Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Sep 2020 19:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Madiun dan PKI, Kamu Bisa Belajar dari Monumen Kresek Ini

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Monumen Kresek Madiun
Monumen Kresek Madiun (Foto: Brigida Emi Lilia/d'Traveler)
Madiun -

Mengerikan dan amat kejam, begitulah gambaran PKI di masa lalu. Aksi mereka tak lepas dengan Kabupaten Madiun, Jawa Timur yang tersirat di Monumen Kresek.

Kenapa Madiun, karena di sana ada Monumen Kresek. Komplek ini yang menggambarkan akan kejadian G30 S PKI di masa lalu.

Monumen Kresek diambil dari nama desa lokasi monumen itu berada. Untuk mencapai monumen ini, dibutuhkan perjalanan sekitar 40 menit dari pusat Kota Madiun.

Menurut cerita dihimpun detikTravel, Monumen Kresek yang bersejarah ini adalah tempat di mana terdapat 17 pahlawan gugur. Mereka dibunuh oleh para antek PKI pada tahun 1948 dalam rangka membela UUD 45 dan Pancasila.

Monumen Kresek diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur pada tahun 1991. Di monumen itu tertulis bahwa keberadaannya dipersembahkan untuk generasi muda agar selalu mengingat pahlawan yang gugur karena kekejian PKI dalam membela UUD 45 dan Pancasila.

Jadi memang benar adanya bila Madiun jadi salah satu kota kabupaten di Jawa Timur yang menyimpan sejarah kelam kekejaman pemberontakan PKI terhadap pemerintahan yang sah. Peristiwa yang terjadi tahun 1948 tersebut, diabadikan dalam sebuah monumen yaitu Monumen Kresek.

Monumen Kresek MadiunLanskap hijau di sekeliling Monumen Kresek Madiun (Foto: Brigida Emi Lilia/d'Traveler)
Monumen Kresek MadiunDiorama di Monumen Kresek Madiun Foto: Brigida Emi Lilia/d'Traveler

Saat mengunjungi Monumen Kresek, kita akan menjumpai kawasan yang hijau, lapangan rumput dan pepohonan yang menghijau. Tetapi sekali lagi, di balik keindahan dan kehijauan tempat itu tersimpan kisah kelam pemberontakan yang memakan banyak korban jiwa.

Setelah melewati area taman yang hijau, kita akan menemukan anak tangga menuju tempat di mana terdapat patung lima orang anak. Masuk lebih dalam lagi, kita akan menjumpai patung yang nampak menyeramkan, seseorang tengah mengayunkan senjata kepada seorang lain yang terlihat bersimpuh sementara kedua tangannya diikat.

Inilah patung yang menggambarkan kekejaman PKI di masa lalu. Di bagian lain terdapat dinding sepanjang 2 meter yang melukiskan peristiwa tersebut, serta prasasti peresmian monumen.

Mengunjungi Monumen Kresek akan membawa traveler untuk mengingat kembali peristiwa yang dialami pada masa perjuangan dulu, terutama pemberontakan PKI. Di sisi lain, kini kamu juga dapat menikmati keindahan panorama di sekitar monumen ini.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA