Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Agu 2020 11:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Spot Terbaik Lihat Gunung Bromo

Alex Zulfikar
detikTravel
Puncak Seruni Gunung Bromo
Foto: (Alex Zulfikar/d'Traveler)
Jakarta -

Puncak Seruni adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Bromo. Kamu yang kangen traveling bisa main ke sini.

Jumat, 14 Agustus 2020 merupakan hari kedua sejak wisata Gunung Bromo kembali dibuka untuk wisatawan.

Kawasan wisata Gunung Bromo dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sempat ditutup selama kurang lebih lima bulan sejak merebaknya pandemi Covid-19.

Untuk saat ini wisata Gunung Bromo yang sudah buka adalah area di jalur Probolinggo, Jawa Timur, yaitu Seruni Point, P30, dan air terjun Madakaripura.

Sedangkan spot-spot yang melewati area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) seperti Penanjakan, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Kawah Bromo, Lautan Pasir, dan Bukit Teletubbies untuk saat ini masih belum dibuka. Kapan pembukaan keseluruhan area taman nasional ini masih menunggu edaran dari TNBTS.

Khusus di Seruni Point, suasana pada hari kedua dibukanya kembali Bromo masih relatif sepi. Hanya ada lima Jeep dan beberapa wisatawan yang bisa dihitung dengan jari.

Suasana pagi yang sepi dan dingin khas Bromo menjadi keunikan tersendiri di Puncak Seruni atau Seruni Point, salah satu lokasi spot foto dan sunrise Bromo yang selalu dipadati wisatawan sebelum pandemi.

Pengunjung yang akan naik ke Puncak Seruni pun harus melewati pemeriksaan protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh, memakai masker, dan jaga jarak di dalam Jeep.

Jumlah wisatawan yang dibolehkan di dalam Jeep maksimal tiga orang, dengan komposisi satu orang di samping sopir dan dua orang di kursi belakang.

Sejumlah warung pun telah buka di jalur pendakian ke puncak Puncak Seruni, juga beberapa warga yang menawarkan jasa naik kuda dengan harga mulai RP 50 ribu rupiah per orang.

***


Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Alex Zulfikar Samudra, dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Dibuka Kembali, Berikut Peraturan Wisata Gunung Bromo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA