Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Agu 2020 15:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Derawan yang Tak Ada Duanya

Kepulauan Derawan
Foto: (Muhammad Fajri Abdillah Rahman/d'travelers)
Jakarta -

Kepulauan Derawan sangat terkenal di kalangan masyarakat Kalimantan Timur. Pesonanya yang membuat mata takjub oleh keindahannya yang memukau.

Bila ingin berkunjung ke pulau indah ini, kita terlebih dulu harus melewati beberapa perkampungan warga hingga akhirnya sampai, kita harus menyeberang ke pulau ini menggunakan kapal atau speedboat dengan jarak tempuh hanya sekitar 20 menit saja . Penduduk Kepulauan Derawan terkenal sangat ramah dan baik kepada pengunjung lokal maupun turis asing yang sedang berlibur.

Wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan yang sangat indah. Mulai dari tingginya pepohonan dengan udara yang sejuk hingga jernihnya air laut. Pulau ini pun bersih dari sampah sampah yang berserakan.

Kepulauan DerawanKepulauan Derawan Foto: (Muhammad Fajri Abdillah Rahman/d'travelers)

Tak hanya itu, Kepulauan Derawan juga dikenal sebagai Pulau Spongebob Squarepants karena mempunyai kemiripan dengan bentuknya yang sama. Pemandangan pulau bawah lautnya menjadi daya tarik pengunjung. Derawan ramai dikunjungi dan menjadi incaran bagi para wisatawan, penyelam dari luar negri bahkan para penyelam kelas dunia.

Berbicara kecantikan Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur ini memang tak akan ada habisnya. Banyak kegiatan yang bisa pengunjung lakukan di Kepulauan Derawan ini, misalnya berenang, snorkeling, diving, banana boat hingga voli di tepi pantai.

Di sana juga tersedia tempat penginapan yang harganya berkisar Rp 250-300 ribu, tergantung pada fasilitas yang disediakan. Ada yang terletak di pinggir pantai dengan lampu malamnya sangat indah untuk dinikmati.

Selain itu, di sana menyediakan alat alat sewa untuk berenang , menyelam, bola voli dan perlengkapan pancing dengan harga murah sekitar Rp 15.000 hingga Rp 100.000.

Akses untuk menuju kepulauan ini hanya butuh 2 jam melalui kendaraan dari darat Tanjung Redeb ke Tanjung Batu dengan biaya Rp 700 ribuan. Setelah itu menuju pulau memakai kapal speed butuh 30 menit dengan biaya Rp 100 ribuan per-orang, Tergantung dengan kenaikan dan turunnya harga BBM, jadi memakan waktu hanya dengan 2 jam 30 menit untuk menuju Kepulauan derawan, Di Perjalanan kalian pasti nggak akan bosan, karena pemandangan indah hutan hijau yang enak dipandang.

Harga makanan di Kepulauan Derawan pantas dibilang harga wajar, misalnya nasi goreng dan lain lain dengan patokan Rp 20 ribuan. Kalian juga bisa mengelilingi 1 Pulau Derawan loh dengan memakai boat yang harganya tergantung BBM juga.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Muhammad Fajri Abdillah Rahman dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Menyelam Hingga Mendaki Bisa di Raja Ampat "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA