Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Sep 2020 10:46 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Benyamin Sueb Jadi Google Doodle, Ini Taman untuk Kenang Jasanya

Putu Intan
detikTravel
Pemprov DKI Jakarta menggunakan lahan bekas gedung Kodim untuk membangun Taman Benyamin Sueb di Jatinegara. Penasaran?
Taman Benyamin Sueb Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Sosok seniman Betawi nan legendaris, Benyamin Sueb, ditampilkan dalam Google Doodle hari ini, bertepatan dengan diresmikannya Taman Benyamin Sueb dua tahun lalu.

Taman Benyamin Sueb yang terletak di Jatinegara, Jakarta Timur diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 22 September 2018. Taman ini didirikan untuk mengenang jasa Benyamin Sueb dan menceritakan perjalanan karirnya. Selain itu juga diperuntukkan sebagai ruang interaktif bagi para seniman, komunitas, serta pusat informasi seni dan budaya.

Pemprov DKI Jakarta menggunakan lahan bekas gedung Kodim untuk membangun Taman Benyamin Sueb di Jatinegara. Penasaran?Pemprov DKI Jakarta menggunakan lahan bekas gedung Kodim untuk membangun Taman Benyamin Sueb di Jatinegara. Foto: Pradita Utama

Taman ini berdiri di atas lahan bekas Gedung Kodim 0505 yang merupakan kawasan cagar budaya milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Lahan itu kemudian dirombak untuk diisi dengan benda-benda peninggalan Benyamin Sueb, antara lain kostum, baju pentas, sepatu, jam tangan, lukisan, kaset dan piagam penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma.

Traveler yang ingin lebih kenal atau bernostalgia dengan karya Benyamin Sueb dapat datang ke sini. Taman Benyamin Sueb ini dapat menjadi salah satu pilihan wisata budaya di Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta menggunakan lahan bekas gedung Kodim untuk membangun Taman Benyamin Sueb di Jatinegara. Penasaran?Taman Benyamin Sueb. Foto: Pradita Utama

Benyamin Sueb merupakan aktor, pelawak, penyanyi, penyiar radio, dan sutradara yang sudah malang melintang sejak tahun 1950-an. Sepanjang karirnya, seniman yang lahir di Kemayoran pada 5 Maret 1939 itu sudah membintangi 53 judul film dan melahirkan 75 album musik.

Beberapa filmnya yang populer adalah Benyamin Biang Kerok (1972), Si Doel Anak Betawi (1972), dan Si Pitung Beraksi (1976). Di tahun 1990-an, ia juga memerankan sosok Babeh di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Kala itu ia termasuk tokoh sentral yang selalu melontarkan candaan khas Betawi, terkenal keras, namun kerap memberikan nasihat bijak.

Benyamin Sueb wafat pada 5 September 1995 setelah sempat koma beberapa hari usai bermain sepak bola. Kepergiannya yang tiba-tiba sungguh mengejutkan dan menyisakan duka bagi Indonesia.

Berkat karya yang telah banyak ia telurkan, termasuk berjasa mengembangkan Gambang Kromong, Pemprov DKI Jakarta mengabadikan namanya di sebuah jalan pada 6 Desember 1995. Jalan di daerah Kemayoran itu dinamakan H. Benyamin Sueb.



Simak Video "Mengenal Isa Indra Permana, Ilustrator Google Doodle Benyamin Sueb"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA