Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jul 2020 09:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun Way Lalaan Surga Kecil Dekat Bandar Lampung

Bagus Eko Prasetyo
detikTravel
Air Terjun Way Lalaan  di Lampung
Air Terjun Way Lalaan di kaki Gunung Tanggamus, Lampung (Bagus Eko Prasetyo/d'Traveler)
Jakarta -

Air Terjun Way Lalaan terletak di kaki Gunung Tanggamus, Lampung. Air terjun itu istimewa dengan fasadnya yang bertingkat.

Banyak sekali tempat tersembunyi di Lampung yang layak dijadikan destinasi wisata menarik. Mulai dari pantai, hutan, sungai serta air terjunnya. Salah satunya, Air Terjun Way Lalaan yang terletak di Desa Pekon Kampung baru, Kecamatan Kota agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Konon katanya air terjun ini sudah di temukan sejak jaman penjajahan Belanda.

Jaraknya tidak jauh dari pusat kota, sekitar 8 Km dari Kota Agung, Ibu Kota Kabupaten Tanggamus atau 1,5 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Air terjun itu terletak di kaki Gunung Tanggamus dan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak kurang lebih 200 meter.

Untuk mencapai air terjun ini dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua pada kecepatan sedang dari Batu Keramat ke Pekon Way Lalaan. Selanjutnya traveler masuk kurang lebih 300 meter dari sisi kiri jalan raya lintas Barat Sumatera, Bandar Lampung, ke Kota Agung hingga pintu gerbang.

Untuk masuk ke area air terjun, pengunjung tak perlu merogoh kocek yang dalam. Traveler cuma perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan sudah termasuk parkir.

Nama Air Terjun Way Lalaan berasal dalam bahasa Lampung dari kata 'waya' yang artinya sungai dan lalaan yang artinya "bermuara" ke Teluk Semangka. Tumpahan air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 11 m. Air Terjun Way Lalaan memiliki dua lokasi air terjun, yakni Way Lalaan 1 dan Way Lalaan 2.

Air terjun Way Lalaan itu dikelola oleh Dinas Pariwisata Tanggamus. Fasilitas untuk wisatawan pun cukup memadai. Mulai dari kamar mandi, mushola serta area parkir yang luas juga tersedia, dan banyak penjual makanan untuk mengisi perut setelah berenang.

Di kawasan Way Lalaan 1 banyak di jumpai batu-batu besar. Selain itu, air terjun yang mengalir di kolam besar menuju sungai kecil ini bisa digunakan untuk renang, karena tidak terlalu dalam. Banyak pengunjung yang memadati sungai kecil ini karena termasuk aman, selain airnya bersih dan juga menyegarkan. Air sungai ini nantinya akan menuju ke Air Terjun Way Lalaan 2.

Selain berenang di Air Terjun Way Lalaan, pengunjung bisa menyusuri kawasan perkebunan durian. Bahkan, saat musim durian tiba, pengunjung bebas makan durian yang tersedia di pohonnya. Ada tim khusus yang akan membantu memetik durian, namun, bagi pengunjung yang ingin mengambil sendiri juga diperbolehkan.

Jadi, jangan lewatkan wisata Lampung yang satu ini saat traveling ke sana ya.



Simak Video "Pesona Indahnya Pantai Pasir Timbul, Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT