Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Sep 2020 11:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pura Tirta Empul Bali, Dari Mata Air Beracun Jadi Kolam Suci

Bonauli
detikTravel
Pura Tirta Empul di Bali
Melukat di Pura Tirta Empul Bali (Bekti Yusti/d'traveler)
Gianyar -

Pura dan hindu jadi kata identik untuk menggambarkan Bali. Dari sekian banyak pura, yang satu ini begitu populer dikalangan turis.

Obyek wisata yang akan dibahas detikTravel kali ini adalah Pura Tirta Empul di Tampaksiring. Pura ini memiliki julukan istana air karena cerita pembuatannya.

Nama pura itu pun diambil langsung dari sumber air Tirta Empul. Dalam bahasa Hindu, Tirta Empul memiliki arti air yang menyembur keluar dari dalam tanah.

Menurut sejarah, kawasan Tampaksiring ini dulunya hutan belantara yang dijadikan tempat pelarian Raja Mayadenawa. Sang raja tak membolehkan rakyatnya menyembah dewa.

Akibatnya sang dewa pun marah, lalu raja itu melarikan diri ke tengah hutan, lalu kesaktiannya berubah jadi sebuah mata air beracun. Tapi sang dewa pun bertindak untuk merubah mata air tersebut menjadi suci.

Pura Tirta Empul di BaliPura Tirta Empul di Bali Foto: (Bayu Krisna/d'Traveler)

Saat ini kolam air suci tersebut digunakan untuk ritual membersihkan diri. Ritual membersihkan diri ini disebut Melukat dan sudah dilakukan sejak abad ke-10.

Sebelum masuk ke kolam, wisatawan akan melihat 3 bagian utama pura yaitu Jaba Pura (halaman depan), Jaba Tengah (halaman tengah) dan Jeroan (halaman inti). Dua kolam keramat dapat ditemui di bagian Jaba Tengah.

Mereka yang ingin membersihkan diri di kolam air suci harus rela antre, baik laki-laki dan perempuan. Sebelum menceburkan diri di kolam, umat hindu melakukan sembahyang kepada Dewa.

Lalu berjalan ke sebuah kolam yang terdapat 13 pancuran air suci. Setibanya mereka langsung berendam dan terlebih dulu memanjat doa, lalu membasuh muka mereka secara perlahan. Di sekitar pancuran terlihat beberapa sesaji yang dinamai canang sari.

Pura Tirta Empul di BaliPura Tirta Empul di Bali Foto: (Nitha Ismail/d'Traveler)

Ritual Melukat belum usai sampai di sini, dilanjutkan berjalan ke sebuah tirta dan kembali memanjat doa dan membersihkan diri. Usai basah-basahan di dalam kolam, mereka mengeringkan diri dan ganti pakaian. Kemudian semua umat berkumpul di halaman dalam.

Layaknya pura lain, Tirta Empul juga dibuat untuk menyembah salah satu Trimurti atau tiga Dewa utama dalam agama Hindu. Pura Tirta Empul pun dibuat untuk Dewa Wishnu.

Kolam pemandian ini tak hanya menjadi tempat meruwat diri, tapi juga sebagai objek wisata yang disukai turis. Ada juga peninggalan situs purbakala kerajaan di area desa ini.

Tahun 2017 lalu, mantan presiden Obama pernah berkunjung ke sini juga, lo! Kamu kapan ke sini?



Simak Video "Pura Tirta Empul Tampaksiring, Wisata Mitologi Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA