sejarah.

Arsitektur rumah warga pun masih bernuansa Belanda dengan campuran tradisional Jawa. Beberapa bangunan di Kotagede juga masuk dalam daftar cagar budaya.

Berikut spot instagramable Kotagede yang recommended untuk dikunjungi:

1. Kampung Ndalem

Kampung Alun-alun atau Kampung Ndalem yang dulunya sebagai kawasan Keraton Mataram ini menyisakan banyak bangunan bersejarah. Perpaduan arsitektur Jawa-Belanda menjadikan beberapa tempat menarik untuk dilirik mata.

Spot ini terletak di sebelah utara Masjid Gedhe Mataram. Pengunjung dapat masuk melalui pintu utara masjid dan menelusuri gang-gang perkampungan.

Spot Instagramable KotagedeSpot Instagramable KotagedeSpot Instagramable Kotagede Foto: (Kristina/detikcom)

2. Langgar Dhuwur

Bangunan ini merupakan langgar (mushola) keluarga yang berada di loteng atas beberapa rumah Jawa di Kotagede. Struktur bangunannya bercorak klasik dengan warna tembok putih cream dan perpaduan kayu-kayu coklat kehitaman. Langgar ini terletak tepat di sebelah Rumah Pesik Kotagede.

Spot Instagramable KotagedeSpot Instagramable Kotagede Foto: (Kristina/detikcom)

3. Sekretariat Pasar Keroncong

Ciri utama bangunan ini adalah batu bata merah. Tepat bersebelahan dengan bangunan rumah warga corak tradisional Jawa yang membentuk lorong panjang. Lokasinya berada di Kampung Prenggan tepatnya di dekat Warung Jawi. Pengunjung dapat masuk lewat sisi utara Masjid Gedhe Mataram.

Pasar Keroncong Kota GedePasar Keroncong Kotagede Foto: Pasar Keroncong Kota Gede (Pradito /detikcom)

Spot-spot tersebut hanya bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua. Gang yang sempit tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan roda empat.

Jika datang dengan mobil, bisa diparkirkan di Kompleks Masjid Gedhe Mataram dan berjalan kaki memasuki gang-gang perkampungan Kotagede. Jarak Masjid Gedhe Mataram dari pusat kota Yogyakarta sekitar 5 km atau perjalanan kurang lebih 10 menit.



Simak Video "Serunya Tradisi Ciblon, Kota Gede"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA