Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Agu 2020 06:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Karangnini, Destinasi Liburanmu Selanjutnya di Pangandaran

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pantai Karangnini
Pantai Karangnini (Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Jika berkesempatan berwisata ke Pangandaran di Jawa Barat, jangan lewatkan kecantikan Pantai Karangnini. Pantainya cantik!

Pantai Karangnini tak jauh dari Pantai Pangandaran, sekitar 4 kilometer. Tepatnya, Pantai Karangnini ada di Desa Emplak Kecamatan Kalipucang.

Pantai Karangnini bisa disinggahi sambil menunggu waktu check-in di hotel-hotel Pangandaran tempat traveler menginap atau disinggahi sebelum pulang meninggalkan Pantai Pangandaran.

Meskipun kerap dijadikan sebagai destinasi wisata tambahan saat berkunjung ke Pangandaran, tapi keindahan pantai ini luar biasa. Kawasan ini menyuguhkan perpaduan keindahan hutan dan lautan yang berdampingan.

Waktu yang tepat berkunjung ke Pantai Karangnini di Pangandaran itu adalah pada pagi hari. Karena suasana sunrise di kawasan ini juara. Keberadaan menara pantau membuat pengunjung bisa menyaksikan mentari pagi mengintip dari balik bukit yang dipenuhi pepohonan. Cahaya kuning perlahan menerangi semesta dan membuat Pulau Nusakambangan Cilacap semakin jelas terlihat dari menara pantau Karangnini.

Pantai KarangniniPantai Karangnini Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Puas melihat matahari terbit, pengunjung bisa bergeser ke bukit yang tepat di bawahnya terdapat batu karang besar yang tak henti dihantam ombak. Itu karang yang dinamakan Karangnini. Karang adalah batu karang, sementara nini dalam basa Sunda artinya nenek.

Duduk di atas bukit sambil melihat panorama lautan lepat dan suara gemuruh karang dihantam gelombang menciptakan suasana "santuy" khas pantai.

Selain itu masih ada spot indah lainnya adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah kanan bukit. Pantai dengan hamparan karang itu tak kalah indah. Keberadaan ayunan yang dibangun pengelola di tengah hamparan batu karang menambah keindahan dan tentunya menjadi spot mantap untuk berfoto.

"Kalau pagi hari seperti ini, masih sepi. Biasanya Pantai Karangnini ramai menjelang sore, biasanya mereka yang baru pulang dari Pangandaran mampir ke sini," kata Esih, salah satu pedagang makanan.

Pantai KarangniniPantai Karangnini Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Di kawasan taman Karangnini banyak berderet warung-warung makanan. Banyak menu kuliner yang ditawarkan, kelapa muda, karedok, pecel dan lainnya. Suasana rimbun akibat banyaknya pepohonan besar dilengkapi dengan kicau burung liar.

Pantai KarangniniPantai Karangnini Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Satu hal yang kerap dikeluhkan pengunjung Karangnini adalah kondisi akses jalan yang rusak. Padahal jarak dari jalan raya menuju pantai sekitar 1,5 kilometer dengan trek menjelajahi bukit, separuh jalan dalam keadaan rusak.

Jadi, enggak ragu lagi kan menyiapkan rencana mengunjungi Pantai Karangnini di Pangandaran?



Simak Video "Melihat Pesona Pulau Kunti yang Punya 'Suara Kuntilanak'"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA