Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Agu 2020 15:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Pusat Perdagangan di Jayapura, Pasar Hamadi

Lena Ellitan
detikTravel
Pasar Hamadi Jayapura
Foto: Lena Ellitan/d'traveler
Jayapura -

Pasar Hamadi merupakan pusat perdagangan utama Jayapura yang merupakan ibu kota Provinsi Papua.

Berkunjung ke Jayapura rasanya tidak akan terasa lengkap tanpa mengunjungi Pasar Hamadi. Memang jujur ketika ketika menyebut nama Jayapura, saya langsung berfikir mengenai Danau Sentani.

Pasar Hamadi merupakan pusat perdagangan utama Jayapura yang merupakan ibukota Provinsi Papua. Pasar ini terletak sekitar 3 kilometer di wilayah selatan pusat kota Jayapura. Di sini kita dapat berwisata belanja dan berburu souvenir khas Jayapura.

Konon Pasar Hamadi sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dan hingga saat ini Pasar Hamadi menjadi pusat perdagangan bagi masyarakat Jayapura. Di sekitar wilayah Pasar Hamadi juga terdapat banyak hal yang menarik untuk dikunjungi.

Pasar Hamadi sebagai pusat perdagangan, pasar ikan, pasar kesenian, hingga pantai pun dapat kita nikmati. Namun karena saya datang di sore hari dan bertujuan untuk berburu souvenir maka kondisi tidak seramai ketika jam pasar beroperasi penuh.

Pasar Hamadi merupakan pasar tradisional masyarakat Jayapura yang menawarkan semua jenis barang kebutuhan hidup. Di tempat inilah kita dapat melihat interaksi warga masyarakat Jayapura sehari-sehari dalam melakukan perdagangannya.

Bagi para pejalan yang ingin membeli berbagai cendera hati, sangat asyik lho berbelanja di pasar ini. Dengan keahlian tawar menawar kita dapat memperoleh barang dengan harga kompetitif.

Pasar Hamadi seperti sebuah miniatur Papua dengan hampir 250 suku berbeda. Di Pasar Hamadi kita dapat menemui segala apapun yang berhubungan dengan Papua, apalagi hal-hal seperti hiasan etnik, baju daerah, hingga makanan khas Papua.

Sebenarnya tidak jauh dari pasar kita juga dapat menikmati Pantai Hamadi. Bagi teman-teman pejalan yang akan mengunjungi Jayapura, jangan lewatkan waktu untuk berkunjung di Pasar Hamadi.

***

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lena Ellitan , dan sudah tayang di d'Travelers Stories.

Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.

---

Rayakan kemerdekaan, tonton tayangan livestreaming Semangat Satu Indonesia di detik.com/semangatsatuindonesia



Simak Video "Permukiman Warga di Kota Jaya Pura Ludes Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA