Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jul 2020 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

3 Destinasi Andalan Bengkulu, Ia Punya Pantai Terpanjang Se-Indonesia

M Theo Nugraha
detikTravel
Destinasi di Bengkulu
Benteng Marlborough di Bengkulu (Foto: M Theo Nugraha/d'Traveler)
Jakarta -

Bengkulu memiliki destinasi yang indah. Jika traveler ke sana jangan lupa untuk mengunjungi tiga destinasi unggulan ini ya!

1.Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang ini merupakan salah satu pantai terpanjang yang ada di Indonesia. Pantai Panjang ini yang di mana memiliki garis pantai yaitu 7 kilometer dan lebar pantai sekitar 500 meter.

Pantai Panjang dihiasi pohon cemara dan pasirnya putih. Jika kamu ingin mengunjungi pantai Panjang kamu dapat menempuh waktu 10 menit dari pusat kota Bengkulu. Untuk tiket masuknya gratis kamu hanya perlu membayar uang parkir saja sebesar Rp 2.000 untuk motor dan mobil Rp 4.000.

Pantai Panjang juga sering dimanfaatkan oleh wisatawan dan masyarakat sekitar sebagai tempat berlibur. Terdapat area sport center yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas joging, voli pantai, dan jalan santai.

Di sekitar pantai Panjang juga terdapat berbagai fasilitas, seperti restoran, kafe, penginapan, pusat perbelanjaan. Jadi buat kamu yang ingin berkunjung ke pantai Panjang kamu tidak perlu khawatir mencari tempat beristirahat dan makan.

Pantai Panjang Bengkulu juga mempunyai suasana yang indah di kala sore hari. Biasanya masyarakat sekitar berbondong-bondong menikmati suasana tenggelamnya matahari.

Destinasi di BengkuluPantai Panjang di Bengkulu (Foto: M Theo Nugraha/d'Traveler)

2. Benteng Marlborough

Kamu juga dapat melihat peninggalan bersejarah yang ada di Bengkulu, yaitu benteng peninggalan Inggris. Benteng Marlborough didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1714-1719 yang di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet.

Benteng Marlborough didirikan di atas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu. Dari atas Benteng Marlborough kamu juga dapat melihat pemandangan pantai yang indah.

Untuk masuk ke Benteng ini kalian hanya perlu membayar tiket Rp 3.000 per orang. Benteng ini buka setiap harinya dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Benteng ini masih menyimpan peninggalan bersejarah seperti meriam hingga penjara bawah tanah. Benteng ini juga memiliki spot-spot foto dengan background yang indah.

Destinasi di BengkuluBenteng Marlborough di Bengkulu (Foto: M Theo Nugraha/d'Traveler)
Destinasi di BengkuluRumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu (Foto: M Theo Nugraha/d'Traveler)

3. Rumah pengasingan Bung Karno

Bengkulu juga merupakan tempat pengasingan Presiden pertama RI, Sukarno. Rumah pengasingan Bung Karno ini memiliki gaya arsitektur perpadauan Eropa dan China.

Rumah pengasingan Bung Karno ini berada di jalan Soekarno-Hatta RT. 05 RW. 02 No 02, kelurahan Anggut Atas, kecamatan Ratu Samban, kota Bengkulu.

Di dalam rumah Bung Karno kalian dapat melihat 303 judul buku dengan bahasa Belanda yang terdapat di ruang kerja Bung Karno di bagian depan. Ada 120 pakaian pentas sandiwara monte carlo, koleksi foto sebanyak 22 buah, dan juga terdapat 1 unit sepeda ondel, satu set kursi yang terletak di ruang tamu, lemari makan, surat cinta Bung Karno untuk Fatmawati dan meja rias yang terdapat di kamar Bung Karno.

Di bagian belakang rumah pengasingan Bung Karno terdapat satu sumur tua. Konon air sumur tersebut dapat membuat awet muda, serta khasiat lainnya.

Banyak pengunjung yang ingin minum air dari sumur tersebut. Kamu tidak perlu khawatir untuk tiket masuk ke rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu, karena tiket masuknya hanya seharga Rp 3.000.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, , dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Anggota DPRD Bengkulu Rapid Test, Dua Staffnya Reaktif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA