Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Agu 2020 16:34 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Meleleh oleh Romantisme Kota Soe

Honing Alvianto Bana
detikTravel
Meleleh oleh Romantisme Kota Soe
Foto: Honing Alvianto Bana/d'Traveler
Jakarta -

Kota Soe di NTT bisa nih jadi daftar destinasi liburan kamu. Banyak tempat cantik yang tidak akan kamu temukan di daerah lain.

Kota Soe selama ini dijuluki oleh kebanyakan orang dengan kota dingin. Hanya saja, sebenarnya Kota Soe bukanlah satu-satunya Kota yang terdingin di NTT. Berdasarkan data dari BMKG NTT, masih ada Kota Ruteng (Manggarai) yang pada saat-saat tertentu suhunya bisa mencapai 10 derajat celsius, dan juga Bajawa (Ngada) yang memiliki suhu 14 derajat celsius.

Kota Soe (TTS) justru berada pada urutan ke tiga dengan suhu 18 derajat celsius. Mungkin karena memiliki suhu terdingin ini, Kota Soe-Kabupaten Timor Tengah Selatan memiliki sejumlah destinasi wisata yang indah dan romantis.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Kota Soe yang saya rangkum untuk para traveller yang ingin berkunjung ke Kota ini:

1. Bagian Selatan Timor Tengah Selatan

Mungkin banyak yang tidak tahu, namun dibagian selatan kabupaten Timor Tengah Selatan bisa jadi tempat romantis saat kalian datangi. Dermaga dan pantai dibagian selatan ini menawarkan pemandangan laut yang memang sudah romantis, dipadukan dengan pantai-pantai indah yag pastinya membuat pengalaman jalan-jalan di Kabupaten Timor Tengah Selatan menjadi semakin romantis. Terlebih saat-saat menjelang matahari tenggelam, tempat-tempat ini menjadi berkali lipat lebih romantis.

Selain menikmati keindahan pantai, kalian juga bisa menikmati kesegaran air kelapa muda yang dijual oleh masyrakat sekitar pantai-pantai ini.
Berjalan kaki hingga berjam-jam ditempat ini pun tidak akan terasa melelahkan karena suasananya yang romantis, terlebih disaat sore hari dan bersama pasangan. Tidak hanya keindahan dermaga dan pasir-pasir pantainya yang halus yang membuat tempat ini menjadi romantis, tempat-tempat wisata lainnya pun sangat syahdu dan akan meninggalkan kerinduan yang mendalam setelah kamu pulang ke kota asalmu.

Dibagian selatan kabupaten Timor Tengah Selatan ini, terdapat beberapa pantai seperti Pantai Oetune, Siyafu, Oetuke, Boisae dan lain-lain.

2. Bagian Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan

Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa bagian utara Timor Tengah Selatan merupakan tempat yang romantis. Sudah tak terhitung lagi banyaknya wisatawan lokal yang datang ke sini untuk menikmati keindahan alamnya, atau justru sekedar menjauh dari aktivitas kota yang begitu padat.

Dan keromantisan di sini tidak hanya terletak pada keindahan pemandangan perbukitannya saja, hutan-hutannya pun juga menyimpan keromantisan tertentu. Apalagi di sekitar Danau Nausus dan Bukit Bikium yang merupakan salah satu area paling romantis di bagian utara Timor Tengah Selatan.

Nausus dan Bikum menawarkan suasana yang lebih tenang dengan keindahannya yang tiada tara. Dan tentu saja, dengan suasana yang tenang seperti ini, jalan-jalan bersama orang-orang tersayang disekitar tempat ini akan terasa lebih berkesan.

Tempat-tempat yang bisa kalian kunjungi dibagian utara TTS adalah Fatu nausus, cagar alam mutis, padang nausus, bukit bikum, dan lain-lain.

3. Seputaran Kota Soe

Kenapa Kota Soe jadi salah satu kota yang bisa dibilang sangat romantis? Kota yang terkenal dengan julukan kota dingin ini memiliki suasana yang sangat menyenangkan dan santai, terlebih di pinggir kota Soe yang memang terkenal sebagai kawasan yang romantis. Dibandingkan dengan Kupang, Kota Soe memiliki suasana yang lebih santai, udara yang sejuk namun tetap asik.

Tempat-tempat wisata disekitar Kota ini, seperti Taman Bu'at dan Air terjun Oehala juga merupakan kawasan wisata yang menyenangkan untuk didatangi bersama pasangan atau pun orang-orang tercinta. Tidak lupa juga Bukit Bikekneno yang menawarkan pemandangan indah dan syahdu khas kota Soe. Percayalah, jatuh cinta untuk kesekian kalinya dengan pasangan, saat berada di tempat-tempat ini adalah perasaan yang paling membahagiakan.

Saat berada di kota soe, kalian bisa berkunjung ke beberapa objek wisata yang tak begitu jauh seperti Air terjun love, Air terjun Oeklofo, Padang bunga lavender, bukit cinta, air terjun tagepe dan lain-lain.

4. Desa Fatu'ulan

Coba tanyakan pada setiap orang yang pernah datang ke Desa Fatuulan di Timor Tengah Selatan, desa mana yang paling romantis di Timor Tengah Selatan. Jawaban mereka pasti sama: Fatu'ulan. Ada sesuatu tentang Fatu'ulan yang membuat setiap orang yang pernah kesini selalu jatuh cinta dan dipenuhi nostalgia.

Desa ini memang layaknya seorang kekasih yang memberikan rasa nyaman dan kehangatan bagi siapapun yang pernah berkunjung. Fatu'ulan layaknya seorang kekasih, yang selalu mengingatkan kita bahwa desa tidak selalu tentang tempat, seringkali desa adalah tentang perasaan. Perbukitannya yang hijau, suasananya yang santai, udaranya yang sejuk selalu menjadi perbincangan siapapun yang pernah berkunjung ke desa ini.

Itulah beberapa wilayah yang bisa kalian kunjungi saat berada di kabupaten Timor Tengah Selatan. Oh iya, akses ke kabupaten ini sangatlah mudah. Dari kota Kupang, kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Selanjutnya, untuk bisa sampai ke hutan bonsai di lereng mutis ini, kalian membutuhkan waktu sekitar 2 jam lagi dengan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun empat.

Bagaimana sobat, apakah anda tertarik untuk mengunjungi hutan bonsai di kabupaten Timor Tengah Selatan?

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Honing Alvianto Bana dan sudah tayang di d'Travelers Stories.




Simak Video "Melihat Keindahan Lembah Fulan Fehan di NTT"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA