Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Sep 2020 14:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jalan Tol Kayangan Dieng, Ada di Ketinggian 1700 Mdpl

Uje Hartono
detikTravel
Tol kayangan di Dataran Tinggi Dieng.
Jalan penghubung Banjarnegara dan Batang di Dieng (Uje Hartono/detikTravel)
Banjarnegara -

Dataran tinggi Dieng dikenal kental dengan warisan budaya hingga sederet fenomena alam. Seperti adanya kawah, candi, fenomena embun es sampai tradisi cukur rambut gimbal.

Namun kini, bagi traveler yang berlibur ke dataran tinggi Dieng, tidak ada salahnya menyempatkan untuk menyusuri jalan tembus Banjarnegara - Batang. Atau lebih dikenal dengan sebutan 'tol kayangan'.

Julukan 'tol kayangan' ini bukan tanpa alasan. Sebab, traveler akan disuguhi pemandangan indah selama menyusuri jalan antar kabupaten tersebut.

Di sisi kanan dan kiri jalan, traveler akan melihat lembah hingga pegunungan yang membentang hijau. Seperti Gunung Sipandu, Gunung Gundul dan pegunungan lain di dataran tinggi Dieng.

Dalam waktu tertentu, jalan yang berada di ketinggian 1700 mdpl ini akan diselimuti kabut tebal. Selain itu, traveler juga bisa menikmati terbit dan tenggelamnya matahari di waktu pagi dan sore hari.

Tol kayangan di Dataran Tinggi Dieng.Panoramanya kian indah saat sunrise (Uje Hartono/detikTravel)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Agung Yusianto mengatakan, tol kayangan ini masih berada di dataran tinggi Dieng. Lokasinya sekitar 5 kilometer dari komplek Candi Arjuna di Desa Dieng Kulon.

"Lokasinya tidak begitu jauh, kurang lebih 5 kilometer dari komplek Candi Arjuna," kata Agung saat dihubungi detikTravel, Minggu (20/9/2020).

Tol Kayangan ini merupakan jalan antar kabupaten, yakni Banjarnegara - Batang. Jalan ini mulai bisa dilewati awal tahun 2020, setelah Pemkab Banjarnegara dan Batang membangun jalan tembus tersebut.

"Jalan tembus ini dicor oleh Pemkab Banjarnegara dan Batang. Karena sebagian masuk wilayah Banjarnegara dan sebagian lagi Batang. Dan pembangunan selesai akhir 2019 sehingga baru bisa dilewati awal tahun ini," jelasnya.

Tol kayangan di Dataran Tinggi Dieng.Jalan penghubung ini baru diresmikan awal tahun ini (Uje Hartono/detikTravel)

Selain menjadi alternatif kunjungan wisata di dataran tinggi Dieng, dengan adanya Tol Kayangan ia berharap akan memudahkan wisatawan yang berasal dari daerah Pantura. Hanya, Agung mengimbau untuk tetap waspada lantaran banyak tanjakan ekstrem.

"Untuk wisatawan dari Pantura termasuk dari Jakarta bisa lewat jalur Batang ini. Tetapi tetap waspada karena ada beberapa tanjakan yang cukup ekstrim," imbaunya.

Supriyanto, pengelola spot selfie di Tol Kayangan mengatakan, pengendara akan disuguhi pemandangan indah sepanjang 2 kilometer. Baik yang ada di Kabupaten Banjarnegara maupun Batang.

"Panjang tol kayangan ini dengan pemandangan bagus kurang lebih 2 kilometer. Kalau pas akhir pekan biasanya penuh, banyak yang datang ke sini," terangnya.

Traveler yang ingin berwisata naik kendaraan ke Dieng mungkin bisa mempertimbangkan untuk lewat Tol Kayangan ini jika datang dari arah Batang.



Simak Video "Suhu Dieng Minus 5 Derajat Celsius, Kepingan Es Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA