Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Jul 2020 12:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Libur Idul Adha, Ini 7 Wisata Jakarta dan Sekitarnya yang Sudah Buka

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Little Venice Bogor
Foto: Little Venice (detikTravel)
Jakarta -

Libur Idul Adha segera tiba. Traveler yang tak sabar ingin rekreasi, sudah tahu mau ke mana?

Masa transisi ini masih ada beberapa wisata yang belum dibuka. Namun dengan penerapan protokol kesehatan berbagai wisata murah di Jakarta dan sekitarnya ini telah dibuka kembali. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber ini dia ke 7 destinasinya.

1. Ragunan

Siapa yang sudah rindu ke Ragunan? Wisata yang terletak di Jakarta Selatan ini selalu digemari turis terutama anak-anak. Setelah ditutup, kini Taman Margasatwa Ragunan telah dibuka kembali mulai 20 Juni lalu.

Untuk menghindari penyebaran virus Corona, dalam sehari, ada pembatasan pengunjung, yaitu hanya 1000 orang. Jadi, untuk berkunjung ke kebun binatang Ragunan, traveler bisa mendaftarkan diri H-1 sebelum kunjungan melalui web resminya.

Setelah datang di hari yang sesuai dengan pemesanan, traveler akan diminta menunjukan kode verifikasi melalui ponsel atau kartu ID. Nah untuk yang belum bisa mendaftar karena keterbatasan kuota pengunjung tak diizinkan untuk masuk.

Taman Margasatwa Ragunan buka hari Selasa- Minggu pukul 06.00-16.00. Untuk harga tiket dewasa Rp 4.000 per orang dan anak-anak Rp 3000.

[Gambas:Instagram]

2. Kota Tua

Telah dibuka kembali, kota tua bisa jadi pilihan traveler untuk berlibur di sekitar Jakarta. Dalam satu tempat ini ada beberapa museum yang bisa traveler datangi.

Pertama, Museum Fatahillah yang menyimpan berbagai koleksi barang sejarah berupa benda maupun replika. Ada pula penjara bawah tanah yang disebut sebagai saksi bisu penderitaan para tawanan.

Di dekat Museum Fatahillah, ada juga Museum Wayang yang menyuguhkan koleksi aneka wayang dari Indonesia dan luar negeri. Selain itu, ada Museum Seni Rupa dan Keramik yang menampilkan seni rupa dan tradisional Indonesia. Harga tiket masuk masing-masing dari tiga museum ini yaitu Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

3. Kebun Raya Bogor

Bergeser ke Bogor yang kaya akan wisata alam, traveler bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor yang menyajikan berbagai tempat menarik seperti taman anggrek, museum zoologi, tugu raffles, makam belanda, kolam gunting dan masih banyak lagi.

Kebun Raya Bogor telah dibuka kembali setelah tutup karena pandemi virus Corona. Untuk tiket masuknya yaitu Rp 15.000 per orang. Wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00. Tiketnya bisa dipesan online melalui web resmi.

4. Agrowisata Gunung Mas

Pemandangan kebun teh yang menenangkan bisa traveler dapatkan di destinasi yang terletak di Cisarua, Bogor ini. Tak hanya pemandangannya yang indah, tapi ada berbagai pilihan atraksi untuk anak-anak, di antaranya menaiki kuda, tea walk, off Road, ATV dan Gantole.

Agrowisata Gunung Mas juga punya fasilitas area perkemahan yang berada di tengah perkebunan teh. Dibukanya kembali destinasi ini pada 1 Juli lalu menerapkan berbagai protokol kesehatan yang ketat bagi staf dan pengunjung.

Untuk tiket masuknya yaitu Rp 8.500 untuk pengunjung. Sedangkan untuk mobil Rp 7.500. motor Rp 2.500 dan bus Rp 10.000.

5. Transera Waterpark

Kolam renang di Bekasi ini telah dibuka kembali untuk pengunjung dengan penerapan protokol kesehatan. Ada tim Gugus tugas penanganan COVID-19 yang memantau dan mengontrol setiap saat. Namun ada pembatasan pengunjung menjadi 40%.

Untuk membeli tiket masuk, pihak Transera mewajibkan pembelian melalui online dengan harga Rp 50.000 selama bulan Juli dan Rp 150.000 untuk harga normal.

[Gambas:Instagram]

6. TMII

Taman Mini Indonesia Indah, kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Di dalamnya ada 33 anjungan dari berbagai daerah, sekitar 19 museum, galeri, flora dan fauna, serta berbagai wahana rekreasi seperti kereta gantung, teater IMAX Keong Mas, Teater 4D dan masih banyak lagi.

Telah dibuka kembali, TMII menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung. Harga tiket masuknya yaitu Rp 20.000 per orang. Untuk mobil Rp 20.000 dan motor Rp 15.000.

7. Little Venice

Replika Italia yang terletak di Villa Kota Bunga, Cipanas Bogor ini juga sudah dibuka kembali untuk wisatawan. Pengunjung diwajibkan mengenakan masker mulai memasuki area pintu masuk hingga beraktivitas di dalam.

Berbagai pengalaman yang bisa dinikmati wisatawan yaitu, miniatur kota Venesia, berkeliling naik gondola, replika ikon berbagai negara dan tentunya spot foto yang menarik. Little Venice buka Senin-Jumat pukul 09.00-16.30, sedangkan pada weekend atau hari libur pukul 08.00-18.00. Harga tiket untuk dewasa Rp 25.000 sedangkan anak-anak Rp 20.000.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Jalur Puncak Dibuka, Lalu Lintas Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA