Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Jul 2020 13:29 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Nikmati Long Weekend dengan Tubing River

Fahmi
detikTravel
Tubing river di Sungai Batu Mangguntur
Tubing river di Sungai Batu Mangguntur (fahmi/d'traveler)
Jakarta -

Sungai berarus paling pas untuk dinikmati dengan tubing river. Long weekend ini cocok untuk melepaskan penat.

Tubing river atau permainan di sebuah sungai dengan menggunakan peralatan utama dari ban sangat banyak digemari oleh masyarakat, baik anak-anak sampai orang-orang dewasa.

Banyak tempat di indonesia yang cukup menarik untuk menikmati permainan tersebut. Salah satunya di sungai Batu Mangguntur. Sebuah sungai yang terletak di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalsel.

Aliran air yang datang dari Pegunungan Bajuin dan Air terjun Bajuin sehingga air terasa sangat menyegarkan. Nama Batu Mangguntur konon ceritanya didekat sungai tersebut terdapat sebuah batu yang memantulkan suara guntur.

Tubing river di Sungai Batu ManggunturTubing river di Sungai Batu Mangguntur Foto: (fahmi/d'traveler)

Apabila terdengar suara guntur maka batu akan mengeluarkan suara seperti guntur, sehingga sungai tersebut dinamakan Sungai Mangguntur.

kondisi air yang cukup bersih, kedalaman sungai antara 1 meter sampai dengan 60 cm dengan jarak tempuh 500 meter atau bagi yang belum puas bisa sampai 800 meter. Untuk arusnya yang terbagi beberapa spot, ada arus landai dan arus deras, sehingga cukup aman untuk bermain tubing river, atau masyarakat sekitar menyebutnya donat river Sungai Batu Mangguntur.

Tubing river di Sungai Batu ManggunturTubing river di Sungai Batu Mangguntur Foto: (fahmi/d'traveler)

Sungai batu mengguntur sangat layak untuk dikunjungi oleh para traveler, letaknya tidak terlalu jauh dari ibukota Kabupaten Tanah Laut, kota pelaihari, hanya 8 km atau 15 menit perjalanan, kalau kita datang dari Kota Banjarmasin hanya sekitar 1 jam perjalanan.

Ditambah lagi kondisi alam yang sangat menarik, karena bukan saja kita dapat bermain tubing river tetapi sekaligus setelah kita dapat menikmati Air terjun Bajuin.

----

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Fahmi dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Polwan Basah-basahan Ikut Terjang Banjir Evakuasi Ibu Hamil 9 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA