Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Sep 2020 18:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat Wisata Kreatif Bukit Cienong Cisolok Sukabumi

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Bukit Cienong Sukabumi
Bukit Cienong Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Sebuah alternatif wisata baru hadir di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Objek wisata ini berupa menara pandang berbentuk haluan kapal itu berada di Bukit Cienong.

Lokasinya ada di Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok. Destinasi ini merupakan hasil sentuhan kreativitas aparat desa setempat dibantu warga. Seperti apa?

Bukit Cienong berada tidak jauh dari kawasan wisata pantai Cikembang dan Geyser atau pemandian air panas Cisolok. Selain menikmati hembusan angin dari lembah di bawahnya, menyantap beragam kuliner khas pesisir juga cocok dilakukan di lokasi ini.

Ada haluan kapal warna warni, ada sepeda gantung yang bisa menguji adrenalin dan deretan kursi dan meja di landasan kayu bagi traveler yang ingin bersantai memandangi keindahan pesisir pantai yang membentang.

Bukit Cienong secara resmi dibuka oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, hari ini atau Rabu (16/9/2020). Menurut orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi itu Bukit Cienong adalah hasil inovasi desa setempat yang patut diapresiasi dan menyumbang variasi wisata di Sukabumi.

"Dengan adanya wisata di Desa Pasir Baru, masyarakat bahkan wisatawan punya alternatif untuk refreshing membuang jenuh. Lokasinya cocok untuk mencari inspirasi dan memang suasananya menangkan. Namun catatan harus terus berinovasi supaya orang yang datang ke sini tidak jenuh misalkan dalam satu dua minggu ada perubahan di tempat tersebut, kalau selebihnya orang akan mencari," kata Bupati Marwan kepada awak media, Rabu (16/9/2020).

Bukit Cienong SukabumiBukit Cienong Sukabumi Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom

Dikatakan Marwan, lokasi wisata Bukit Cienong bisa menjadi pilihan selain kampung adat Cipta Gelar, Geyser Cisolok, wisata pantai dan lainnya. "Nantinya ragam kuliner dilengkapi, bisa jadi pilihan selain ke lokasi wisata lain lalu pulangnya ke Bukit Cienong nyari ragam kuliner," lanjut Marwan.

"Warga sekitar bisa berjualan aneka ragam makanan untuk pengunjung. Tapi tidak boleh sama misalnya rumah yang satu jual pisang goreng, maka rumah yang lainnya menjual comro. Home stay juga harus mulai dipikirkan karena di sini sudah banyak destinasi wisata," sambung Marwan seraya mengingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan menjaga kebersihan di lokasi wisata.

Kepala Desa Pasirbaru, Hidayah, mengatakan, destinasi wisata Bukit Cienong dibangun pada tahun 2019 dengan menggunakan dana Program Perencanaan Pembangunan Kecamatan (P3K).

"Alhamdulillah menambah lokasi wisata baru di Kecamatan Cisolok, dengan hadirnya Bukit Cienong mudah mudahan Pasir Baru bisa menjadi tujuan pilihan wisatawan ketika bermain ke Kabupaten Sukabumi," singkat Hidayah.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA