Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jul 2020 11:36 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tips Kemping di Pantai Greweng Gunungkidul

Nayla Wulan Sari
detikTravel
Pantai Greweng Gunungkidul
Pantai Greweng Gunungkidul (Foto: Nayla Wulan Sari/d'Traveler)
Jakarta -

Pantai-pantai di Gunungkidul jadi salah satu destinasi favorit buat kemping. Salah satu yang asyik yakni pantai Greweng.

Suasana pantai sangatlah indah dan disukai oleh banyak orang. Di pantai kita bisa meluapkan rasa stress yang sedang dialami dengan bersenang-senang dan menikmati angin pantai yang sangat sejuk ditambah dengan pemandangan hijaunya pepohonan.

Pantai Greweng contohya, salah satu pantai yang sangat indah berada di jalan Pendowo, Jepitu, Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Greweng ini sangat cocok untuk traveler yang ingin kemping dan masih banyak lagi.

Ketika sudah berada di Pantai Greweng traveler atau pengunjung wisata akan disambut dengan sejuknya angin pantai dan pemandangan pantai yang sangat indah dan masih alami.

Nama pantai Greweng memanglah cukup asing di beberapa telinga masyarakat, tetapi tidak untuk wisata adventure yang sudah cukup akrab dengan nama pantai tersebut. Kemudian, untuk harga tiket masuk pantai Greweng hanya Rp 10.000 per orang.

Tidak sedikit traveler yang berburu tempat-tempat yang masih natural atau alami, apalagi mereka yang menggemari petualangan, treking dan juga kemping. Traveler seperti inilah yang sangat menikmati tempat-tempat yang jarang dikunjungi oleh orang-orang, tempat yang pemandangannya masih alami walaupun fasilitas yang terbatas.

Letak pantai Greweng ini berada di sebelah timur pantai Wediombo yang sudah dikenal oleh banyak orang. Sehingga jika ingin berkunjung ke pantai Greweng bisa melewati jalan menuju pantai Wediombo.

Kemudian, sesampainya di lokasi pantai Greweng mau tidak mau traveler atau wisatawan harus menyusuri jalan setapak yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan. Selama berjalan kaki itulah pemandangan alam disekeliling akan memanjakan mata.

Terdapat dua rute yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki ke pantai Greweng. Rute pertama dari tempat parkir di pantai Greweng, sedangkan rute kedua dari tempat parkir pantai Wediombo.

Jika pengunjung ingin menghabiskan satu hari di pantai Greweng, kendaraan dapat dititipkan di tempat parkir. Tetapi, jika ingin bermalaman atau camping di pantai, pengunjung dapat menitipkan kendaraannya di pantai Wediombo.

Karena keamanannya terjamin dan petugas parkirnya pun bersedia untuk menjaga kendaraan pengunjung. Tentunya ada penambahan biaya parkir jika melakukan kemping di pantai.

Daya tarik keindahan ketika pengunjung sedang berjalan kaki untuk menuju ke pantai Greweng adalah pemandangan ladang jagung, kacang tanah dan tumbuhan produksi lainnya yang ditanam oleh petani yang tinggal di sekitar pantai tersebut.

Setelah ladang itu traveler disambut dengan kawasan hutan. Hutan yang dimaksud ialah hutan yang dipenuhi dengan batu-batuan karst dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Banyak sekali bentuk batu yang unik dan menarik di kawasan tersebut dan kerap sekali untuk menjadi tempat pengambilan foto pre-wedding. Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengambil foto di pemandangan seperti ini.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan mendaki salah satu bukit dan di atas ketinggian bukit itulah, pengunjung akan menyaksikan keindahan pantai Greweng. Begitu turun dari bukit, traveler akan disambut dengan tebing-tebing lainnya.

Dan sesampainya di pesisir pantai Greweng, rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh akan langsung terobati begitu melihat pemandangan pantai dan sejuknya angin pantai.

Fasilitas di pantai Greweng memanglah masih sangat terbatas dan belum maksimal. Fasilitas yang terdapat di pantai tersebut hanya satu kamar mandi dan beberapa warung yang dikelola oleh masyarakat setempat dengan menyajikan menu makanan yang sederhana.

Jika ingin menginap hanya ada satu cara saja, yaitu dengan mendirikan tenda di kawasan pantai Greweng. Untuk kalian yang ingin berkunjung ke pantai Greweng, ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti :

1. Usahakan bersama rombongan ketika ingin menuju ke pantai Greweng. Karena rute yang akan dilewati sepi dan cukup jauh dari pemukiman warga
2. Perhatikan waktu berkunjung, jangan terlalu sore karena cukup berbahaya jika berkunjung suasana sudah gelap atau malam
3. Membawa bekal makanan dan minuman, karena di pantai Greweng hanya ada beberapa warung yang menyediakan menu sederhana. Tidak seperti pantai lainnya yang terdapat warung-warung di sekitarnya dengan berbagai macam menu
4. Jika ingin melakukan kemping, bawalah peralatan lengkap
5. Pastikan fisik benar-benar sehat, karena perjalanan menuju pantai Greweng sangat jauh.

Teruntuk traveler yang menyukai wisata pantai, wajib banget untuk mencoba kemping ke pantai Greweng. Pemandangannya nggak kalah keren dari pantai-pantai lainnya yang ada di Yogyakarta.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Nayla Wulan Sari, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Pantai Mainukong Ambon Maluku"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA